logo happy play indonesia

Kewajiban Anak Disekolah Yang Harus ditaati

kewajiban-anak-disekolah

Seperti hal nya sebuah tempat yang memiliki suatu aturan, begitu juga sekolah. Sekolah memiliki peraturan yang harus dilakukan dan ditaati oleh setiap siswa. Semua peraturan dibuat dan dijalankan demi kebaikan sekolah dan juga siswanya.

Seorang siswa yang bersekolah harus menaati sejumlah peraturan yang berlaku. Sama halnya dengan kewajiban anak dirumah, di sekolah pun memiliki peraturan yang wajib ditaati oleh siswa.

Berikut kewajiban anak disekolah yang harus ditaati.

1. Menaati Tata Tertib

Setiap sekolah tentu saja memiliki peraturan serta kebijakan masing-masing. Semua siswa yang bersekolah wajib menaati setiap tata tertib yang berlaku. Selama proses pembelajaran dan berada di sekolah hal itu sangat wajib dilakukan. Biasanya jika siswa tidak menaati tata tertib yang berlaku akan dikenakan sanksi.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Siswa yang bersekolah sangat wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Meski di setiap sekolah memiliki petugas kebersihan sendiri yang sudah ditugaskan untuk bersih-bersih sekolah, namun siswa juga memiliki tanggung jawab yang sama. Setiap siswa harus turut serta membantu kebersihan.

Memelihara sekolah mulai dari halaman, gedung, tembok agar tidak ada coretan, pagar, meja dan lainnya adalah keharusan bagi siswa. Biasanya akan diadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan setidaknya dalam ruang lingkup kelas.

3. Wajib Mengikuti Pelajaran

Kewajiban satu ini adalah kewajiban yang mutlak, tujuan bersekolah adalah untuk belajar dan mendapatkan ilmu, maka sudah seharusnya semua siswa di sekolah wajib mengikuti pelajaran yang ada. Apalagi hasil dari belajar akan di ujikan dan akan menjadi daya ukur untuk kenaikan kelas bahkan kelulusan siswa.

Karena mengikuti pelajaran adalah hal yang wajib, maka biasanya ketika siswa tidak bisa hadir sekolah atau dalam keadaan sakit memerlukan surat keterangan atau izin. Bahkan setiap sekolah punya standar berapa banyak siswa bisa izin sekolah.

4. Menjaga Nama Baik Sekolah

Menjaga nama baik sekolah merupakan sebuah aturan tidak tertulis yang sebenarnya penting juga untuk diperhatikan oleh setiap siswa. Namun sayangnya terkadang justru banyak siswa yang tanpa disadari mencoreng nama sekolah. Baik dari perilaku di luar sekolah ataupun kelakuannya di sosial media.

5. Menggunakan Seragam

Bersekolah identik dengan seragam, ya rata-rata sekolah atau bahkan hampir semua sekolah memiliki seragam khusus yang harus dikenakan siswa ketika masuk sekolah. Menggunakan seragam sekolah merupakan suatu peraturan dan kewajiban anak di sekolah yang harus dilakukan.

Bahkan seragam tak hanya baju dan celana saja, ada juga peraturan yang mengatur pemakaian sepatu ke sekolah, biasanya adalah wajib menggunakan sepatu berwarna hitam. Hal ini sudah menjadi aturan umum banyak sekolah di Indonesia.

Sudah tau kan apa aja kewajiban anak disekolah yang perlu dilakukan setiap siswa? Semua peraturan yang ada dan dibuat khususnya disekolah haruslah dilakukan. Semua demi kebaikan bersama baik kebaikan sekolah ataupun siswa.

Peraturan sekolah bukan hanya menjadi kewajiban anak disekolah yang harus ditaati namun juga berlaku untuk semua komponen sekolah baik guru, penjaga sekolah, petugas sekolah, dan lainnya.

Itulah beberapa kewajiban anak disekolah yang harus ditaati.

Baca juga: 

Hak anak dirumah yang harus diprioritaskan orang tua

Cara melatih kemampuan sosial anak

Cara belajar cerdas untuk anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top