logo happy play indonesia

Aturan Keamanan Saat Anak Bermain di Outdoor Playground

Anak-anak sangat menyukai peralatan bermain di luar ruangan, tetapi bagaimana membiarkan mereka bermain dengan aman adalah hal yang sangat diperhatikan oleh pengelola outdoor playground dan orang tua. Di sini Happy Play Indonesia perusahaan ONE STOP SERVICE, yang melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance ingin memberikan informasi penting yang harus diikut yaitu sebuah aturan keamanan bagi anak saat bermain di outdoor playground. 

Baca juga: Tujuan dan Manfaat Bermain Untuk Anak, Tak Boleh diremehkan

Credit: ak.picdn.net

Perhatikan Basah atau Tidak

Hal pertama, anak-anak tidak boleh bermain di permainan outdoor playground, jika perosotan atau platform nya basah. Karena permukaan yang basah akan membuat perangkat ini sangat licin, mudah tergelincir, anak-anak dapat melukai diri mereka sendiri atau anak-anak lain di sekitarnya.

Credit: www.playdale.co.uk

Sesuaikan Prosedur Bermain

Kedua, sesuai dengan prosedur operasi normal untuk memainkan permainan outdoor playground. Misalnya, meluncur saat meluncur dengan kaki ke arah seluncuran, bukan meletakkan kepala ke arah seluncuran perosotan; jangan memanjat pagar; serta tidak berdiri di ayunan dan sebagainya. Kebetulan anak-anak suka mencoba beberapa cara baru untuk memainkan peralatan bermain, tetapi keselamatan adalah yang paling penting, tetap awasi anak agar bermain sesuai prosedur bermain. 

Credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Tidak Bercanda dan Usil

Ketiga, ketika anak-anak bermain misalnya di perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan kegiatan lain di luar peralatan bermain, tidak diperbolehkan mendorong orang lain, atau usil dengan orang lain, karena tidak sedikit hal berbahaya muncul karena keusilan.

Credit: surestep.net

Jangan Gunakan Kalung atau Tali

Saat anak-anak bermain peralatan bermain di outdoor playground, jangan gunakan pakaian yang banyak berunsur tali atau ikat pinggang. Tali, ransel, kalung mungkin secara tidak sengaja digantung di perangkat, yang mengakibatkan bahaya misalnya tersangkut ke playground saat meluncur di perosotan..

Credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Pindahkan Barang-Barang yang Bembahayakan

Pindahkan sepeda, ransel, dan barang-barang lainnya anak-anak dari peralatan bermain di sekitar outdoor playground untuk menghindari anak-anak tersandung oleh barang-barang ini.

Credit: images.squarespace-cdn.com

Ajarkan anak untuk waspada pada sekitar

Jika anak melompat dari peralatan bermain di luar ruangan, pastikan untuk membiarkan anak melihat apakah ada bayi atau barang lain di tengah blok jalan. Saat anak melompat, kaki menyentuh tanah, lutut harus sedikit ditekuk agar tidak terjadi cedera kaki yang berbahaya. 

Ikuti aturan keselamatan saat bermain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Keamanan saat anak bermain playground akan terjaga jika sama-sama saling mengingatkan dan mengajari anak-anak tentang aturan keamanan saat anak bermain di outdoor playground. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya. 

Baca juga: Manfaat playground untuk anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top