logo happy play indonesia

Manfaat Bermain Lompat Tali Karet Untuk Perkembangan Anak

manfaat bermain lompat tali

Ada berbagai macam permainan anak yang bisa dimainkan di luar ruangan dengan berbagai manfaatnya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas manfaat dari salah satu permainan anak yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak yaitu bermain lompat tali karet.

Anda pasti sudah mengetahui apa itu lompat tali karet beserta cara mainnya. Selain seru dan menyenangkan untuk dimainkan bersama, permainan satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk anak.

Selain seru dan menyenangkan, bermain lompat tali juga punya beragam manfaat yang baik untuk anak. Inilah manfaat bermain lompat tali karet untuk perkembangan anak:

1. Melatih motorik kasar

Bermain lompat tali akan membuat otot tubuh menjadi lebih berisi, terlatih dan kuat. Apalagi jika sering bermain akan menambah kekuatan otot tubuh. Perpindahan gerakan tali yang terjadi saat bermain juga bisa melatih anak untuk bergerak lebih dinamis dan cekatan.

Lompat tali juga bisa membuat anak terampil dalam meningkatkan kecerdasan kinetik dan tentunya mengurangi lemak berlebih, hingga anak akan aman dari obesitas.

2. Memaksimalkan Pertumbuhan

Memasuki masa usia balita Anda akan melihat perkembangan tumbuh yang signifikan. Perubahan fisiknya akan terlihat sangat jelas dan proporsi tubuhnya akan berubah begitu cepat.

Apalagi jika anak bermain lompat tali secara rutin, hal ini akan membantu menambah tinggi badannya.

Kegiatan fisik yang dilakukan membantu kelenturan otot sehingga kakinya akan menjadi lebih panjang yang membuatnya lebih tinggi.

3. Meningkatkan Ketelitian dan akurasi

Bermain lompat tali juga mengasah ketelitian dan akurasi. Dengan bermain lompat tali seseorang akan memperhitungkan tinggi lompatan agar tidak terkena tali yang menjadi halangan. Bahkan untuk bermain lompat tali, anak harus mengikuti ritme ayunan dari tali nya agar tidak terjerat.

4. Mengembangkan Rasa Percaya Diri

Jangan salah, bermain lompat tali juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak. Ketika bermain lompat tali, secara bertahap si kecil akan melompati tali yang ketinggiannya akan terus bertambah.

Dengan permainan ini anak-anak akan belajar dari hal mudah ke sulit, dari sederhana ke hal yang kompleks. Hal itu akan melatih percaya diri anak untuk terus mencoba tiap tingkatan.

5. Meningkatkan Kemampuan Sosial

Dengan bermain lompat tali karet diluar ruangan bersama teman-teman akan membuat kemampuan sosialnya meningkat. Si kecil akan bertemu dan melakukan komunikasi bersama teman-temannya dan membuat permainan menjadi seru. Melalui permainan ini juga akan melatih anak bermain secara berkelompok dengan teman lainnya.

6. Menurunkan Stress

Banyak yang tidak sadar bahwa anak-anak bisa saja mengalami stress. 

Meski terlihat tidak memiliki masalah tetapi ternyata anak mengalami rasa cemas yang bisa menimbulkan stres dalam beberapa waktu.

Manfaat bermain lompat tali berikutnya yaitu dapat menjadi ajang adu kekuatan dan kreativitas yang menyenangkan bagi anak-anak.

Dengan bermain lompat tali maka ia akan merasa terhibur dan senang, sehingga kondisi stres pada saat itu dapat terobati dengan mudah.

Itulah 6 manfaat bermain lompat tali yang perlu diketahui orang tua. Ajaklah anak Anda bermain di luar ruangan dengan berbagai permainan tradisional indonesia yang sangat seru dan menyenangkan.
Baca juga: 

Permainan lompat tali

10 permainan tradisional yang seru dan cara mainnya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top