logo happy play indonesia

5 Macam Outdoor Playground Anak dan Manfaatnya

5 Macam Outdoor Playground Anak dan Manfaatnya

Waktu bermain anak-anak di outdoor playground sangat penting dan bermanfaat untuk keterampilan sosial, fisik, dan kognitif mereka – terutama dalam perkembangan awal mereka. Mereka membutuhkan waktu yang berkembang di luar layar dan ke alam terbuka. 

Outdoor Playground 

Anak-anak tidak hanya mengalami dunia mereka dalam perspektif baru, tetapi mereka juga mengekstrapolasi informasi yang berharga lewat bermain di luar ruangan seperti di outdoor playground.

Outdoor playground merupakan tempat sarana bermain anak yang berada di luar ruangan seperti fasilitas playground untuk taman, playground untuk klinik rumah sakit, playground untuk fasilitas hotel dan masih banyak lainnya.

Anak-anak yang main di outdoor playground dapat dengan mudah mengexplore keadaan sekitar mereka. Tak banyak orang tahu bahwa ada beberapa macam outdoor playground, simak selengkapnya. 

Macam Outdoor Playground

macam playground Futuristic playground happy Play
Sumber: images.thefirstnews.com

1. Futuristic playground

Pernahkah Anda mendengar tentang taman bermain baru yang terbaru dan paling menarik? Satu pandangan akan cukup bagi anak-anak sebuah taman bermain yang modern dan unik mengalihkan pandangan, itulah taman bermain futuristik atau playground futuristic

Pertama di dunia, ada taman bermain anak-anak futuristik yang menggunakan ganggang sebagai pemurni udara. Di sana anak-anak bisa bermain sambil belajar sains, ini merupakan salah satu cara agar anak terhindar dari udara tercemar saat bermain di luar ruangan. 

macam playground Trampoline happy play indonesia
Sumber: i2-prod.getsurrey.co.uk

2. Trampoline

Siapa yang tidak suka bersenang-senang? Dari waktu ke waktu, semua perlu istirahat dari jadwal sibuk kita yang biasa dan pergi piknik atau jalan-jalan bersama keluarga dan teman hanya untuk bersenang-senang dan bersantai. 

Meskipun pantai, pertanian, dan taman adalah tempat piknik yang populer, banyak orang mencari tempat yang berbeda setiap kali mereka merencanakan hari bersama keluarga atau teman. Jika Anda adalah orang seperti itu, pertimbangkan untuk mengunjungi taman trampolin.

Outdoor playground trampoline dapat digunakan untuk semua umur bukan hanya anak kecil saja. Permainan ini sangat menyenangkan, dan bermanfaat bagi kesehatan seperti latihan kardio. Karena saat Anda melompat di atas trampolin, setiap otot tubuh Anda terlibat dalam aktivitas tersebut dan otomatis akan membantu membakar kalori di tubuh. 

Baca juga: Manfaat Bermain Trampolin untuk Anak Ternyata Banyak dan Seru

Macam jenis playground ada climbing series
Sumber: www.crushpixel.com

3. Climbing series

Climbing merupakan istilah bahasa Inggris yang berarti pendakian atau panjat. Jenis outdoor playground seperti climbing ini punya banyak manfaat bagi kesehatan anak-anak. Climbing serius secara tidak langsung akan mendorong anak-anak berolahraga, karena dibantu dengan kekuatan otot tangan dan kekuatan otot kaki, mereka secara perlahan akan menaiki grip hingga ke puncak. 

Macam playground Physical games
Dok. Happy Play Indonesia – Playground

4. Physical games

Outdoor playground tipe physical games ini sebenarnya sudah ada di sekitar kita, hanya saja penamaan istilahnya berbeda. Physical games merupakan bagian dari outdoor playground yang melibatkan banyak aktivitas secara fisik seperti ayunan, perosotan dan sebagainya. Outdoor playground tipe physical games ini punya banyak manfaat bagi perkembangan dan tumbuh kembang anak. 

Baca juga: Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak dan Macam Permainan

Macam playground waterplayground di air
Dok. Happy Play Indonesia

5. Water playground

Berbeda dengan outdoor playground lainnya yang ada di darat, water playground ini ada di air seperti namanya water yang berarti air. Water playground merupakan media bermain anak yang ada di water park, atau kolam renang. 

Playground ini biasanya dirancang khusus menggunakan perangkat dengan slide, game panjat tebing, dll.  Water playground bermanfaat untuk membantu anak dalam bersosialisasi, mengembangkan otak kanan  anak, mengajar anak lebih aktif dan mencintai panggung keluarga sejak kecil.

Bermain playground membuat anak bahagia
Sumber: sheknows.com

Bermain Playground Buat Anak Bahagia

Di atas adalah macam-macam outdoor playground yang dapat Anda coba bersama orang tercinta. Bermain di playground punya banyak manfaat, ada sebuah laporan mengatakan bahwa bermain dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan emosional anak-anak. Bermain membantu meningkatkan perkembangan bahasa anak-anak, pemecahan masalah, manajemen risiko dan keterampilan belajar mandiri.

Bagi anak-anak yang cukup merasakan dan menikmati waktu bermain dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak-anak, serta kesejahteraan emosional mereka dan masih banyak manfaat lain yang akan didapatkan anak. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga:

Pentingnya Kebahagiaan untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Manfaat Playground untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

Jasa Pembuatan Playground Indoor Bergaransi dan Bersertifikat

Bagikan Artikel Ini: