logo happy play indonesia

Alasan Mengapa Anak Membutuhkan Taman Bermain? Ini Faktanya!

Alasan Mengapa Anak Membutuhkan Taman Bermain Ini Faktanya!

Ada banyak fakta dan alasan mengapa anak membutuhkan taman bermain. Bermain di luar ruangan dapat membantu anak-anak tetap aktif secara fisik saat berinteraksi dengan teman sebaya. Membiarkan anak-anak bersenang-senang di taman bermain akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka serta meningkatkan harga diri dan keterampilan memecahkan masalah.

Apakah Anda ingat masa kecil Anda? Bagaimana Anda biasa pergi keluar dan menghabiskan hampir sepanjang hari di taman bermain? Itu adalah hal yang sama yang dirindukan anak-anak Anda. Keceriaan di wajah mereka setiap kali pergi keluar menunjukkan betapa anak-anak menikmati waktu bermain, bertemu teman-teman sebayanya, dan masih ada banyak alasan lain mengapa anak-anak membutuhkan taman bermain.

Taman bermain sangat penting bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan berpikir sosial, emosional, dan kreatif yang akan mereka butuhkan ketika mereka menjadi dewasa. Hal ini memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan dan anak-anak lain di komunitas mereka untuk bersenang-senang. Taman bermain memberi mereka kesempatan sempurna untuk mengeksplorasi berbagai ide, dan berkembang. Tahukah Anda makna dari bermain sebenarnya? Simak penjelasan selengkapnya. 

Alasan Mengapa Anak Membutuhkan Taman Bermain
Sumber: images.ctfassets.net

Memahami Arti Sebenarnya Dari Bermain

Kita hidup di zaman yang aneh di mana hampir semuanya serba digital. Kehidupan kita tidak dapat diprediksi, dan banyak keluarga di seluruh dunia menjalani “gaya hidup tanpa henti”. Anak-anak dikelilingi oleh banyak godaan technologi seperti game komputer, televisi, dan smartphone canggih telah menarik perhatian banyak anak, yang dapat dengan mudah memancing mereka menjauh dari permainan fisik. 

Sayangnya keadaan di atas, banyak disetujui oleh orang tua, dengan itu mereka tidak pernah repot-repot mengajak anak-anak bermain. Lebih parah lagi, faktanya para pengiklan semakin menjangkau anak-anak yang lebih muda dalam upaya meyakinkan mereka atau orang tua mereka untuk membeli lebih banyak gadget elektronik. Orang tua dan pengasuh semakin mengabaikan salah satu elemen paling penting dari perkembangan anak; yaitu bermain yang melibatkan anak secara fisik.

Jadi, apa itu permainan fisik, dan mengapa itu penting? Seorang pakar perkembangan anak mendefinisikan bermain sebagai “setiap aktivitas terorganisir atau spontan yang menawarkan kesenangan, hiburan, pengalihan, atau hiburan.” Sementara semua permainan berharga dalam kehidupan anak-anak, permainan bebas dan tidak terstruktur yang disaksikan di taman bermain adalah yang paling penting. 

Permainan fisik seperti itu memungkinkan anak-anak untuk belajar bagaimana menjadi mandiri dan membuat keputusan yang tepat yang dapat membantu mereka mencapai hasil yang diinginkan.  Anak yang baru pertama kali diajak bermain ke taman bermain seperti playground, mungkin akan menimbulkan sebuah diskusi sederhana seperti “Mama aku ingin menaiki perosotan itu, tapi bagaimana caranya? Itu terlalu tinggi” fasilitas bermain yang jarang Ia lihat bahkan belum pernah lihat sebelumnya membuat si anak tertarik sekaligus takut karena tingginya yang curam. Meski kelihatan menakutkan bagi anak, Anda perlu memperkenalkan permainan tersebut kepada anak secara perlahan agar Ia tahu dan belajar dasar-dasar dari banyaknya keterampilan penting yang akan mereka butuhkan di kemudian hari.

Mengapa Anak Membutuhkan Taman Bermain?

Sekarang setelah Anda memahami apa itu permainan fisik, mari kita bahas beberapa alasan penting mengapa anak-anak membutuhkan taman bermain. Ingatlah bahwa jika Anda tidak mengajak si kecil bermain, mereka memiliki gadget untuk menggantikan taman bermain. Namun, jika mereka mengalami keajaiban taman bermain setidaknya sekali, Anda akan menyaksikan perubahan luar biasa dalam kecintaan mereka pada taman bermain. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa anak-anak membutuhkan taman bermain:

Taman bermain bermanfaat fisik dan emosional
Sumber: news.sanfordhealth.org

1. Taman bermain menawarkan manfaat fisik dan emosional

Pernahkah Anda menanyakan kepada anak Anda, mereka suka melompat, memanjat, berlari, dan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan jawaban ini; “karena itu menyenangkan.” Bermain di luar ruangan itu menyenangkan, ia menawarkan lebih dari sekadar kesenangan. Bermain di luar ruangan diperlukan untuk perkembangan fisik si kecil. Ini membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan keterampilan motorik anak.

Alasan mengapa anak membutuhkan taman bermain adalah karena mereka membutuhkan ruang bermain agar mereka tetap aktif secara fisik dan membuat mereka lebih percaya diri. Menghabiskan waktu di taman bermain membantu anak  belajar bagaimana mempercayai naluri mereka dan mengendalikan gerakan mereka. 

Taman bermain juga menawarkan berbagai manfaat emosional. Bermain gratis di taman bermain membantu anak-anak mengembangkan rasa percaya diri. Mereka membentuk persahabatan dengan rekan-rekan mereka yang membantu mereka belajar bagaimana menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Misalnya, ketika anak-anak menghadapi rintangan di taman bermain, mereka mungkin takut untuk menghadapinya terlebih dahulu. Namun, ketika mereka melihat anak-anak lain menghadapinya, mereka juga mendapatkan kepercayaan diri untuk melakukannya. Melalui tindakan seperti itu, anak-anak belajar bahwa mereka dapat menangani situasi apapun dalam hidup jika mereka cukup berani.

Baca juga: Manfaat Taman Bermain Bagi Anak, Perlu Diperhitungkan

2. Mempertajam persepsi

Tahukah Anda bahwa anak-anak cenderung mengembangkan perilaku berdasarkan indera? Mereka menemukan lingkungan mereka dan bagaimana menavigasi melalui permainan. Alasan anak membutuhkan taman bermain adalah karena taman bermain kaya akan kemampuan sensorik yang memungkinkan semua kemampuan anak untuk terintegrasi, bermain bersama, dan mengembangkan persepsi.

Biasanya, semakin banyak anak bermain, semakin mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk mengubah, terlibat, dan berdampak pada dunia di sekitar mereka.Jadi, dorong anak-anak Anda dengan kegiatan bermain yang tepat untuk mempertajam persepsi mereka tentang dunia.

3. Meningkatkan kesehatan mental yang positif

Sama seperti hidup yang membawa banyak emosi bagi Anda, bermain juga melakukan hal yang sama untuk anak-anak,  anak membutuhkan taman bermain untuk berinteraksi dengan anak-anak lain dan menghadapi banyak tantangan.

Bermain di playground dapat mengaktifkan bagian-bagian dari sistem saraf pusat yang mengatur emosi. Ini membantu anak-anak mengelola perasaan dan emosi mereka dengan lebih baik.

Taman bermain dapat membantu anak-anak mengelola emosi positif dan negatif mereka. Taman bermain adalah tempat yang menyenangkan bagi anak-anak Anda. Berlari, berayun, meluncur, berteriak sekuat tenaga, memutar, dan memanjat merangsang pemikiran mereka yang mengarah pada kesehatan mental yang positif.

Selama berada di taman bermain, anak-anak merasakan banyak hal yang memungkinkan mereka untuk belajar, mengontrol, dan mengatur emosi baik positif maupun negatif. Ini penting untuk perkembangan kesehatan emosional jangka panjang mereka.

Baca juga: Cara Paling Ampuh Latih Imajinasi dan Kreativitas Anak

4. Taman bermain menawarkan hiburan di luar layar yang sempurna

Kini banyak anak-anak yang lebih mahir menggunakan teknologi smartphone dibanding orang tuanya, misalnya Anda membeli ponsel cerdas baru, dan Anda masih tidak tahu cara menggunakannya, tetapi anak Anda segera mengakses App Store, mengunduh beberapa game, dan langsung memainkannya.

Dalam waktu singkat, anak itu kecanduan smartphone, dan Anda bahkan tidak bisa mengambilnya darinya. Tidak ada keraguan bahwa anak-anak modern melek teknologi dan selalu ingin menghabiskan waktu di depan layar.

Namun, Anda harus selalu ingat bahwa aplikasi dan video game tidak akan mengajari anak Anda segala hal yang perlu mereka ketahui. Untuk mencegah anak-anak Anda kecanduan teknologi, Anda harus secara teratur membawa mereka ke taman bermain di luar ruangan.

Perlu diingat bahwa teknologi tidak serta merta membuat si kecil lebih pintar. Dia membutuhkan pengalaman dunia nyata untuk melengkapi pengetahuan digital. Jadi, mengajak anak Anda bermain di taman bermain memberinya kesempatan sempurna untuk mengalami sesuatu yang baru dan melupakan video game.

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Segera Ajak Anak Anda Main di Playground

Taman bermain dapat membangun harga diri dan menumbuhkan pemikiran kreatif
Sumber: t3.ftcdn.net

5. Membangun harga diri dan menumbuhkan pemikiran kreatif

Kehadiran taman bermain dibutuhkan oleh anak-anak untuk membantu mereka mengembangkan rasa bangga, prestasi, dan harga diri. Keyakinan tidak datang dari prestasi kelas saja. Itu juga berasal dari pencapaian kecil yang dibuat di taman bermain selama waktu bermain.

Prestasi taman bermain berkisar dari memenangkan kompetisi hingga menyelesaikan konflik yang mungkin timbul selama waktu bermain. Selama peralatan bermain aman dan bebas risiko, anak-anak didorong untuk mengambil risiko dan menggunakan keterampilan imajinatif/kreatif mereka.

Seiring waktu, mereka belajar bagaimana mulai berpikir di luar kotak, yang merupakan aset penting di dunia modern. Ketika anak-anak merasa diberdayakan untuk melakukan apa pun yang mereka bayangkan, itu mendorong mereka untuk mengembangkan situasi rumit di mana kreativitas mendorong mereka untuk meningkatkan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis mereka.

6. Taman bermain membuat orang tua juga bahagia

Tulisan di atas banyak membahas tentang bagaimana taman bermain bermanfaat bagi anak-anak kecil. Tetapi, pada akhirnya anak-anak yang bahagia membuat orang tua bahagia. Jika Anda melihat anak-anak Anda bersenang-senang, menikmati diri mereka sendiri, dan mendapatkan manfaat perkembangan, itu sangat berharga.

Bertemu dengan orang tua dan pengasuh lain di taman bermain bisa menjadi bonus sosial yang signifikan karena ada banyak hal yang bisa dibagikan saat Anda melihat anak-anak bermain dan bersenang-senang bersama. Anda mengenal satu sama lain dan bahkan membentuk hubungan keluarga yang langgeng.

Taman bermain membuat anak bahagia dan bonding dengan orang tua
Sumber: cloud.jpnn.com

Taman bermain membuat anak bahagia dan bonding dengan orang tua

Taman bermain memungkinkan orang tua dan pengasuh untuk bertemu orang baru dan berinteraksi dengan mereka sambil mengawasi dan bonding antara orang tua dengan anak. Taman bermain memainkan peran integral dalam perkembangan anak-anak Anda. 

Dengan mengajak mereka keluar dan mendorong mereka untuk terlibat dalam permainan fisik, Anda membantu mereka mempelajari keterampilan penting yang akan mereka butuhkan sebagai orang dewasa.

Anda mengajari mereka cara berpikir kritis, mengembangkan hubungan dengan orang lain, mengembangkan keterampilan kepemimpinan, memahami norma masyarakat, memecahkan masalah, dan menghargai tantangan. 

Dengan kata sederhana, Anda membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab yang Anda harapkan. Selain itu, bermain di luar jauh lebih menyenangkan, dan setiap anak berhak mendapatkannya. Jadi, jika Anda belum mulai mengajak anak bermain di luar, Anda harus mulai melakukannya sesegera mungkin. Rasakan manfaat lain dari bermain, terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Bagikan Artikel Ini: