logo happy play indonesia

Lihat Perbedaan Indoor dan Outdoor Playground

Perbedaan indoor playground dan outdoor playground happy play

Indoor playground dan outdoor playground memiliki perbedaan. Playground atau biasa disebut dengan taman bermain anak merupakan salah satu fasilitas yang sering senangi dan ditunggu oleh anak-anak. Tidak hanya memberikan kebahagiaan dan hiburan, taman bermain anak juga merupakan tempat yang tepat bagi anak Anda untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Taman bermain playground sendiri memiliki 2 jenis yang banyak digunakan, dan umum dikalangan masyarakat yaitu taman bermain indoor dan taman bermain outdoor. Ingin tahu lebih lengkap tentang playground? Simak artikel selengkapnya. 

Apa itu Playground?

Wahana playground pada dasarnya adalah taman bermain yang menyenangkan untuk anak-anak. Keberadaan playground tidak hanya untuk bermain tetapi juga untuk belajar tentang apa yang ada di sekitar kita. Mengajak anak untuk belajar tidak harus selalu berlangsung di tempat formal seperti sekolah atau halaman. Bahkan, sambil bermain, anak Anda bisa belajar banyak. 

Salah satu cara untuk membantu anak berkembang adalah dengan mengajak anak bermain di playground. Saat bermain, biarkan anak bereksplorasi sebanyak mungkin, karena begitulah cara anak belajar. Peran orang tua di sini tentu sangat penting.

Meski kini kebanyakan orang tua tidak mau membiarkan anaknya bermain di luar ruangan karena takut jatuh, terluka, dan pakaiannya kotor. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena mengajak anak bermain playground bisa bersih loh tanpa perlu kotor-kotoran. 

Baca juga: Proses Perakitan Rangka Playground Indoor

Perbedaan Indoor Playground dan Outdoor Playground

Project Indoor Playground di Ambarawa, Semarang
Dok. Happy Play Indonesia – Project Indoor Playground di Ambarawa, Semarang

Indoor Playground

Jika Anda melihat dua kata ini ‘Indoor playground’ dan ‘outdoor playground’ Anda sudah langsung melihat perbedaannya. Kata ‘indoor’ dan’ ‘outdoor’ merupakan istilah dari bahasa Inggris yang berarti ‘dalam ruangan’ dan ‘luar ruangan’. Jika digabung dengan kata playground indoor diartikan sebagai taman bermain yang ada di dalam ruangan, sedangkan outdoor playground adalah taman bermain yang ada di luar ruangan. 

Selain penempatan playground yang di dalam atau diluar ruangan, kedua playground tersebut memiliki perbedaan yang terlihat jelas, indoor playground biasanya dapat ditemukan di pusat perbelanjaan atau tempat wisata. Misalnya di Mall, beberapa Mall sudah menyediakan playground untuk anak-anak bermain, sekaligus tempat bagi orang tua menikmati waktu bersama anaknya. 

Begitu juga tempat wisata, beberapa dari mereka menyediakan indoor playground sebagai fasilitas atau wahana bermainnya. Jika ingin menikmati wahana indoor playground Mall, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk setiap paket atau waktu sesuai yang Anda inginkan, lalu nikmatilah berbagai fasilitas dan berbagai permainan di indoor playground. Ingin tahu lebih lengkap apa itu indoor playground baca disini.

Baca juga: Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak dan Macam Permainannya

Project Outdoor Playground di Karawang, Jawa Barat
Dok. Happy Play Indonesia – Project Outdoor Playground di Karawang, Jawa Barat

Outdoor Playground

Sama dengan namanya, outdoor playground adalah area bermain anak yang dilakukan dan berada di luar ruangan atau outdoor. Umumnya outdoor playground disediakan di taman kota, taman alun-alun, taman perumahan, fasilitas rumah sakit, fasilitas klinik, apartemen dan lainnya sebagai pendukung ruang anak bermain.

Kita tahu, bahwa bermain sangat penting bagi anak-anak. Oleh karena itu permainan anak-anak sangat bagus. Kehadiran outdoor playground sebagai fasilitas umum sangat penting untuk memberikan anak ruang bermain sekaligus pembangunan fisik dan perkembangan psikomotorik anak, membantu meningkatkan perkembangan anak, termasuk orang tua yang ingin berekreasi, bermain dan menikmati suasana taman. 

Jika tadi indoor playground dapat dibisniskan, dengan membuat ketentuan membeli tiket masuk wahana bagi pengunjung yang ingin bermain mengajak anaknya di playground. Berbeda dengan outdoor playground yang bisa dibilang cukup sulit untuk dibisniskan, biasanya outdoor playground dibuat untuk menunjang bisnis bukan untuk fokus bisnis playground. 

Namun, jika Anda memiliki bisnis lain seperti kolam renang, Anda bisa menyediakan playground khusus di dalam air seperti waterplay dan water playground pada wahana atau tempat wisata waterpark. Waterplay adalah sebuah taman bermain anak, yang di dalamnya ada playground berisi ember tumpah, spray ring, water cannon, water pillar, mushroom water, octopus spray, bucket group splash, water slides feature, dan water playground. 

Kedua taman bermain baik indoor playground atau outdoor playground, memiliki fungsi dan manfaat baik tumbuh kembang anak, permainannya dapat dinikmati baik di darat atau di air, dan keduanya sama-sama seru, membuat pengalaman keren anak bermain, ketahui lebih lengkap tentang playground dan dunia anak hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Indoor Playground 

Simak manfaat playground yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak pada halaman ini – Manfaat Playground untuk Anak

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground