logo happy play indonesia

Pentingnya Maintenance Playground, Simak Alasannya

Pentingnya Maintenance Playground, Simak Alasannya

Playground merupakan tempat yang ideal bagi anak-anak untuk bermain, belajar, dan bersosialisasi. Namun, tidak semua taman bermain terawat. Oleh karena itu, pentingnya maintenance playground secara rutin dianjurkan untuk menjaga keselamatan anak-anak yang bermain di sana, simak selengkapnya.

Kenapa Maintenance Playground itu Penting?
Sumber: www.safeplay.co.uk

Kenapa Maintenance Playground itu Penting?

Tahukah Anda apa alasan mengapa maintenance playground itu sangat penting? Merawat taman bermain dengan baik sangat penting untuk menjaga keselamatan anak-anak. Karena lebih dari setengah kecelakaan di taman bermain terjadi karena kurangnya perawatan. Ada lebih dari 200.000 anak per tahun dirawat di ruang gawat darurat karena cedera terkait taman bermain.

Memiliki perawatan rutin di taman bermain dapat membantu membuat lingkungan taman bermain Anda bertahan lebih lama dari yang diharapkan dan melindungi investasi Anda. Merawat peralatan taman bermain secara tepat juga dapat melindungi pelanggan dan anak-anak yang menikmati seluruh lingkungan taman bermain. Ada 3 hal yang mendasari pentingnya maintenance playground, berikut penjelasannya. 

1. Menjaga Keselamatan Anak

Salah satu alasan pentingnya maintenance playground adalah untuk menjaga keselamatan anak-anak. Tanpa perawatan yang tepat, taman bermain dapat menjadi tempat yang berbahaya bagi anak-anak. Jika elemen-elemen taman bermain rusak atau aus, bisa menimbulkan bahaya seperti luka, memar, patah tulang, dan bahkan cedera kepala yang serius.

Dalam melakukan maintenance playground, perlu diperhatikan elemen-elemen seperti permukaan playground yang retak, jaring yang putus, rubber flooring atau lantai karet yang copot atau robek, besi yang berkarat, warna playground yang pudar, dan foam pipe yang terkelupas. Semua hal tersebut dapat menjadi bahaya bagi anak-anak yang bermain di taman bermain.

Banyak Cedera Terjadi di Taman Bermain:

  • Patah tulang
  • Terkilir
  • Gegar otak
  • Dislokasi
  • Luka
  • Memar dan cidera lainnya

2. Menjaga Investasi Anda

Melakukan maintenance playground secara teratur juga dapat menjaga investasi Anda. Ketika playground terawat dengan baik, maka akan bertahan lebih lama dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah dalam jangka panjang. Selain itu, playground yang terawat dengan baik dapat meningkatkan reputasi dan daya tarik taman bermain Anda, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

3. Meminimalisir Resiko

Melakukan maintenance playground secara rutin dapat meminimalisir resiko kerusakan atau kecelakaan. Dengan melakukan perbaikan sebelum kondisi playground semakin buruk, Anda dapat menghindari biaya perbaikan yang lebih besar di masa depan. Selain itu, melakukan perawatan yang tepat juga dapat meningkatkan umur pakai elemen-elemen taman bermain dan mengurangi risiko kerusakan.

Baca juga: Aturan Keamanan Saat Anak Bermain di Outdoor Playground

Apa saja yang diperhatikan saat maintenance playground? - Happy Play Indonesia
Sumber: media.istockphoto.com

Apa saja yang diperhatikan?

Dengan mengidentifikasi area lingkungan bermain Anda yang membutuhkan perhatian sekarang daripada nanti, bisa berarti seorang anak tidak terluka. Ini bisa berupa rantai ayun yang perlu dikencangkan, perosotan retak yang perlu diganti, atau mekanisme pemasangan kain peneduh yang perlu diperhatikan. Berikut tanda playground harus segera di maintenance dan pentingnya maintenance playground. 

1. Playground Retak

Playground yang retak dapat menimbulkan bahaya bagi pengguna karena dapat menyebabkan cedera. Retakan pada permukaan playground juga dapat mempercepat kerusakan dan memperpendek masa pakainya, sehingga membutuhkan perbaikan untuk memperpanjang umur pemakaian. 

Selain itu, jika tidak diperbaiki, retakan pada playground juga dapat memperburuk kondisi permukaan dan mempengaruhi tampilan secara keseluruhan, sehingga dapat mengurangi nilai estetika dan nilai fungsional dari playground. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan dan perbaikan secara teratur pada playground untuk menjaga keselamatan dan memperpanjang masa pakainya.

2. Jaring Putus

Jaring pada Playground sangat penting untuk menjaga keselamatan anak-anak yang bermain. Jaring berfungsi untuk mencegah anak-anak jatuh dari tempat yang tinggi, seperti perosotan atau ayunan. 

Jika jaring rusak atau sobek, maka risiko cedera yang lebih besar akan terjadi jika anak-anak jatuh dari perosotan atau ayunan tersebut. Oleh karena itu, perbaikan jaring pada Playground sangat penting untuk menjaga keselamatan anak-anak yang bermain.

3. Rubber Flooring Copot atau Robek

Rubber flooring atau lantai karet pada Playground yang rusak dan luntur warnanya harus diperbaiki karena dapat menyebabkan risiko cedera pada anak-anak yang bermain di area tersebut. Lantai karet yang rusak dapat menyebabkan anak-anak tergelincir atau terjatuh, dan jika terjadi hal tersebut, dapat menyebabkan cedera serius pada anak-anak. 

Selain itu, lantai karet yang luntur warnanya dapat menunjukkan tanda-tanda keausan dan kurangnya perawatan, sehingga dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada anak-anak.

Baca juga: 4 Manfaat Menggunakan Rubber Floor Pada Playground

4. Besi Berkarat

Besi yang berkarat pada Playground harus diperbaiki karena karat dapat membuat besi menjadi lebih rapuh dan mudah patah. Hal ini bisa menjadi bahaya bagi anak-anak yang bermain di area tersebut, karena mereka bisa terluka atau terkena serpihan besi yang tajam. 

area tersebut, karena mereka bisa terluka atau terkena serpihan besi yang tajam. Selain itu, karat juga bisa menyebar ke bagian-bagian lain dari Playground dan merusak permukaannya, sehingga melakukan perawatan pada playground adalah penting.

Mau rawat playground indoor atau outdoor playground? Pesan sekarang jasa maintenance di Happy Play Indonesia dengan klik banner di bawah untuk konsultasi. Happy Play Indonesia merupakan perusahaan One Stop Service yang menyediakan segala kebutuhan wahana permainan Anda, kami akan bantu Anda dari konsultasi, pemasangan playground, dan mentoring bisnis playground.

Baca juga:  Program Maintenance Happy Play Indonesia

Bagikan Artikel Ini: