logo happy play indonesia

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Playground di Rumah

Banyak keluarga yang lebih memilih membangun playground di rumah dari pada harus bermain di luar rumah. Namun, sebelum pemasangan ada hal yang harus diperhatikan jika membuat playground di rumah. Umumnya keluarga yang ingin memesan playground untuk di rumah merasakan bahwa bermain yang mengharuskan keluar rumah lebih melelahkan, apalagi jika merasakan macetnya jalanan. 

Maka dari itu muncullah ide untuk membuat playground di rumah agar menghemat waktu dan tenaga tidak terkuras saat diperjalanan, dan ketika anak bermain merasakan kenyaman agar mendapatkan manfaat taman bermain secara optimal. 

Meskipun demikian, keamanan playground halaman belakang menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Anda bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan tindakan pencegahan dasar untuk memastikan keamanan saat membangun playground halaman belakang Anda. Ini hal yang perlu diingat untuk memastikan fitur playground taman untuk dimainkan oleh anak-anak, diantaranya. 

Playground terbuat dari kayu dan logam - happy play indonesia
Sumber: Dok. Happy Play Indonesia

1. Terbuat Dari Bahan Apa Playground di Rumah?

Hal yang harus Anda perhatikan, pertama yaitu mencari tahu playground Anda terbuat dari bahan apa. Secara umum ada dua bahan utama yang digunakan untuk membuat playground. Keduanya adalah logam dan kayu. 

Playground biasanya dibuat seluruhnya dari kayu, seluruhnya dari logam atau mungkin kombinasi keduanya. Tentu saja, ada juga bagian dari playground balita yang seluruhnya terbuat dari plastik, namun itu berada dalam kategori tersendiri yang bisa Anda pelajari lebih dalam pada artikel ini. 

Logam

Mau buat playground di rumah? tentukan pilihan dulu bahan dasar playgroundnya. Playground yang menggunakan logam untuk bodi utamanya terbuat dari besi dan tersedia dalam berbagai warna. Besi biasanya dilapisi dengan cat bubuk, yang melindungi dari karat dan mencegah retensi panas. Fitur-fitur ini dirancang untuk melindungi anak-anak Anda dari luka bakar dan menjaga keindahan dan fungsionalitas playset dari waktu ke waktu.

Keunggulan utama logam adalah kekuatan dan daya tahannya. Besi Galvanis tidak mengalami degradasi atau korosi. Dipelihara dengan baik, itu akan bertahan selama bertahun-tahun dan memberi anak-anak Anda dan bahkan cucu Anda kesenangan bertahun-tahun.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

Kayu

Sedangkan playground di rumah berbahan dasar kayu lebih menawarkan keindahan alam yang sangat menarik. Mereka biasanya terbuat dari kayu seperti cedar dan diperlakukan dengan tekanan untuk menahan pembusukan dan serangan serangga. Perawatan ini membuat kayu lebih awet dan tetap aman.

Sangat mudah untuk merakit beberapa peralatan dan menambahkannya nanti dan tentunya dilakukan perawatan setiap hatinya. Contoh perawatan, kayu harus diwarnai dan dirawat secara teratur untuk mempertahankan penampilan aslinya dan untuk mencegah bengkok, pecah atau kerusakan lainnya. Namun, jika Anda mau berusaha, ayunan kayu dan playset yang indah ini akan bertahan selama bertahun-tahun dan jauh lebih berat dan biasanya lebih tahan lama daripada playground berbahan lain. 

2. Bagaimana Cara Memasangnya?

Salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan saat membuat playground di rumah adalah keamanan taman bermain melalui pemilihan peralatan bermain yang tepat. Misalnya ketika memasang playground tidak benar, kemungkinan besar berpotensi menyebabkan segala macam masalah dan risiko keamanan. 

Jika melihat di video tutorial yang ada di berbagai macam media mungkin tampak cukup mudah untuk dilakukan sendiri, tetapi kami menyarankan agar Anda memesan dan memasang playground berkualitas dengan ahli playground yang telah bersertifikat dan telah menyelesaikan ribuan proyek playground. 

Jika playground tidak dipasang dengan benar, akibatnya bisa menjadi bencana. Bagian dari playset dapat rusak saat anak-anak memainkannya. Ujung tajam yang terbuka dapat menonjol dan menyebabkan cedera. Playsetnya sendiri bahkan bisa jatuh jika tidak tersambung dengan baik. 

Memasang playground adalah proses yang sangat rumit dan sangat penting bahwa tugas ini dilakukan dengan benar. Dan jika Anda memutuskan untuk tetap melakukannya sendiri, jangan biarkan anak-anak bermain sampai Anda yakin itu dilakukan dengan benar. 

Jika Anda tidak yakin, sebaiknya serahkan penginstalan kepada profesional. Sebagian besar perusahaan yang menjual perlengkapan bermain juga menawarkan pemasangan. Mungkin bijaksana untuk membelanjakan sedikit lebih banyak dan membayar untuk penyiapan ini di Happy Play Indonesia, sebuah perusahaan One Stop Service dibidang wahana bermain anak. 

Permukaan playground yaitu pasir atau kerikil dan lantai karet atau rubber flooring
Sumber: freepik.com

3. Di Permukaan Apa Playground Ditempatkan?

Meskipun Anda berusaha keras untuk memastikan keamanan playset, namun risiko tergelincir dan jatuh dari playground ke tanah di bawahnya tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasang playset pada permukaan yang empuk. Namun, tidak semua permukaan cocok untuk dipasangi playset. 

Misalnya, tidak disarankan memasang playset di atas aspal atau beton karena akan berisiko mengakibatkan cedera parah jika anak jatuh. Meskipun rumput dapat menjadi pilihan yang lebih baik, namun seiring waktu rumput akan aus dan tanah akan menjadi padat sehingga memberikan bantalan dan perlindungan yang kurang. Ada berbagai pilihan permukaan untuk dipasangi playset, semuanya memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Pilihlah yang paling praktis dan bermanfaat untuk playground Anda. Berikut beberapa permukaan yang biasa digunakan untuk dasar playground.

Kerikil atau Pasir

Pea kerikil adalah salah satu batu yang dipakai untuk mempercantik taman dengan ukuran yang kecil. Sedangkan pasir seperti yang kita tahu bersama adalah material atau jenis butiran yang halus, biasa ditemukan disekitar laut atau pantai, beberapa juga digunakan untuk fasilitas taman dan alas permukaan playground. 

Tidak ada pilihan yang sempurna, tetapi keduanya memberikan perlindungan yang lebih baik daripada tanah keras. Keduanya juga cukup murah dan ramah lingkungan. Tetapi pastikan untuk memasang penghalang di sekitar area playground agar pasir atau kerikil tidak menyebar ke seluruh halaman.

Lantai Karet

Lantai karet atau rubber flooring adalah lantai atau karpet yang bahannya dirancang khusus agar fleksibel. Lantai karet ini sangat direkomendasikan untuk tempat-tempat yang banyak beraktivitas fisik, salah satunya taman bermain.

Memiliki fleksibilitas yang baik dan terbuat dari bahan dasar yang aman juga aman untuk anak-anak. Misalnya, jika anak terjatuh saat sedang bermain, mereka tidak akan cidera berat karena sudah dilindungi karpet empuk. 

4. Apakah Playset Sesuai Usia?

Faktor lain yang mempengaruhi keamanan playground taman Anda adalah kesesuaian usia. Mengekspos anak kecil pada mainan yang belum cukup umur bisa berbahaya dan menyebabkan kecelakaan dan cedera. Dalam kebanyakan kasus, untuk meminimalisir ini dengan membuat playground terpisah sesuai usia. 

bagaimana memilih tempat pembuatan playground yang bereputasi dan berpengalaman
Sumber: Dok. Happy Play Indonesia

5. Bagaimana Reputasi Perusahaan?

Ketika memutuskan untuk membeli playground, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti harga, ketersediaan produk, dan layanan pemasangan. Namun, selain itu, penting untuk melakukan penelitian tambahan untuk mengevaluasi reputasi perusahaan.

Pastikan perusahaan pilihan Anda memiliki reputasi yang baik dan diakui sebagai produsen playground yang aman, dapat diandalkan dan berpengalaman belasan tahun di bidang wahana permainan anak. .

Mencari Perusahaan Playground Berpengalaman?

Dengan mengikuti anjuran artikel hal yang harus diperhatikan saat membuat playground di rumah, ini akan membantu Anda pencegahan kecelakaan di playground. Anda dan keluarga akan memiliki perangkat bermain yang aman yang akan Anda nikmati selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Jika Anda berpikir untuk membeli playground di rumah yang aman untuk keluarga Anda, lihat Happy Play Indonesia. Kami menyediakan berbagai macam playset dan peralatan bermain yang Anda butuhkan, dari perencanaan desain playground, pemasangan playground sampai jasa maintenance playground sudah kami sediakan untuk Anda. Klik banner di bawah untuk konsultasi dan dapatkan penawaran terbaik. 

Baca juga:

Tips Membuat Playground Indoor

Tips Membuat Playground Anak Minimalis

Bagikan Artikel Ini: