logo happy play indonesia

10 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Anak Aman Main Playground

Hal yang harus diperhatikan agar anak aman main di playground

Ada hal yang harus Anda perhatikan agar anak aman main di playground. Keamanan bermain merupakan tanggung jawab bersama, termasuk di dalamnya orang tua anak dan manajemen yang melakukan perawatan taman bagi anak.

Cara Aman Anak Bermain Playground

Anak-anak sangat menyukai bermain, mereka akan melakukan banyak aktivitas secara fisik saat bermain, berlarian kesana-kemari, mencoba wahana satu ke wahana permainan lainnya. Asiknya saat bermain jangan sampai membuat Anda lupa dengan beberapa hal di bawah untuk keamanan anak bermain di playground, simak selengkapnya. 

Baca juga: Banyak Manfaatnya, Segera Ajak Anak Anda Main di Playground

Aturan aman bermain playground
Sumber: reddeeradvocate.com

1. Mematuhi peraturan bermain playground

Bermain di suatu tempat apalagi tempat tersebut terbuka untuk umum, pasti akan memiliki peraturan secara tertulis, dan akan ditempel di sekitar area bermain anak. 

Peraturan bermain playground perlu menjadi perhatian kita bersama agar anak-anak dapat bermain secara nyaman dan aman, baik untuk anak kita maupun untuk orang lain yang ada di sekitar taman bermain. 

Baca juga: Aturan Bermain di Playground, Pahami Sebelum Ajak Anak Main

2. Sadar usia

Mengenal usia juga tak kalah penting, beberapa taman bermain playground memiliki kriteria khusus berdasarkan usia si kecil. Setiap anak memiliki kemampuan dan keseimbangan tubuh yang berbeda, maka dari itu sebelum bermain alangkah baiknya mengecek kembali taman bermain tersebut, apakah cocok untuk anak usia 2 hingga 5 tahun, atau khusus anak di bawah 2 tahun.

Sembarangan membawa anak bermain di playground tanpa mengecek kembali syarat bermain, akan membahayakan anak, cidera kecil maupun berat dapat menimpa si kecil, misalnya tertabrak saat bermain dengan anak yang lebih besar dari usianya. 

Perhatikan anak tetap dalam pengawasan
Sumber: www.catawbaparenting.com

3. Perhatikan anak tetap dalam pengawasan

Emosional dan keseimbangan pada anak-anak sebenarnya belum sepenuhnya bekerja secara maksimal, terkadang untuk berdiri saja mereka perlu berusaha lebih dan agak sulit untuk berbagai, perlu diberikan pengertian oleh orangtuanya. Karena orang tua punya peran penting dalam membentuk karakter, pemahaman anak dan keamanan anak bermain sejak dini.  

4. Jangan ajak anak bermain, jika sedang sakit

Mengajak anak yang sakit  dan memaksakan kondisi anak untuk bermain di playground bukan keputusan yang tepat. Karena anak yang sedang sakit memerlukan istirahat dan nutrisi yang cukup, untuk kembali memulihkan kondisinya menjadi sehat seperti sediakala. Jika anak Anda sakit, ajaklah si kecil beristirahat di rumah agar tidak menularkan virus penyakit kepada anak-anak dan orang lain di sekitarnya. 

Cuci tangan sebelum dan sesudah main playground
Sumber: res.cloudinary.com

5. Cuci tangan sebelum dan sesudah main playground

Ada hal lainnya yang perlu diperhatikan orang tua dan anak-anak sebelum bermain playground, yaitu dengan membiasakan kegiatan mencuci tangan sebelum dan sesudah main di playground

Bermain dan beraktivitas di luar ruangan memang menyenangkan, tapi di luar ruangan resiko terpapar kuman jauh lebih besar, karena banyak orang yang bersentuhan, memegang barang atau alat-alat yang sudah terpapar udara, debu dan sebagainya.

Kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah bermain merupakan sikap yang bijak, sikap dimana ia belajar menyayangi dirinya dengan kebersihan dan peduli dengan orang lain di sekitarnya agar tidak berdampak pada kesehatan.

6. Perhatikan barang bawaan Anda

Bermain di playground memang seru, namun Anda juga perlu memperhatikan barang bawaan Anda agar main di playground tetap aman, meminimalisir tindak kejahatan di tengah kita lengah. Simpanlah barang bawaan Anda di tempat yang aman, seperti loker yang terkunci atau bisa juga untuk selalu bawa barang bawaan kemana saja agar tetap aman main playground. 

Baca juga: 5 Barang yang Harus Dibawa Saat Main di Playground

cara aman ajak anak main gunakan pakaian simpel
Sumber: www.uniqlo.com

7. Gunakan pakaian simpel

Jenis pakaian yang dipakai mendukung kenyamanan anak saat bermain termasuk orang tua yang mengawasi anak bermain di playground. Gunakanlah pakaian sederhana yang dapat memberikan kenyamanan, dimana anak-anak dapat dengan mudah bergerak kesana kemari dengan pakaian yang menyerap keringat. 

8. Main permainan yang sesuai

Hal yang harus diperhatikan agar anak aman saat bermain di playground adalah dengan mempertimbangkan usia dengan permainan yang ada. Memang playground diperuntukkan untuk anak-anak, namun tidak semuanya permainan cocok dengan usia anak. 

Misalnya seperti rope playground, dimana playground tersebut didesain untuk anak-anak yang cukup dewasa, yang punya kemampuan keseimbangan yang baik, mereka akan bermain dengan tali-tali kuat, menginjakkan kaki di tali dan menaikinya satu-persatu. Untuk itu ajaklah anak main permainan sesuai usianya. 

Indoor playground
Dok. Happy Play Indonesia – Indoor playground

9. Tema dan gaya Playground

Tema dan gaya playground merupakan gambaran dari isi wahana playground. Sebuah taman bermain akan memiliki daya tarik kuat jika punya tema yang unik sesuai yang disukai anak dan didukung dewan cahaya ruangan dan warna dari playground itu sendiri.

Tema dan gaya playground juga mendukung agar anak dapat bermain dengan nyaman dan aman tanpa perlu ketakutan dengan tema atau warna permainan, karena telah didukung oleh warna-warna cerah agar anak bahagia. 

10. Keamanan taman bermain

Tidak kalah pentingnya, mengecek keamanan taman bermain merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar anak aman bermain playground. Keamanan taman bermain dapat dilihat secara langsung, bagaimana kondisi taman bermain tersebut, apakah rusak, kotor atau berkarat. 

Apabila kondisi playground di taman bermain tidak layak, tidak disarankan bagi Anda dan anak Anda bermain di sana, karena selain kotor juga berbahaya bagi anak, kondisi bangunan yang kokoh atau tidaknya kita tidak tahu. Maka dari itu periksa kembali keamanan taman bermain. 

Keamanan dan kenyamanan anak bermain merupakan tugas kita bersama untuk menyediakannya. Dengan menyediakan taman playground, anak dapat secara bebas mengeksplorasi imajinasi dan kreativitasnya saat bermain, sehingga anak mendapatkan manfaat bermain secara maksimal, merasakan senang dan bahagia saat bermain playground.  

Baca juga:   

Manfaat Playground Untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

Pentingnya Kebahagiaan untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO

Kemudahan Bisnis Playground, Tidak Ada Matinya

Bagikan Artikel Ini: