logo happy play indonesia

Perbedaan Taman Bermain Komersial dan Perumahan

perbedaan taman bermain

Anda mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara peralatan taman bermain perumahan dan Komersial. Di sini kita akan membahas perbedaan antara kedua jenis ini dan membahas beberapa manfaat dan keterbatasannya. 

Taman bermain dapat ditemukan diberbagai tempat, seperti di pusat kota, sekolah, mall, maupun pusat perbelanjaan lainnya bahkan di rumah sakit juga ada playground indoor. Pernahkah Anda memperhatikan perbedaan taman bermain yang dibuat secara komersial dengan taman bermain perumahan. Anda mungkin bertanya-tanya apa saja perbedaan dari kedua jenis taman tersebut. Dalam artikel ini kami akan membahas perbedaan antara keduanya dan membahas beberapa manfaat serta keterbatasannya.

Peralatan taman bermain komersial tersedia dalam berbagai macam ukuran dan gaya, dan juga bisa dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan bahkan tersedia aksesibilitas kursi roda.

Taman bermain komersial bisa lebih banyak menampung orang dibandingkan dengan taman bermain perumahan, sehingga Anda bisa mengatur peralatan secara mudah untuk mengakomodasi semua kelompok usia dan kemampuan masing-masing. Perbedaan yang paling jelas terlihat dari taman bermain komersial dan taman bermain residensial adalah harga dan daya tahan material yang digunakan saat membuatnya.

Peralatan Bermain komersial vs Peralatan Playground Perumahan

  • Rancangan dan Desain

Perbedaan taman bermain perumahan dan komersial terletak pada desainnya. Pada taman bermain perumahan akan terpasang satu struktur besar di tengah area taman, sementara dengan taman bermain komersial mencakup beberapa struktur kecil namun terletak menyeluruh pada taman. 

Taman bermain besar dapat dibagi-bagi sesuai area, terpisah dengan bangku, meja, tempat sampah dan fasilitas lainnya. Adanya taman bermain anak sangat perlu dipertimbangkan untuk kebutuhan masyarakat. Untuk itu perlu dikonsultasikan dengan distributor playground agar membantu anda dalam memilih material playground terbaik.

  • Daya Tahan

Material yang digunakan untuk taman bermain perumahan memiliki lebih sedikit pilihan dibandingkan dengan taman bermain komersial. Biasanya taman bermain komersial dibangun untuk bertahan lama beberapa generasi. Ini memiliki arti bahwa material yang digunakan untuk playground komersial adalah yang kuat dan tahan lama. Jika Anda memiliki taman luar ruangan yang cukup besar dan ingin memasang playground di dalamnya gunakanlah material yang lebih tahan lama seperti kayu atau logam. Bahan kayu mungkin memang lebih fleksibel dibandingkan dengan playground berbahan logam tetapi penting juga memilih bahan yang kuat, tahan terhadap berat serta aman untuk anak-anak.

  • Kustomisasi

Taman bermain komersial bisa disesuaikan untuk berbagai kebutuhan khususnya untuk penyandang disabilitas. Tak hanya itu saja, playground komersial juga bisa menampung lebih dari satu orang saat digunakan. Dengan arti anak-anak yang bermain dalam playground bisa didampingi oleh orang tua sekalipun dan bisa dimainkan segala umur.

Selain hal kustomisasi taman bermain komersial juga memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan taman bermain residensial. Bahkan playground komersial memiliki peraturan keselamatan khusus agar semua aman dan nyaman. Soal biaya pembuatan playground komersial bisa saja lebih besar daripada tempat tinggal karena memang ukuran yang bisa dibuat menyesuaikan keperluan.

  • Bahan-Bahan yang Digunakan

Bahan yang dipakai untuk membangun taman bermain perumahan biasanya jauh lebih tipis daripada yang dipakai untuk taman bermain komersial. Untuk playground residential, plastik tipis yang dibentuk dengan roto mungkin menjadi pilihan terbaik karena lebih murah dan tidak mudah berkarat. Bahan ini juga lebih kokoh dan tahan lama dibandingkan plastik berdinding tipis serta lebih mudah dirawat daripada plastik berdinding tebal.

Sedangkan playground komersial menggunakan bahan-bahan dengan material kuat dan tahan lama. Seperti plastik biasanya menggunakan tipe plastik ldpe yang tahan terhadap berat, anti pecah dan anti uv. Kelebihan ini membuatnya mampu bertahan lama apalagi dengan anti uv nya yang membuat warnanya tidak akan mudah pudar.

climbing-wall-images

Panjat Dinding

Panjat dinding selain menyenangkan juga sangat melatih fisik anak. Peralatan panjat tebing memberikan manfaat bagi tumbuh kembang anak. Dengan bermain di playground khususnya memainkan panjat dinding bisa membantu anak mengembangkan kepercayaan diri serta keberanian untuk menaklukan tantangan. Permainan panjat dinding juga melatih ketangkasan serta kekuatan tubuh bagian atas. 

Memanjat dinding adalah cara terbaik untuk mendorong anak-anak dalam meningkatkan keterampilan motorik mereka dan membangun keterampilan sosial. 

Perbedaan yang paling mencolok antara panjat dinding perumahan dan komersial adalah dalam hal kostumisasi. Panjat dinding perumahan seringkali tidak cukup untuk mengakomodasi anak-anak dengan kemampuan berbeda, sementara panjat dinding komersial lebih bisa disesuaikan untuk banyak orang. Bahkan aman untuk orang tua pendamping anak-anak.

Bahan yang digunakan pun bervariasi, mulai dari yang tipis sampai yang tebal. Playground komersial sudah pasti menggunakan material plastik yang lebih tebal yang tahan lama dan tahan cuaca serta bisa menampung banyak anak secara bersamaan.

Selain panjat dinding taman bermain juga terdapat permainan lainnya seperti monkey bar, jembatan, terowongan, perosotan, mandi bola dan lainnya.

Baca juga: Jenis Permainan Playground

Persyaratan Ruang

Memilih jenis permainan playground yang tepat memerlukan perencanaan yang matang. Lahan harus rata, bebas puing dan bebas dari bahaya lainnya. Material yang digunakan untuk membangun playground biasanya terbuat dari logam, komponen plastik dan kayu. Namun semua tergantung pada kebutuhan Anda, semua bisa menyesuaikan menyesuaikan lahan atau ruang yang dimiliki. 

Taman bermain atau playground yang ingin dibangun dengan baik memerlukan area yang luas dan tidak boleh dibangun di atas permukaan yang miring. Jika hal ini terjadi bisa menambah waktu serta biaya yang diperlukan untuk memasang semua playground. 

Konsultasikan semuanya kepada supplier playground yang memiliki pengalaman mumpuni seperti Happy Play Indonesia..

Baca juga: Tips Perawatan Playground

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top