logo happy play indonesia

5 Tips Perawatan Playground Mudah di Rumah

Perawatan Playground

Saat bermain di luar rumah, tidak menutup kemungkinan kuman dan kotoran menempel di tubuh mereka. Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik, maka bisa saja membahayakan kesehatan dan keaktifan anak. Solusi terbaik memiliki playground sendiri di rumah. Tentunya meski telah memiliki playground di rumah, kebersihan dan perawatan playground indoor atau playground harus dilakukan secara rutin, berikut 5 tips pemeliharaan playground mudah di rumah.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Segera Ajak Anak Anda Main di  Playground

Tips Merawat Playground

Menjaga lingkungan bermain yang bersih sangat penting untuk kesehatan dan keselamatan bermain anak-anak. Tempat bermain dan peralatan harus diperiksa untuk mengetahui bahaya kesehatan dan keselamatan anak saat bermain playground, misalnya periksa dengan hati-hati apakah ada sampah, pecahan kaca, dan barang-barang berbahaya lainnya. 

Credit: pbs.twimg.com

1. Sapu dan Bersihkan Playground

Merawat playground menjadi hal yang terpenting, karena anak belum tau apa yang harus Ia lakukan sepenuhnya. Untuk menjaga keaktifan anak dan kesehatan anak saat bermain, membersihkan playground penting dilakukan. Cara merawat playground mudah dilakukan di rumah. Langkah pertama yaitu menyapu dan membersihkan playground dari segala kotoran. Misalnya playground outdoor yang diletakkan di luar rumah, terpapar panas matahari, terpapar hujan dan bisa saja hewan mengotori playground tersebut. Maka dari itu tahap pertama merawat playground adalah dengan menyapu playground terlebih dahulu. 

Credit:cdn.thewirecutter.com

2. Siram dan Sikat Dengan Air Mengalir

Jika playground sudah bersih dan sudah disapu, selanjutnya dilakukan dengan menyiram playground tadi dengan air mengalir sambil disikat untuk menghilangkan debu yang menempel di playground. Dilanjut dengan memberikan sabun sambil disikat playgroundnya agar wangi dan bersih dari debu. 

Credit: www.babycenter.com

3. Bilas Dengan Air Mengalir

Setelah diberi sabun dan sikat playground secara merata, langkah selanjutnya yaitu membilas buih-buih sabun agar tidak licin dan lebih bersih, tunggu beberapa saat sampai agak kering. 

Baca juga: Aturan Bermain di Playground, Pahami Sebelum Ajak Anak Main

Credit: disk.mediaindonesia.com

4. Semprot Desinfektan

Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus dan bakteri, Anda bisa menyemprotkan cairan desinfektan ke seluruh ruangan dan setiap sudut playground. Cairan yang disemprotkan adalah campuran antara virkon dan air dengan metode pengembunan. Senyawa ini diklaim mampu membunuh bakteri dan virus seperti virus corona. 

Credit: api.army.mil

5. Evaluasi dan Lakukan Pemeriksaan Rutin

Tahap terakhir yaitu melakukan evaluasi dan pemeriksaan rutin. Playground indoor maupun playground outdoor harus diperiksa secara teratur, dicek apakah ada bagian atau permainan yang rusak atau tua agar segera dibersihkan dan diperbaiki tepat waktu. 

Jika Anda mampu dan sering mempraktekkan cara diatas, maka secara perlahan Anda memperpanjang umur playset Anda agar tetap terawat dan tetap aman untuk anak.  Anda juga bisa menggunakan jasa maintenance playground indoor atau playground dari Happy Play Indonesia, untuk informasi lebih lanjut langsung hubungi tim Happy Play Indonesia. Baca artikel lainnya untuk mendapatkan update dan informasi menarik lainnya dari Happy Play Indonesia.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top