8 Prinsip Keamanan yang Wajib Dipenuhi Mainan Anak PAUD

mainan anak paud

Memilihkan mainan anak PAUD yang tepat sangat penting supaya anak-anak aman bermain dengan mainan tersebut. Jenis permainan dan mainan untuk anak-anak di usia PAUD ini sangat beragam.

Mulai dari mainan kecil-kecil yang bisa dimainkan secara tunggal hingga area playground.

Bagi Anda yang ingin menyediakan area playground di PAUD, maka bisa menghubungi Happy Play Indonesia. Melalui jasa kami Anda bisa memperoleh mainan dari material berkualitas dan terjamin keamanannya.

Namun, sebelum mengenal lebih jauh playground yang kami sediakan. Kenali dulu prinsip aman dari mainan untuk anak-anak di usia PAUD seperti apa. Supaya ke depannya tidak salah dalam menentukan mainan yang disediakan.

Prinsip Mainan Anak Paud yang Aman

Memperhatikan keamanan mainan yang digunakan anak-anak PAUD sangat penting, terlebih untuk area playground. Terdapat beberapa prinsip keamanan mainan yang sebaiknya dipenuhi, diantaranya adalah:

1. Terbuat dari Material yang Tidak Berbahaya

Prinsip pertama yang sebaiknya dipenuhi oleh mainan anak PAUD adalah materialnya dijamin aman. Material yang bisa digunakan untuk membuat mainan anak-anak sangat banyak.

Jika asal dalam memilih maka bisa jadi material tersebut jauh dari kata aman.

Misalnya saja mengandung zat berbahaya yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anak-anak yang bermain dengan mainan tersebut.

Jadi, pastikan mainan yang dipesan atau yang dibeli sudah terbuat dari material pilihan yang keamanannya terjamin.

Pilih produsen terpercaya seperti Happy Play Indonesia untuk menyediakan mainan yang dijamin aman. Kami hanya menggunakan bahan pilihan yang tidak hanya berkualitas namun juga tidak berbahaya.

Sehingga mainan yang kami produksi dijamin aman dimainkan oleh anak-anak.

2. Desain yang Aman bagi Anak-Anak

Keamanan dari mainan untuk anak-anak juga ditentukan dari desain mainan itu sendiri. Semakin kesini desain dari mainan untuk anak-anak memang semakin beragam dan atraktif.

Namun sebaiknya tidak hanya memilih berdasarkan desain yang keren dan disukai anak.

Akan tetapi juga memperhatikan keamanan mainan tersebut, mulai dari bahan sampai desain. Apalagi untuk mainan di area playground yang tentu membuat anak bermain dengan mainan berukuran besar.

Jadi pastikan tidak ada bagian dari mainan yang tajam sehingga berpotensi menggores dan melukai anak saat memakainya bermain.

Cek secara detail bentuk dari mainan yang akan dibeli atau dipesan, pastikan bebas dari unsur berbahaya. Jika sudah yakin maka bisa menjadikannya sebagai pilihan.

Namun jika butuh jaminan desain mainan yang aman, maka pesan saja di Happy Play Indonesia. Kami selalu menawarkan desain mainan menarik yang dijamin aman untuk dimainkan anak-anak.

3. Mudah untuk Digunakan

Anak-anak PAUD dijamin menyukai kehadiran playground yang bisa membuatnya bermain sampai puas. Sebab ada banyak permainan di playground tersebut dan area bermainnya juga luas.

Hanya saja penting untuk memilih mainan anak PAUD yang memang memenuhi prinsip keamanan.

Salah satunya memastikan jika mainan playground yang dipesan mudah untuk digunakan. Jika desain mainan terbilang sulit bisa jadi anak malah salah saat memainkannya sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sangat berbahaya bukan? Maka jangan sembarangan memesan playground karena bisa jadi desainnya terlalu rumit dan berbahaya.

Pilih produsen playground berpengalaman seperti Happy Play Indonesia agar desain mainan yang dibuat dijamin mudah untuk dimainkan anak-anak di usia PAUD.

4. Mainan Sebaiknya Berukuran Besar

Mainan yang ditujukan untuk anak-anak PAUD dianjurkan memiliki ukuran yang besar. Tidak hanya untuk playground namun juga untuk jenis mainan lainnya.

Sebab anak-anak di usia ini masih sering menelan benda kecil yang berhasil digenggamnya.

Jadi, jika menyediakan mainan yang ukurannya kecil dikhawatirkan malah tertelan dan membahayakan keselamatan anak tersebut.

Pastikan untuk memperhatikan ukuran mainannya, karena semakin besar semakin aman dan pastikan kokoh supaya tidak mudah roboh dan melukai anak-anak.

5. Dilengkapi Pelindung

Pemilihan mainan anak PAUD yang aman juga tidak bisa dilepaskan dari adanya pelindung pada mainan tersebut.

Sebagai contoh adalah mainan playground yang sebaiknya dilindungi matras di bagian bawah. Sehingga bisa meminimalkan benturan ketika anak berlari atau bahkan terpeleset.

Selain itu area playground ini sebaiknya juga dilengkapi pagar pembatas yang memiliki satu maupun dua pintu masuk dan keluar.

Pagar ini untuk mencegah anak menggeser mainan di dalam playground dan menjadi pengunci agar tetap di posisi aslinya.

Semakin banyak material atau bagian pelindung di mainan tersebut maka semakin baik. Dianjurkan pula untuk memesan pelindung secara khusus pada jasa pembuatnya, untuk memastikan pelindung ini tersedia.

6. Awet dan Tidak Mudah Rusak

Keamanan mainan anak-anak juga dipengaruhi oleh tingkat daya tahan atau keawetan mainan tersebut. Jika mainan ini rentan retak dan mengalami kerusakan lainnya.

Maka bisa menjadi penyebab anak-anak terluka, misalnya tergores oleh retakan dari mainan yang dipakai.

Maka pastikan kualitas material dari mainan yang dibeli memang bagus. Silahkan mencari tahu material apa saja yang memang punya daya tahan bagus, supaya menjadi bahan ideal untuk menjadi mainan anak-anak usia PAUD.

7. Menghasilkan Kegiatan Positif

Mainan yang aman juga sebaiknya memenuhi prinsip mampu memberi efek merangsang keinginan anak untuk melakukan kegiatan positif.

Sehingga saat bermain dengan mainan tersebut anak-anak tidak memiliki keinginan lain selain bermain dan belajar hal-hal bermanfaat.

Jadi, hindari desain mainan yang menyeramkan sehingga membuat anak takut dan bahkan mengalami mimpi buruk. Selain itu perlu menghindari gambar atau bentuk mainan yang menyerupai karakter jahat.

Kecuali jika anak tersebut sudah paham bagaimana bersikap saat mendapati karakter tersebut punya watak tidak baik.

Dibanding harus menebak-nebak bagaimana reaksi anak, maka sebaiknya mengutamakan mainan anak PAUD yang memang membentuk keinginan anak  berperilaku positif.

8. Terlihat Menarik

Mainan yang ditujukan untuk anak-anak PAUD sebaiknya juga memiliki desain yang menarik. Sehingga meningkatkan minat anak untuk memainkannya, bukan malah takut atau khawatir.

Jadi, pastikan memilih mainan yang memang dari segi desain bisa merangsang keinginan anak untuk bermain.

Pastikan untuk memesan desain mainan tersebut supaya bisa sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan.

Agar hasilnya maksimal Anda sebaiknya memesan mainannya ke Happy Play Indonesia yang sudah berpengalaman. Kami akan memastikan desain mainan aman, nyaman, dan tentunya menarik minat anak untuk bermain.

Pertimbangkan Playground dari Happy Play Indonesia

Playground perlu diakui menjadi mainan yang tepat untuk disediakan bagi anak-anak PAUD.

Sebab menyediakan area yang luas dan khusus hanya untuk bermain anak-anak. Jenis mainan di dalamnya juga beragam, dan dijamin anak-anak menyukainya.

Pesan Mainan Anak Paud Yang Aman Hanya di Happy Play Indonesia

Supaya playground yang dipesan ini memenuhi semua prinsip keamanan yang sudah dijelaskan di atas. Maka Anda bisa memesan ke Happy Play Indonesia sebab sudah berpengalaman.

Anda pun bisa  berkonsultasi dulu tanpa biaya untuk bisa mendapatkan rekomendasi playground terbaik.

Sehingga Anda tidak akan keliru dalam memesan playground tersebut, selain itu untuk model atau desain juga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Bahkan juga bisa disesuaikan dengan anggaran namun tetap mendapat jaminan memperoleh mainan anak PAUD yang berkualitas.

Jadi silahkan hubungi kami Happy Play Indonesia untuk memperoleh playground yang sesuai harapan. Call, sms atau WA 0821 6881 6868

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami