logo happy play indonesia

Kewajiban Anak Dirumah, Wajib Ditanamkan Sejak Dini

kewajiban-anak-dirumah

Kewajiban anak dirumah bisa dibina sejak dini, rasa tanggung jawab seorang anak dimulai dari tingkat keluarga. Anak bisa dilatih bertanggung jawab dengan menjalankan kewajiban anak dirumah. Seringkali kewajiban anak dirumah tidak dipahami dan dipandang sebelah mata. Akibat dari itu semua bisa menimbulkan jarak antara anak dan orang tua. 

Hubungan harmonis antara orang tua dan anak perlu adanya timbal balik. Anak mendapatkan haknya tetapi mereka juga perlu melakukan beberapa kewajiban sebagai anak di rumah. Berikut kewajiban anak dirumah yang perlu ditanamkan sejak dini.

1. Menghormati Orang Tua

Kewajiban utama anak dirumah yang pertama adalah menghormati kedua orangtua. Kenapa begitu? Karena orang tua adalah pilar utama dari kehidupan anak dan keluarga.

Sudah menjadi sebuah kewajiban anak yang lahir dari setiap orangtua harus senantiasa menghormati. Salah satu cara menghormatinya adalah dengan cara membahagiakan kedua orangtua, berkata halus dan sopan saat berbicara dengan orangtua serta menjaga nama baik keluarga.

2. Mengikuti Peraturan Keluarga

Sebagai salah satu anggota keluarga, seorang anak harus terus mematuhi peraturan yang sehingga keluarga akan lebih harmonis. Mengikuti peraturan keluarga bukanlah hal yang sulit. Tentu saja memang pastinya setiap keluarga memiliki peraturan yang berbeda sehingga kita tidak bisa membandingkan aturan setiap keluarga.

3. Membantu Pekerjaan Rumah

Kewajiban yang patut dilakukan anak dirumah berikutnya adalah membantu pekerjaan rumah. Tak hanya menjaga kebersihan rumah saja yang harus dilakukan tetapi membantu pekerjaan rumah anak juga perlu ikut andil dalam tanggung jawabnya.

Biasanya seluruh pekerjaan rumah dikerjakan oleh ibu saja, namun hal itu sebetulnya tidak sepenuhnya benar. Karena sesungguhnya semua anggota keluarga termasuk anak perlu dilatih untuk memegang sejumlah pekerjaan rumah. Mulai beri dari tanggung jawab yang kecil seperti membereskan meja, meletakkan pakaiannya sendiri ke lemari dan lainnya.

4. Menjaga Kebersihan Rumah

Menjaga kebersihan rumah sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap anggota keluarga tak terkecuali anak. Kebersihan rumah adalah tanggung jawab semua keluarga. 

Untuk itu penting bagi orang tua mengajarkan anak agar paham bahwa menjaga kebersihan rumah adalah kewajiban. Tanamkan pola hidup bersih dan sehat pada anak sejak dini.

5. Menjaga Nama Baik Keluarga

Menjaga nama baik keluarga juga sudah menjadi kewajiban anak dirumah yang patut ditanamkan dalam diri nya. Tanamkan sejak dini kepada anak bahwa keluarga adalah segalanya.

6. Belajar Dengan Giat

Salah satu kewajiban anak dirumah selanjutnya adalah belajar dengan giat. Salah satu tugas anak yang perlu ditanamkan dalam diri adalah belajar dengan giat.  Tanamkan bahwa belajar adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Baiknya temanilah mereka saat belajar dan berikan semua kebutuhan belajarnya. Seperti menyiapkan buku belajar dan meja belajar dengan tema kesukaanya dan lainnya. 

Itulah kewajiban anak dirumah yang wajib ditanamkan sejak dini. Kita perlu memahami apa saja hak dan kewajiban anak, hal itu bertujuan untuk membangun pribadi anak yang baik.

Berikan semua hak dan kewajiban anak sesuai dengan porsi nya agar semuanya merasa adil dan harmonis.

Baca juga: 

Hak anak dirumah yang harus diprioritaskan orang tua

Cara melatih kemampuan sosial anak

Cara mendidik anak agar cerdas dan pintar

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top