logo happy play indonesia

Ide Game Asyik dan Edukatif Untuk Dimainkan di Kelas

Bosan belajar gitu-gitu aja? Buat inovasi pembelajaran di kelas jadi hal yang menyenangkan dengan permainan edukatif yang menyenangkan. Buatlah permainan yang dapat dimainkan secara kelompok ini dengan siswa Anda. Melalui permainan baik secara kelompok kecil maupun kelompok besar dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep yang mereka pelajari. Saat guru menjelaskan materi pelajaran di depan papan tulis, itu terasa membosankan, mungkin dengan memainkan permainan edukatif di sekolah seperti permainan papan, teka-teki, dan perburuan bisa Anda pertimbangkan untuk menambah keseruan anak saat belajar. 

Kenapa Pembelajaran Berbasis Game Diperlukan?

Mengajar siswa di kelas menggunakan pembelajaran berbasis permainan  dapat meningkatkan dan memotivasi siswa untuk menaikkan posisi mereka dan berusaha untuk memenangkan permainan. Game-Based Learning (GBL) merupakan istilah lain dari pembelajaran berbasis game. Pembelajaran berbasis game sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi dan semangat anak di sekolah. Karena saat berjalannya pembelajaran, kecenderungan perhatian anak akan terjadi penurunan sejajar dengan lama waktu belajar yang dijalankan. Dengan demikian, para tenaga pengajar atau guru memerlukan inovasi dalam pembelajaran di masa new normal ini dengan penggunaan multimedia yaitu adanya Game-Based Learning. Permainan untuk merangsang siswa dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran di kelas. 

Permainan seperti apa yang cocok dimainkan di kelas? Faktanya, banyak permainan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam kelas. Bahkan, banyak game terpopuler juga bisa digunakan di dalam kelas, seperti Candy Crush dan Sudoku. Perbedaan utama antara permainan tradisional dan kelas pembelajaran berbasis permainan adalah bahwa permainan tradisional biasanya tidak dirancang untuk mengembangkan keterampilan akademik tetapi dapat dibuat untuk memasukkan tujuan pembelajaran tertentu. Menggunakan jenis permainan ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran, yang sangat penting di abad ke-21.

Credit: ak.picdn.net

Teka-Teki (Puzzle)

Teka-teki bukanlah ide baru, memperkenalkan mainan puzzle kepada siswa di ruang kelas adalah cara yang baik untuk memperkenalkan konsep baru dan mempertajam keterampilan berpikir. Teka-teki membantu siswa mengembangkan keterampilan dan konsep baru dan memperkuat yang sudah ada dalam berbagai bidang kurikulum. Anda juga dapat menelusuri berbagai situs Internet untuk menemukan permainan yang merangsang pembelajaran dan kesenangan.

Manfaat Teka-Teki (Puzzle)

Teka-teki adalah cara yang bagus untuk mempromosikan pemikiran kritis dan membantu mengembangkan keterampilan penting untuk anak kecil. Misalnya, mereka mendorong koordinasi tangan-mata, hubungan spasial, dan keterampilan motorik kasar. Di kelas, teka-teki juga bisa menjadi cara terbaik untuk membuat anak-anak tetap fokus dan tenang. Anak-anak juga dapat mengambil manfaat dari teka-teki selama istirahat di dalam ruangan. Teka-teki adalah cara yang bagus untuk melibatkan anak-anak dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk seluruh kelas.

Jenis Teka-Teki (Puzzle)

Ada banyak jenis teka-teki. Teka-teki kenop dan pasak sangat ideal untuk anak kecil yang mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, sedangkan teka-teki kayu bagus untuk anak-anak dari segala usia. Untuk anak yang lebih besar, Anda dapat memilih model puzzle atau puzzle lantai besar. Ingatlah bahwa sebagian besar teka-teki memiliki rentang usia yang sesuai, jadi pastikan untuk menggunakan teka-teki yang sesuai untuk kelas Anda. Pastikan untuk memutar teka-teki secara berkala sehingga anak-anak memiliki kesempatan untuk menemukan yang tepat untuk mereka.

Credit: cdn-educators.brainpop.com

Permainan Papan (Board Game)

Salah satu manfaat bermain board game di dalam kelas adalah adanya kesempatan bagi siswa untuk saling berinteraksi secara tatap muka. Ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang baik, berlatih bergiliran, dan mengikuti aturan. Mereka juga belajar bersaing dan bekerja sama dengan orang lain. Anak-anak dapat melatih kesabaran dan sportivitas dengan bekerja sama untuk menang. Permainan ini menyenangkan dan menarik, dan banyak anak senang memainkannya, yang membantu harga diri mereka dan meningkatkan kinerja mereka secara keseluruhan.

Baca juga: Manfaat playground untuk anak

Credit: hips.hearstapps.com

Perburuan Pemulung (Scavenger hunts)

Anda dapat menerapkan perburuan di kelas dengan banyak cara, termasuk sebagai cara untuk meninjau materi. Perburuan pemulung atau Scavenger hunts adalah permainan sederhana dimana siswa melakukan pencarian untuk menemukan barang atau benda tertentu. Tujuannya adalah untuk menemukan item sebanyak mungkin dalam waktu yang terbatas. Ketika siswa menyelesaikan tugas, mereka dapat memperoleh hadiah dan penghargaan.

Manfaat Berburu Pemulung Untuk Anak (Scavenger hunts)

Selain melibatkan indra, main permainan perburuan dapat membuat seluruh kelas atau kelompok bergerak, termasuk para guru. Beberapa perburuan dapat melibatkan aktivitas fisik sederhana, seperti melompati batu atau melihat binatang liar. Anda bahkan dapat mengadakan kompetisi persahabatan di antara para siswa dengan memberikan hadiah kepada orang pertama yang menyelesaikan semua tugas. Perburuan bisa dilakukan di lingkungan sekolah atau di lingkungan sekitar.

Anda dapat menyesuaikan Scavenger hunts agar sesuai dengan minat anak Anda. Misalnya, perburuan harta karun bisa berkisar pada bajak laut. Pencinta matematika dapat memecahkan masalah angka untuk mendapatkan petunjuk berikutnya. Anda bahkan dapat membuat perburuan terpisah untuk beberapa anak, tergantung pada kemampuan mereka. Pada akhirnya, permainan adalah cara yang menyenangkan dan mendidik untuk melibatkan siswa Anda dalam belajar.

Credit: miro.medium.com

Perkalian Tic-Tac-Toe

Game ini dirancang untuk membantu siswa mempraktikkan fakta perkalian mereka. Papan permainan membutuhkan garis angka dan penanda bingo. Di setiap putaran, pemain menempatkan penghitung pada dua nomor yang berbeda. Pemain yang membuat tiga berturut-turut menang. Papan adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan dan memperkuat konsep matematika

Credit: m.media-amazon.com

Permainan Dadu

Permainan dadu adalah cara yang menyenangkan untuk memperkuat kemampuan anak seputar angka. Permainan ini dapat dimainkan sendiri atau berpasangan, dan siswa dapat memilih untuk berlatih berhitung dengan menggandakan atau membagi dua angka. Permainan ini juga meningkatkan kerjasama antar siswa. Dadu memiliki bobot yang berbeda, jadi sebaiknya pilih beberapa dadu yang dapat dengan mudah dibawa-bawa. Dadu juga dapat dilempar untuk menentukan bilangan positif atau negatif.

Dadu juga cocok untuk mengajarkan nilai tempat. Siswa akan bersenang-senang memainkan permainan ini secara berpasangan dan kemudian bergiliran melempar dadu untuk menghasilkan angka sebanyak mungkin. Kemudian, mereka akan membandingkan kedua angka tersebut dan menuliskannya menggunakan simbol perbandingan. Tim terbaik akan menang! Anda akan segera menemukan bahwa permainan dadu tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga kegiatan pendidikan untuk kelas. Itulah beberapa permainan yang dapat dimainkan di sekolah, jika sekolah Anda memiliki lahan atau kelas besar dapat juga memanfaatkan lahan tersebut untuk membuat playground anak di Sekolah. 

Project Outdoor – British School Jakarta Di Tangerang

Permainan Playground

Playground atau area bermain adalah tempat yang dirancang untuk menyediakan lingkungan bagi anak-anak yang memfasilitasi bermain. Umumnya setiap sekolah memiliki taman, namun tidak semua memiliki playground indoor maupun outdoor. Padahal jika taman bermain sekolah menyediakan playground akan sangat baik untuk lingkungannya, dan dapat merangsang anak-anak untuk menggunakan energi kreatif mereka dalam interaksi yang sehat satu sama lain. Sekolah yang paling mempesona selalu memiliki taman bermain dan playground yang besar dan terbuka dengan peralatan bermain yang menarik yang menyisakan banyak pilihan untuk kreativitas. 

Playground indoor

Playground memiliki dua jenis, yaitu playground indoor dan playground outdoor. Playground indoor merupakan playground permainan anak yang berada di dalam ruangan, jenis permainan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan playground outdoor. Playground indoor dapat Anda temukan di beberapa tempat wisata dan pusat perbelanjaan, biasanya jika Anda ingin bermain bersama anak akan dikenakan biaya sesuai dengan waktu dan jenis permainan yang dimainkan. 

Playground outdoor

Berbeda dengan playground outdoor, biasa di tempat di luar ruangan dengan fasilitas seperti perosotan, ayunan, tangga, rumah-rumahan, dan sebagainya. Playground outdoor dapat kamu temukan di sekolah, taman kota, hotel, sebagai fasilitas taman di villa maupun tempat lainnya. 

Happy Play Menyediakan Playground

Tertarik memiliki playground? Happy Play Indonesia jawabannya. Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya. 

Baca juga: Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO – Happy Play Indonesia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top