logo happy play indonesia

Tips Merawat Rubber Flooring Agar Berumur Panjang

Tips Merawat Rubber Flooring Agar Berumur Panjang

Semua benda, baik hidup maupun mati, akan rusak pada waktunya, seperti rubber flooring. Meski begitu, kita perlu merawat rubber flooring agar berumur panjang dan dapat bermanfaat bagi semuanya.

Cara merawat rubber flooring terbaik adalah, dengan membersihkannya setiap hari dan lakukan pembersihan besar secara berkala. Sayangnya, banyak dari kita yang belum mengetahui cara membersihkan rubber flooring yang benar sehingga bisa membuat lantai karet menjadi tahan lama.

Kebanyakan adalah melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan yang membuatnya cepat rusak seperti menyikat rubber floor dengan keras, menggunakan bahan kimia lain untuk membersihkan, atau dibiarkan kena genangan air secara lama. 

Ikutilah tips merawat rubber flooring di bawah ini agar lantai Anda awet dan berumur panjang. 

Cara Membersihkan Rubber Flooring
Rubber flooring membuat anak nyaman bermain seharian di playground

Cara Membersihkan Rubber Flooring

Tips Merawat Rubber Flooring Agar Berumur Panjang Bersihkan dengan Vacuum atau Sapu
Sumber: freepik.com

1. Bersihkan dengan Vacuum atau Sapu

Tips merawat rubber flooring yang pertama mungkin akan terdengar klise, tetapi jika ingin membersihkan rubber floor indoor playground Anda harus lakukan dengan cara membantu menjaganya dalam kondisi terbaik, membersihkan lantai dengan vacum atau sapu sampai bersih. 

Sapulah lantai atau menggunakan penyedot debu agar semua kotoran dan debu kasar atau debu halus hilang, termasuk sisa pasir. Debu dan kotoran yang ada di rubber floor mengkhawatirkan sekali jika tidak dibersihkan.

Itu akan menyebabkan debu naik ke saluran pernapasan bagian atas dan ke paru-paru bagian dalam dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit pernapasan, iritasi mata, telinga, hidung dan tenggorokan serta alergi kulit.

2. Bersihkan dengan Air dan Sabun

Terkadang menyapu saja tidak cukup untuk membersihkan rubber floor. Untuk menjaga rubber flooring tetap bersih dan bebas noda, cara merawat rubber flooring agar berumur panjang bisa Anda lakukan dengan menghilangkan noda secara menyeluruh dan menyiramkan air serta sabun ke atas rubber floor, dengan catatan tidak dibiarkan menggenang di air dalam keadaan lama.  

Tips Merawat Rubber Flooring Agar Berumur Panjang Pastikan Untuk Mengepel Seluruh Area
Sumber: freepik.com

3. Pastikan Untuk Mengepel Seluruh Area

Cara membersihkan rubber flooring setelah menyiram rubber floor dengan air dan sabun, selanjutnya adalah Anda perlu mengepel seluruh area bermain, gunakanlah produk aman bagi rubber floor.

Hindarilah pembersih multi-permukaan, pemutih, deterjen, atau produk pembersih yang sangat abrasif seperti pelarut organik, produk pembersih berbasis amonia, atau alkohol untuk memindahkan lantai karet atau rubber floor karena dapat merusaknya dengan cepat.

4. Tunggu Sampai Kering

Setelah memindahkan lantai, lantai pasti basah dan basah. Untuk merawat lantai keramik basah, siapkan kipas angin dan handuk kering untuk mengeringkan lantai yang sebelumnya dipindahkan. Cara membersihkan lantai karet agar awet.

Lantai rumah yang bersih dan terawat tidak hanya membuat rumah semakin indah, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan penghuninya. Lantai rumah yang basah dapat menimbulkan penyakit karena tumbuhnya berbagai jamur dan bakteri.

Perawatan Berkala Rubber Flooring

Merawat rubber flooring dan playground anak sangat diperlukan untuk keamanan dan kenyamanan anak bermain, untuk itu Anda pemilik rubber flooring dan playground baik kebutuhan pribadi atau secara komersial harus melakukan perawatan, misalnya mengikuti program maintenance rubber floor dan playground. 

Ada beberapa kondisi sebagai tanda saatnya Anda perlu melakukan perawatan maintenance, seperti warna rubber floor sudah pudar, tidak seperti sediakala warnanya, ada juga yang mengalami kerusakan pada rubber seperti robek, atau bopeng tekstur rubbernya, itulah beberapa tanda lantai karet Anda harus segera maintenance. 

Baca Juga: Inilah Tanda Playground Harus Maintenance, Segera Perbaiki!

Hal yang harus dihindari agar rubber flooring awet
Sumber: freepik.com

Hal yang Harus Dihindari 

Dalam kebanyakan kasus, cara perawatan di atas akan cukup untuk memastikan lantai Anda mempertahankan penampilan terbaiknya berumur panjang. Namun tidak boleh terlewat, ada beberapa hal yang harus dihindari, diantaranya. 

1. Jangan menggosok rubber floor terlalu kuat dan agresif,

2. Menggunakan pembersih berbasis pelarut yang dapat merusak struktur lantai

3. Menggunakan pel yang rontok, hingga meninggalkan serat pel di lantai

4. Merendam rubber flooring di air atau larutan pembersih dalam waktu yang lama

5. Menggunakan vakum dengan kekuatan yang kuat yang dapat menyebabkan kerusakan pada rubber flooring.  

6. Membiarkan lantai kotor dan basah dalam waktu lama, dan tidak segera membersihkannya. 

7. Menaruh barang berat dan kasar di atas permukaan rubber floor. 

Itulah beberapa hal yang harus dihindari, dan tips merawat rubber flooring agar berumur panjang, sampai anak-anak merasakan manfaat rubber floor peninggalan Anda. Apakah artikel di atas membantu Anda tahu tentang rubber floor? Jika belum, baca lebih lengkap artikel lain tentang rubber flooring dan manfaatnya di kehidupan Anda hanya di Happy Play Indonesia. 

Baca juga: 

Apa Itu Rubber Flooring?

Program Maintenance Playground Happy Play Indonesia

Bagikan Artikel Ini: