logo happy play indonesia

Ddakji, Permainan Kertas yang Hits dari Korea Selatan

Squid Game Permainan Ddakji Korea

Korean waves atau gelombang Korea terjadi hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia, selain musik, makanan, wisata, ada juga film yang banyak dibicarakan seperti pada serial Squid Game di Netflix yang banyak menampilkan permainan kertas bernama ddakji. 

Permainan Ddakji 
Sumber: thetimes.co.uk

Permainan Ddakji 

Permainan kertas yang hits dari Korea Selatan ini menyebar di berbagai negara berbanding lurus dengan ketenaran serial Squid Game di Netflix. Tahukah Anda apa itu permainan ddakji? Permainan ddakji, kadang-kadang disebut dengan ttakji, yaitu sebuah permainan tradisional Korea Selatan yang dimainkan menggunakan kertas yang dilipat. 

Permainan ddakji Ini mirip dengan permainan Pogs Amerika yang populer pada 1990-an, tetapi tidak ada bagian “pelampiasan” yang terlibat dalam gameplay yang Anda butuhkan untuk bermain adalah origami ddakji yang dilipat.

Permainan ddakji Korea adalah kegiatan yang bagus untuk menghibur anak-anak. Melipat ubin membantu mereka mempelajari teknik origami dasar dan melatih keterampilan motorik halus. Bermain dengan teman mendorong mereka untuk melatih keterampilan sosial seperti berbagi, bergiliran, dan dengan anggun menangani menang atau kalah dalam permainan. 

Baca permainan tradisional korea selatan lainnya yang tak kalah populer dan membuat nostalgia

Baca juga: Permainan Tradisional Korea Selatan yang Populer dan Hits

Permainan Ddakji 
Sumber: thesprucecrafts.com

Cara Membuat Ddakji

Sebelum Anda bermain Ddakji, Anda perlu menyiapkan bahan dan membuatnya terlebih dahulu. Nantinya Anda akan membutuhkan beberapa lembar kertas origami persegi. Pilihlah kertas dengan warna atau pola yang serasi agar menarik, namun ini dapat disesuaikan dengan selera Anda. Mengenai ukuran kertas tidak masalah asalkan persegi. Jika Anda tidak memiliki kertas origami, potong kertas konstruksi menjadi persegi. Berikut langkah-langkahnya. 

Cara Membuat Ddakji squid game
Sumber: thesprucecrafts.com

1. Lipat Kertas Menjadi Tiga

Kertas dilipat

Untuk mulai membuat ddakji Anda, lipat kertas menjadi tiga, Anda dapat melakukannya dengan mata, atau menggunakan penggaris.

Cara Membuat Ddakji squid game
Sumber: thesprucecrafts.com

2. Lipat Sudutnya

Ubin Ddakji sedang dilipat

Lipat sudut kiri ke atas dan sudut kanan ke bawah seperti yang ditunjukkan pada foto di sebelah kiri.

Cara Membuat Ddakji squid game
Sumber: thesprucecrafts.com

3. Buat Satuan Kedua

Dua ubin Ddakji dalam proses dilipat

Ulangi Langkah 2 dan Langkah 3 dengan lembar kertas kedua.

Cara Membuat Ddakji squid game
Sumber: thesprucecrafts.com

4. Bergabunglah dengan Unit

Sebuah ubin Ddakji sedang dibuat

Tempatkan unit terlipat Anda dalam formasi yang ditunjukkan pada foto di atas, tumpuk jadikan satu.

Cara Membuat Ddakji squid game
Sumber: www.thesprucecrafts.com

5. Lipat Flaps

Kertas lipat Ddakji

Lipat flap kiri dan kanan ke dalam.

Sekarang lipat penutup atas ke bawah, dan di bawah penutup kanan, lalu lipat penutup bawah ke atas, dan di bawah penutup kiri.

Cara Membuat Ddakji squid game
Sumber: www.thesprucecrafts.com

6. Lengkapi Ddakji

Ubin Ddakji

Jika dilipat dengan benar, Anda tidak perlu selotip atau lem untuk menyegel ddakji Anda. Ini menjadikan ddakji sebagai contoh origami modular yang bagus

Sumber: youtube.com

Cara Bermain Ddakji

Mudah untuk memainkan ddakji Korea, pilih pemain lempar. Anda bisa lakukan permainan permainan Batu, Kertas, Gunting untuk memilih pemain lempar, tetapi ini terserah Anda. Lalu pemain lain menempatkan ubin ddakji-nya di atas meja. Pemain yang melempar mencoba melempar ubinnya sehingga membuat ubin pemain lain terbalik. Jika dia berhasil, dia bisa mempertahankan ddakji. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melipat beberapa ddakji Sebelum Anda mulai bermain.

Melempar ddakji terlihat sederhana, tetapi mendapatkan sudut dan kekuatan yang diperlukan untuk membalik ubin pemain lain membutuhkan latihan. Jika Anda bermain dengan anak-anak yang masih sangat kecil, tekankan bahwa tidak apa-apa jika mereka tidak dapat segera membalik ubin.

Anda mungkin ingin membuat Ddakji menggunakan beberapa ukuran kertas yang berbeda untuk melihat apa yang paling mudah untuk Anda balikkan. Ini juga membantu untuk mencoba membidik bagian paling penuh atau paling besar dari disk saat Anda mencoba membaliknya.

Jika Anda mencari lebih banyak mainan dan permainan dalam satu tempat Anda bisa bermain di Playground, ajak anak-anak dan keluarga Anda sambil menghabiskan waktu bersama dihari libur setelah seharian beraktivitas. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga:

8 Permainan Playground Melatih Motorik dan Sensorik Anak 

Tujuan dan Manfaat Bermain Untuk Anak, Tak Boleh Diremehkan

Jasa Pembuatan Playground Indoor Bergaransi dan Bersertifikat

Bagikan Artikel Ini: