logo happy play indonesia

6 Manfaat Taman Bermain di Pantai, Perlu diperhitungkan

6 Manfaat Taman Bermain di Pantai, Perlu diperhitungkan

Jika Anda pernah mengunjungi pantai, Anda pasti melihat pesona keindahannya dan menikmati taman bermain di pantai. Kini banyak ditemukan taman bermain di pantai, hal ini bertujuan menjadi daya tarik pengunjung sekaligus memberikan ruang bermain bagi anak-anak di sekitar pantai. 

Dengan pasirnya yang hangat dan ombaknya yang lembut, pantai-pantai memiliki suasana menenangkan yang tiada duanya. Tidak ada tempat yang lebih baik untuk melepaskan stres sehari-hari selain di pantai sambil menemani anak bermain di playground pantai. M

ari kita lihat manfaat taman bermain di pantai, yang perlu diperhitungkan. Baca selengkapnya. 

Baca Juga: Alasan Mengapa Anak Membutuhkan Taman Bermain? Ini Faktanya!

6 Manfaat Taman Bermain di Pantai, Perlu diperhitungkan
Project Outdoor Playground di Pulau Pramuka

Manfaat Playground di Pantai

Taman bermain di pantai memiliki banyak manfaat bagi pengunjung dan masyarakat. Memasang perangkat di dekat pantai meningkatkan pengalaman pantai dan menarik lebih banyak keluarga serta mendorong anak-anak untuk memperluas wawasan mereka, berikut beberapa manfaat playground di pantai. 

Outdoor Playground Happy Play Indonesia di Pulau Untung Jawa
Project Outdoor Playground di Pulau Untung Jaya

1. Menjadi Daya Tarik

Memasang playground di pantai membantu masyarakat pantai membedakan diri dari pantai lain. Ini dapat menarik lebih banyak keluarga, terutama mereka yang mencari tempat di mana anak-anak dapat tinggal dan memiliki lebih banyak hal untuk dilakukan di siang hari.

Ketika harga segala sesuatu mulai dari bahan bakar hingga bahan makanan naik, keluarga menjadi lebih sadar anggaran dan mencari cara untuk menghemat biaya liburan. Mengunjungi pantai dan taman dengan taman bermain adalah cara terbaik bagi keluarga untuk bersenang-senang tanpa mengeluarkan uang.

Alih-alih menghabiskan uang untuk permainan arcade atau toko papan jalan, keluarga hemat dengan anak-anak dapat memanfaatkan taman bermain gratis. Keluarga yang ingin menghabiskan sedikit lebih sedikit untuk liburan mungkin tertarik untuk menambahkan taman bermain pantai dan memilih lokasi Anda daripada yang lain.

2. Membuat Anak Aktif

Olahraga sangat bermanfaat bagi anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak berusia antara 6 dan 17 tahun harus melakukan latihan aerobik selama 60 menit setidaknya tiga kali seminggu, dan taman bermain adalah tempat yang tepat untuk melakukannya selama waktu ini.

Ketika anak-anak memiliki taman bermain untuk dijelajahi, mereka dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental mereka. Menjadi aktif melawan gejala depresi dan meningkatkan tingkat energi, menghasilkan anak-anak yang kurang pemarah dan orang tua yang lebih bahagia.

3. Menjadi Alternatif Permainan Anak yang Belum Siap Bermain Air

Pantai dengan taman bermain sangat cocok untuk anak-anak yang belum siap bermain dan berenang di laut. Sayangnya akan sangat mengecewakan bagi anak-anak yang belum bisa berenang, mereka akan bingung dan merasa bosan. 

Berbeda jika ada taman bermain di pantai, pasti suasana akan lebih hidup dan menyenangkan bagi anak-anak yang belum bisa berenang di pantai, dan membantu menjadikan perjalanan pantai lebih inklusif dan menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Orang tua dan wali juga dapat menggunakan taman bermain untuk mengenalkan anak-anak ke pantai dengan kegiatan yang akrab, itulah manfaat playground di pantai bagi anak dan orang tua. 

Alternatif anak yang belum siap main air
Sumber: freepik.com

4. Meningkatkan Waktu di Bawah Sinar Matahari

Kondisi pegunungan dan pantai sangatlah berbeda, di pegunungan Anda akan dikelilingi dengan tumbuhan dan tanaman yang rindang, sedangkan di pantai jarang sekali tanaman yang rindang karena kebanyakan ada pohon kelapa, sehingga iklimnya jauh lebih panas dari pada pegunungan. 

Anda yang bermain di pantai dan playground di sekitarnya disarankan main di pagi hari. Karena pagi hari adalah waktu terbaik untuk berjemur, saat itu matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit dan diubah menjadi vitamin D di dalam tubuh untuk memediasi metabolisme kalsium, daya tahan tubuh serta kerja otot dan saraf. 

5. Menjadi Tempat Pendidikan Pantai dan Air

Anda mungkin sering mendengar istilah belajar dari mana saja atau belajar dari pengalaman. Saat Anda mengajak si kecil bermain di pantai, itu akan menjadi pengalaman bagi anak, di saat itu Anda juga bisa menjadikan pengalaman itu sebagai pembelajaran atau pendidikan pantai dan air bagi si kecil. 

Misalnya dengan menceritakan kehidupan apa saja yang ada di pantai, ceritakan ada hewan apa saja di air pantai, Anda juga bisa mendidik anak tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain di pantai, salah satunya tidak boleh berenang sendirian atau mendekati air pantai tanpa orang tua. 

Jika ada taman bermain di pantai, bisa jadi itu menambah poin plus bagi Anda untuk bermain dan memberikan pendidikan tentang pantai ke anak sambil duduk santai di playground. Sebagai orang tua dapat menggunakan taman bermain untuk mengajari anak mereka tentang pantai dan air sebelum anak dapat bermain lebih bebas.

Taman bermain di luar air memberi orang tua kesempatan untuk mengobrol dengan orang dewasa tentang ombak dan pentingnya berenang. Taman bermain pantai juga mendorong anak-anak untuk melatih keterampilan sosial dan berbagi, dua pelajaran yang sangat penting bagi siapa pun yang berbagi pantai.

6. Bermain Pasir Berdampak Positif
Sumber: freepik.com

6. Bermain Pasir Berdampak Positif

Berkunjung ke pantai memang paling asyik untuk bermain pasir. Pasir adalah salah satu daya tarik terbesar di dekat taman bermain pantai, dan bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, yaitu mampu mendorong permainan sensorik dan menginspirasi anak-anak untuk menggunakan indera taktil, vestibular dan proprioseptif. 

Tekstur pasir juga bisa merangsang imajinasi, strukturnya yang unik membantu anak-anak berpikir secara berbeda tentang dunia di sekitar mereka dan mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Menyekop dan menuangkan pasir membantu membangun otot dan koordinasi tangan-mata yang matang, dan masih banyak manfaat lainnya. 

Baca juga: 

Manfaat Playground untuk Berbagai Fasilitas

7 Permainan Pantai yang Seru dan Bermanfaat Bagi Anak

Bagikan Artikel Ini: