logo happy play indonesia

Hak Anak Dirumah yang Harus Menjadi Prioritas Orang Tua

hak anak dirumah

Hak anak dirumah sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak yang sangat perlu diperhatikan dan menjadi prioritas orang tua. Melihat hal ini orang tua harus memenuhi hak-hak anak saat ada dirumah. 

Mengapa mengetahui hak anak dirumah itu perlu kita pahami sebagai orang tua? Karena, saat ini banyak sekali kasus dimana-mana tentang penelantaran anak dan eksploitasi anak yang terjadi. Dengan hal ini orang tua harus belajar untuk lebih dalam mengenai hak anak dan bagaimana membuat anak nyaman.

Memang peran orang tua sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan untuk mengenalkan kepada anak apa itu hak dan kewajiban mereka khususnya di dalam rumah terlebih dahulu. Tetapi jangan sampai lupa bahwa anak-anak juga memiliki hak dan kewajiban tersendiri. Semua itu harus diketahui dan dipahami sehingga pada akhirnya komunikasi yang terjalin antar anak dan orang tua berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa hak anak dirumah yang harus menjadi prioritas orang tua

1. Hak Mendapatkan Kebutuhan

Hak paling mendasar yang harus menjadi prioritas orang tua adalah hak mendapatkan kebutuhan. Anak berhak mendapatkan kebutuhan dasarnya seperti kebutuhan sandang, pangan, tempat tinggal dan perawatan medis. Tiga hal mendasar ini harus dipenuhi oleh orang tua.

Berikan yang terbaik untuk anak agar mereka tetap merasa dicintai dan disayang. 

2. Hak Memperoleh Perlindungan

Hak anak dirumah selanjutnya adalah mendapatkan perlindungan dari orang tua. Sudah sepatutnya anak mendapatkan keamanan dan perlindungan, hal tersebut bisa berupa larangan terhadap suatu hal yang berpotensi membahayakan keselamatan anak. Seperti contoh, melarang anak bermain di tepi pantai tanpa pengawasan atau keluar rumah tanpa sepengetahuan orang tua.

Selain itu mengontrol emosi terhadap sifat nakal atau sifat spontanitas anak juga termasuk dalam bentuk perlindungan yang perlu dilakukan orang tua. Kenapa hal ini menjadi konsen? Karena kekerasan pada anak-anak bisa terjadi kalau kita tidak bisa mengontrol emosi.

Jangan sekali-kali melakukan kekerasan pada anak, apalagi saat anak masih dalam masa pertumbuhan, karena bisa saja semua kenangan yang ia dapatkan, apalagi kekerasan, bisa terus tersimpan sampai dewasa. Hal tersebut akan berujung menjadi sebuah trauma untuknya. Didiklah si kecil dengan penuh kesabaran dan dengan cara yang benar.

3. Mendapatkan Perhatian

Selanjutnya hak anak dirumah yang harus menjadi prioritas adalah mendapatkan perhatian. Perhatian dari orang tua adalah hal yang perlu dan sangat penting untuk dipenuhi oleh orang tua. Sudah tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Contoh perhatian yang mudah adalah berkomunikasi dengan baik, memahami apa yang ia sukai, dan hal-hal lainnya. Perhatian bisa tercipta melalui interaksi yang hangat setiap hari nya.

Jangan sampai kesibukan Anda membuatnya merasa tidak diperhatikan, sempatkanlah waktu untuk memberi perhatian dengannya. Walau hal itu sederhana namun akan sangat berdampak pada sisi emosionalnya. Tanyakan kesehariannya, apa yang sedang ia rasakan, bercerita tentang sekolah atau lainnya.

4. Hak Pendidikan

Banyak yang menyebutkan sebuah istilah bahwa orang tua adalah sekolah pertama bagi anak. Hal itu memiliki arti sebelum anak memasuki masa sekolah, maka orang tua wajib menjadi guru bagi anaknya dirumah. Sehingga setiap orang tua perlu dan bahkan wajib mengajarkan anak untuk membaca, menulis dan berhitung.

Kita sebagai orang tua juga harus paham bahwa tiap anak itu berbeda. Tak hanya sifat tetapi juga karakter, minat dan bakat. Melihat hal ini orang tua harus selalu mendukung cita dan bakat anak agar bisa berkembang dengan baik.

5. Mendapatkan Hiburan

Hak anak dirumah selanjutnya adalah mendapatkan hiburan. Anak berhak mendapatkan hiburan seperti bermain atau terlibat dalam kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Selain itu, orang tua juga bisa membelikan video games sebagai media hiburan di akhir pekan.

Soal dampak video games tidak perlu khawatir selama penggunaanya sesuai batas wajar. Justru hiburan yang seimbang akan sangat memiliki efek positif bagi perkembangan anak. Bahkan bermain video games bisa mengembangkan kemampuan logika dan bahasa asing. 

6. Hak Mendapatkan Akses Kesehatan

Semua anak berhak mendapatkan jaminan kesehatan yang layak tanpa memandang status sosialnya.
Jaminan kesehatan tersebut mencakup imunisasi, makanan yang sehat, akses ke Pos Layanan Terpadu (Posyandu) dan pemeriksaan gigi tiap enam bulan.

7. Hak Untuk Beropini

Hak anak dalam keluarga tak boleh dilupakan termasuk anak untuk beropini. Orang tua harus mengizinkan anak untuk beropini terkait apa yang mereka pikirkan terkait pendapat, agama dan apapun kesukaanya. Namun, Anda perlu juga memastikan opininya agar tidak melanggar hak orang lain.

Itulah hak anak dirumah yang harus menjadi prioritas orang tua. Anda perlu mengetahui hal ini sebagai ilmu mengurus anak. Berikan ia kasih sayang seutuhnya.

Baca juga: 

Cara melatih kemampuan sosial anak

Cara mendidik anak agar cerdas dan pintar

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top