logo happy play indonesia

Tips Membuat Playground Indoor, Siapkan Semua Kebutuhannya

Tips Membuat Playground Indoor, Siapkan Semua Kebutuhannya

Melihat anak senang bermain di playgorund saat berbelanja di Mall rasanya membuat kita ingin membuat indoor playground juga. Menghabiskan waktu bersama anak, sambil berbelanja keperluan di Mall memang mengasyikkan. Setelah seharian penuh menghabiskan waktu di luar rumah karena harus bekerja, Anda dapat berkumpul bersama anak sambil jalan-jalan mencari keperluan rumah. 

Sambil melihat ke kanan dan ke kiri, melihat-lihat berbagai toko yang ada di Mall dari toko pakaian, makanan, sampai tibanya Anda dan anak menemukan sebuah wahana tempat bermain anak berupa indoor playground. Dengan warna yang menarik, dan banyak diminati oleh anak-anak membuat anak Anda tertarik dan bermain di indoor playground. 

Saat bermain di indoor playground, anak terlihat sangat senang, suka sekali beraktivitas dan bergerak kesana-kemari, bermain dari  permainan satu ke permainan lainnya, dari ayunan sampai main wall climbing. Senyum anak yang merekah menunjukkan kebahagiaannya membuat kita sebagai orang tua ingin memberikan kebahagian terus-menerus dan berkeinginan membelikan dan merancang playground untuk anak. 

Lalu bagaimana caranya jika ingin membuat indoor playground? Eits, sebelum merancang playground ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

Tips Merancang Playground Indoor 

Sebelum berdiri tegak dan siap dimainkan oleh anak-anak, Indoor playground perlu melewati beberapa proses perancangan. Ada hal-hal yang tidak boleh terlupakan dan harus diperhatikan oleh Anda sebelum membuat playground.

Happy Play Indonesia sebagai perusahaan penyedia dan pembuat playground anak-anak telah memiliki prosedur dan standar perancangan playground agar aman dan nyaman untuk anak-anak. Nah! berikut tips sebelum mulai merancang indoor playground.

Baca juga: Kriteria Playground Berkualitas yang Harus Anda Tahu

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Playground

Dok. Happy Play Indonesia - Informasi Lokasi
Dok. Happy Play Indonesia – Informasi Lokasi

1. Informasi Lokasi 

Memiliki indoor playground di rumah sepertinya sudah jadi dambaan banyak orang tua, mereka ingin membahagiakan anak mereka dengan cara membuat indoor playground di rumah. Orang tua ingin anak mereka bersenang-senang, berkreasi dan menikmati waktu mereka dengan cara terbaik.

Keinginan membuat playground ini dapat Anda realisasikan dengan menghubungi tim Happy Play Indonesia, dan siapkanlah informasi mengenai lokasi yang Anda inginkan untuk dibangun indoor playground, apakah tempatnya di ruangan khusus untuk bermain anak, atau justru menyatu di dalam kamar. 

Informasi mengenai lokasi pemasangan playground merupakan langkah awal yang dapat mempengaruhi proses pembuatan playground selanjutnya. Tentu saja, playground punya ukuran dan perlu disesuaikan dengan lokasi pemasangan agar playground dapat dipasang dengan baik, tidak kebesaran atau tidak kekecilan. 

Happy Play Indonesia sudah menyediakan beberapa opsi mengenai pengukuran lokasi playground, jika Anda memiliki drafter atau seorang yang paham dan ahli di bidang pengukuran ruangan, Anda juga sudah punya desain yang Anda inginkan untuk si kecil, silakan kirimkan langsung materinya. 

Namun, jika Anda belum memiliki seorang yang ahli mengukur lokasi, dan belum punya desain sendiri, silakan konsultasikan langsung kepada ahlinya agar dilakukan pengukuran. Adapun poin-poin pengukuran antara lain melibatkan luas dan keliling ruangan (panjang x lebar x tinggi), detail ukuran dan posisi tiang/kolom di dalam ruangan, posisi/letak pintu dan jendela, detail akses ke ruangan lain.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Indoor Playground dan Jenis Permainannya

Denah lokasi playground
Contoh Denah Lokasi Playground

2. Contoh Denah Lokasi

Setelah informasi lokasi sudah didapatkan, langkah selanjutnya adalah menggambar atau mendesain denah lokasi. Ukuran-ukuran yang diperlukan untuk mendesain denah secara rinci, antara lain: 

1. Ukuran panjang setiap dinding 

2. Cantumkan tinggi ruangan dari lantai ke plafon 

3. Jarak antar tiang dan jarak dari tiang ke setiap dinding 

4. Letak pintu dan jendela serta lebar dan jaraknya dari dinding 

5. Posisi AC (bila ada) serta posisi ketinggiannya dan jaraknya dari dinding

6. Ukuran tiang yang ada dalam ruangan.

Desain lokasi ini dibuat untuk menyusun ruangan playground yang telah dipesan akan didesain dan dibuat seaman dan senyaman mungkin untuk anak bergerak dan bermain di Indoor Playground. 

Konsep playground laut
Konsep playground Laut

3. Konsep Playground

Tips merancang indoor playground yang tak kalah penting adalah menentukan konsep playground. Indoor playground yang memiliki konsep jauh lebih menarik daripada playground yang tidak memiliki konsep atau berkonsep sama dengan permainan lainnya. 

Konsep indoor playground yang dimiliki Happy Play Indonesia memiliki berbagai tema seperti playground tema hutan, playground tema hutan, playground tema laut, playground tema minions, playground semangka. 

Tidak berhenti di tema saja, Anda bisa pesan playground dengan warna-warna yang Anda sukai, dari warna foam pipe, kain tarpaulin, termasuk jenis permainan atau wahana yang Anda inginkan. Baca artikel selengkapnya untuk melihat permainan dan tema indoor playground Happy Play Indonesia. 

4. Pilihan Permainan Indoor Playground

permainan indoor playground happy play
C7VfPQ1EbbSBcGU02eTzcMrNDsR0 7vS9AWVmwUb6aVT9VQ9eM PWd4og739BFRosxHyeRbpfYJb0866DLWTiVKiOY90sV P4n7TjuYhOqRY33dh2K FSiG15f Ik9Kcuk0l7SSdXRYfCy 09ZeYeBrhMFFznOWA8LqgVL6WsVdsZP76GEpmZJpy5g
Contoh permainan lucu indoor playground Happy Play Indonesia
Permainan indoor playground happy play
Playground tema kantor polisi, playground tema dapur

5.Ragam Tema Indoor Playground

Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Laut
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Laut
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Hutan
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Hutan
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Fruity
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Fruity
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Carnival
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Carnival
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Candy
Indoor Playground Happy Play Indonesia Tema Candy

5. Pilih Perusahaan Playground Berpengalaman 

Tips merancang playground yang harus Anda ingat adalah dengan memilih perusahaan playground yang sudah berpengalaman. Pernah mendengar pepatah pengalaman adalah guru terbaik? Ya pepatah tersebut menggambarkan proses perjalanan masa lalu seseorang atau sebuah bisnis dalam mencapai kesuksesan saat ini. 

Memilih perusahaan playground berpengalaman merupakan pilihan tepat untuk mempermudah Anda dalam membuat playground indoor, mereka yang berpengalaman akan lebih handal membuat playground. Seperti Happy Play Indonesia yang sudah berpengalaman dibidang playground sejak tahun 2005, dari penyedia playground sampai jadi perusahaan One Stop Service playground.

Perusahaan One Stop Service Playground yang dimaksud ini menyediakan beberapa layanan, seperti jasa konsultasi playground, membantu perancangan dan desain ruangan playground, pembuatan playground, instalasi termasuk maintenance playground. Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum membuat playground indoor untuk si kecil. Pilihlah perusahaan dengan pelayanan playground terlengkap, Happy Play Indonesia akan membantu Anda mewujudkan playground indoor impian teraman, ternyaman dan punya prospek tinggi untuk bisnis Anda. Lihat produk playground indoor dari Happy Play Indonesia.

Baca juga:

Lihat Perbedaan Indoor dan Outdoor Playground

Standar Keamanan Playground untuk Anak

Kemudahan Bisnis Playground, Tidak Ada Matinya

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground