logo happy play indonesia

Permainan Tradisional Damdas: Cara Bermain dan Asalnya

Permainan Tradisional Damdas Cara Bermain dan Asalnya

Permainan tradisonal damdas adalah permainan yang kini semakin dilupakan, ditambah dengan adanya tempat wisata modern, dan permainan online di smartphone. Anak-anak pasti banyak yang belum tahu tentang permainan tradisional damdas yang berasal dari betawi ini. 

Mengenal Permainan Damdas 3 biji damdas 16
Sumber: tgrcampaign.com

Mengenal Permainan Damdas 

Anak-anak jaman dulu seringkali sulit untuk makan, jajan apalagi dibelikan mainan oleh orang tuanya, anak-anak jaman dulu tidak seberuntung anak-anak sekarang yang dapat dengan mudah mengakses segala informasi termasuk kebutuhan mereka untuk memainkan sebuah permainan. Permainan anak-anak dahulu diciptakan dari sebuah kreativitas dan kondisi lingkungan mereka, salah satunya permainan tradisional bernama damdas asli Betawi.

Damdas adalah permainan tradisional yang biasa dimainkan ketika kita memiliki waktu luang. Permainan damdas ada beberapa cara bermainnya, yaitu damdas 3 batu dan damdas 16 batu. Permainan damdas merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Hal yang menarik dari damdas 16 batu adalah upaya pemain dalam mengatur strategi untuk memenangkan permainan.

Baca juga: 7 Mainan Jaman Dulu Dari Bambu Tradisional Indonesia

Sumber: youtube.com

Cara Bermain Damdas 3 Batu

Permainan damdas batu merupakan permainan asli dari Indonesia. Permainan damdas Ini mengandung banyak nilai tinggi. Bermain damdas batu memiliki nilai yang tinggi karena tanpa kesabaran, strategi, dan detail akan sulit bagi pemain untuk menang dalam permainan ini. Sama seperti permainan tradisional lainnya seperti bentengan.

Permainan damdas batu diikuti oleh dua pemain, siapkanlah batu yang digunakan sebagai gaco atau jagoan bagi masing-masing pemain. Pemain terlebih dulu menggambar arena permainan pada sebuah papan, kertas, tanah atau karton. 

Langkah selanjutnya para pemain menentukan siapa yang akan main terlebih dahulu lewat permainan suit gunting batu kertas atau cara lainnya yang sudah disepakati bersama. Bagi pemain yang menang menjadi orang yang memulai permainan, dilanjutkan main oleh pemain ke dua. 

Gaco milik pemain dijalankan di atas papan, kertas, atau tanah yang sudah digambar arena, dan berjalan menuju gunungan atau wilayah lawan menggunakan gaco. Pemain yang pertama menempatkan gacoan di atas gunungan adalah pemenangnya. 

Cara Bermain Damdas 16 Batu
Sumber: kibrispdr.org

Cara Bermain Damdas 16 Batu

Permainan tradisional yang berkembang di masyarakat betawi seperti Damdas 16 batu juga dikenal luas di kalangan masyarakat Pulau Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Banten, sebagian menyebut permainan damdas sebagai dam-daman. 

Damdas 16 batu awalnya berasal dari bahasa Arab yaitu dam, yang berarti denda. Sementara jumlah 16 batu itu menggambarkan banyaknya batu yang dimiliki oleh para pemain damdas. Jika disimpulkan, permainan damdas 16 batu adalah permainan yang memberikan denda kepada pemain jika berbuat salah atau kelalaian, dan menggunakan batu atau bisa sebanyak 16 buah untuk setiap pemain. Berikut langkah bermain damdas 16 batu.

Pertama, kumpulkan para pemain. Pemain untuk permainan damdas 16 batu membutuhkan pasangan atau berjumlah dua orang saja. 

Kedua, buatlah gambar arena permainan berbentuk kotak-kotak dengan bentuk segitiga di ujung bagi masing-masing pemain di atas papan, kertas atau tanah menggunakan spidol, pensil atau kapur. Untuk batu atau biji damdas bisa memanfaatkan serpihan genting, batu, lidi, atau biji sawo.

Ketiga, susun batu sesuai garis yang sudah dibuat pada arena bermain. 

Keempat, pilihlah pemain mana yang memulai permainan damdas terlebih dahulu, Anda bisa lakukan suit untuk menentukan pemain pertama. 

Kelima, permian pertama dapat memindahkan batunya dengan langkah ke depan, ke belakang, ke kanan, ke kiri maupun sarong atau diagonal sesuai garis pada arena permainan. Pemain yang mencapai gunung (segitiga) terlebih dahulu itulah pemenangnya. 

Baca juga: Permainan Tradisional Tanpa Alat Seru Dimainkan Bersama

Manfaat Bermain Damdas
Sumber: i.ytimg.com

Manfaat Bermain Damdas

Bermain permainan tradisional sangat baik untuk perkembangan anak, salah satu nya adalah bermain damdas.

Melatih Kesabaran

Permainan damdas bermanfaat bagi kesehatan dan mental, Anda dapat melatih kesabaran lewat bermain damas, karena namanya bermain pasti ada menang dan kalah, hikmah permainan inilah yang sangat penting.

Melatih Kecerdasan Berpikir

Bermain damdas membutuhkan strategi atau taktik agar berhasil memenangkan permainan, para pemain harus berpikir, mencari cara jalan mana yang dapat membuat mereka cepat sampai ke gunungan atau garis finish

Mengajarkan Kejujuran

Bermain harus disertai kejujuran, agar kemenangan yang didapatkan benar adanya bukan hasil dari kecurangan. Sifat jujur harus ditanamkan sejak dini agar punya kepribadian yang baik hingga dewasa nanti.

Mengajarkan Anak Konsep Bangun Datar

Bentuk arena permainan damdas berupa bangun datar segitiga dan kotak atau persegi panjang, konsep bangunan ini cocok sekali Anda ajarkan kepada anak yang masih dalam proses belajar mengenai bangun datar.

Melatih untuk Mengambil Risiko

Memindahkan biji dari titik satu ke titik yang lain merupakan sebuah keputusan yang harus diambil, apapun hasilnya ini harus dilakukan. Proses ini akan melatih Anda untuk mengambil sebuah resiko baik dalam permainan maupun di kehidupan nyata. 

Sebenarnya masih banyak manfaat bermain yang akan Anda dapatkan tidak hanya dari permainan damdas, manfaat bermain juga bisa Anda dapatkan dari bermain playground. Bermain di playground dapat membantu Anda menghilangkan stres, dan bermanfaat untuk pertumbuhan sang anak, lihat selengkapnya di halaman ini. 

Baca juga: 

Tujuan dan Manfaat Bermain Untuk Anak, Tak Boleh Diremehkan 

8 Permainan Playground Melatih Motorik dan Sensorik Anak

Bagikan Artikel Ini: