logo happy play indonesia

Cara Menghibur Anak yang Sedang Bad Mood dengan Mudah

Perubahan suasana hati di masa kanak-kanak dengan cepat mengubah keadaan emosionalnya. Suasana hati yang tidak baik pada anak harus segera dikondisikan, kita bisa mengupayakannya dengan cara menghibur anak yang bad mood, misalnya mengajak anak pergi main ke tempat yang disuka. 

Tahukah kamu apa itu bad mood? Bad mood diartikan sebagai keadaan atau sebuah kondisi yang dirasakan buruk, kondisi dimana seorang anak dapat berubah dari senang menjadi sedih, sedih menjadi marah, dan lelah dalam hitungan menit. 

Cara Mengatasi Bad Mood Pada Anak

Perubahan hati yang cepat pada anak dapat terjadi setiap hari atau beberapa kali per hari. Namun jika terlalu sering, lama-kelamaan akan menjadi masalah. Nah, berikut beberapa cara mengatasi anak bad mood

 Cari Tahu Penyebab Anak Mood Swing
Sumber: financesonline.com

1. Cari Tahu Penyebab Anak Mood Swing

Pepatah dulu mengatakan ‘Ada asap berarti ada api”. Maksudnya, setiap akibat pasti ada sebab. Anak yang bad mood pasti punya alasan mengapa mereka bad mood, maka dari itu cari tahu dulu penyebab anak bad mood, apa yang menjadi masalah pada dirinya agar Anda dapat mencari cara terbaik menghibur anak. 

Sabar dan Ajak Anak Berkomunikasi
Sumber: cf2.quoracdn.net

2. Sabar dan Ajak Anak Berkomunikasi

Suasana hati yang buruk memang membuat suasana lingkungan juga buruk, agar tidak memperparah keadaan, dalam menghadapi anak yang bad mood perlu kesabaran yang ekstra. Terkadang kesalahan kecil dapat menjadi besar dan tidak terbendung.

Cara menghibur anak yang sedang bad mood yang dapat dilakukan adalah dengan berkomunikasi dengan anak, lewat cara ini Anda dapat mengalihkan perhatiannya agar tidak bad mood lagi. 

Tawarkan Makanan Kesukaannya
Sumber: sight.symrise.com

3. Tawarkan Makanan Kesukaannya

Ada berbagai cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghibur anak yang sedang bad mood, seperti menawarkan makanan kesukaannya. Berbagai jenis makanan dan minuman manis memang menarik dan banyak diminati anak-anak.

Makanan tersebut dapat mengembalikan keadaan hati menjadi senang dalam waktu singkat, dan yang pasti perlu Anda batasi agar anak tidak ketergantungan dan berlebihan makannya. 

Ajari Anak untuk Atur Emosinya
Sumber: cdn.create.vista.com

4. Ajari Anak untuk Atur Emosinya

Kondisi hati anak yang sering berubah-ubah perlu diatur sejak dini, karena kondisi ini bisa jadi karakter yang dibawa saat tumbuh dewasa. 

Ketika Anda mendapati anak sedang emosi, secara perlahan Anda perlu mengajari anak  mengatur emosinya. Misal dengan mengatur nafasnya agar tidak menggebu-gebu dan emosinya meledak-ledak.

Baca juga: Cara Mendidik Anak  yang Efektif Tanpa Memarahi

Ajak Anak Beraktivitas
Sumber: parentmap.com

5. Ajak Anak Beraktivitas

Dari pada membiarkan hati anak badmood, kesal, marah dan emosional, cobalah untuk mengalihkan suasana hati anak dengan mengajak anak beraktivitas di dalam ruangan atau di luar ruangan. 

Mengajak anak beraktivitas merupakan salah satu cara ampuh menghibur anak yang sedang badmood, ajak anak berkreativitas yang menarik baginya. Misalnya menonton film favorit, membaca buku, atau bermain di playground

Baca juga: Bermain Playground Dapat Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

Ajak anak main di playground
Sumber: i.pngimg.me

6. Ajak Anak Bermain ke Taman Bermain Terdekat 

Aktivitas fisik yang membantu menghibur anak yang sedang bad mood dapat dilakukan dengan mengajak anak bermain di taman terdekat. Ajak main anak ke taman, karena fasilitas taman cukup lengkap untuk bermain anak, ada tempat untuk duduk-duduk santai, tempat untuk olahraga termasuk playground dengan banyaknya permainan.

Mengajak anak bermain di playground banyak manfaatnya, dapat meningkatkan mood anak, meningkatkan kemampuan secara motorik maupun sensorik, dan masih banyak lainnya. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga:

Pentingnya Kebahagiaan untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Banyak Manfaatnya, Segera Ajak Anak Anda Main di  Playground

Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO

Bagikan Artikel Ini: