logo happy play indonesia

Membuat Playground Agar Menyenangkan Untuk Semua

Cara Agar Playground Menyenangkan

Anak kecil senang berjalan melintasi jembatan taman bermain. Taman bermain adalah sarana penting untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial, emosional, kognitif, dan fisik. Bermain aktif di luar ruangan juga merupakan cara yang bagus untuk membantu anak-anak memasukkan olahraga ke dalam kehidupan sehari-hari mereka dan mendapatkan manfaat fisik, mental, dan emosional dari menghabiskan waktu di luar ruangan. Mengingat semua ini, taman bermain juga harus menghibur sehingga anak-anak ingin terus datang kembali untuk mengembangkan keterampilan dan menciptakan kenangan baru.

Peralatan bermain yang menyenangkan dan kesempatan bermain playground membantu anak dalam mengembangkan imajinasinya. Anak-anak di lingkungan Anda kemungkinan besar dari berbagai usia dan memiliki berbagai kemampuan dan minat. Saat membuat taman bermain, Anda dapat membuat ruang yang bisa dinikmati semua anak dari berbagai kalangan dan usia.

Playground menyenangkan anak
Playground Happy Play Indonesia – Project Arandra Residence

Bangun Dengan Permainan Dasar

Baik Anda ingin memperbarui taman bermain komunitas Anda yang ada atau membuat ruang bermain luar ruang yang serba baru, Anda dapat mengambil beberapa langkah inovatif untuk membantu semua anak bersenang-senang sambil merasakan manfaat sosial, kognitif, dan perkembangan dari taman bermain.

1. Perosotan

Perosotan taman bermain komersial dan ruang publik tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran dan sangat bagus untuk memperkenalkan anak-anak pada berbagai kegembiraan. Seluncuran memberikan insentif kepada anak-anak untuk mendaki ke ketinggian baru — jika mereka berhasil mencapai puncak, mereka akan bersenang-senang dalam perjalanan turun kembali. Mereka juga membantu perkembangan fisik dan emosional, karena keseimbangan yang dibutuhkan untuk meluncur ke bawah membangun keterampilan motorik kasar dan upaya memanjat slide memberikan tantangan aktif.

2. Ayunan

Ayunan di taman bermain membantu anak-anak mengembangkan rasa keseimbangan independen saat mereka memegang dan memompa kaki mereka untuk bergerak sendiri di udara. Anak-anak dapat melatih keterampilan motorik halus dan meningkatkan kekuatan cengkeraman mereka sambil juga terlibat dalam koordinasi seluruh tubuh dan belajar tentang sebab-akibat melalui pengalaman berayun yang lebih tinggi atau lebih cepat tergantung pada gerakan mereka.

3. Monkey Bars

Monkey bar, juga dikenal sebagai jungle gym, terlihat seperti tangga horizontal yang terbuat dari batangan logam atau kayu. Struktur bentuk jeruji membuat tempat yang bagus untuk anak-anak untuk menggantung dan bermain. Monkey bar biasanya dikaitkan dengan taman bermain umum yang ditemukan di taman. Tempat lain yang berguna adalah bar monyet termasuk sekolah, gereja, tempat penitipan anak, dan bisnis yang memiliki area bermain untuk anak-anak.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Playground meningkatkan kreativitas anak
Credit: humancities.eu

Memancing Kreativitas 

Peralatan bermain klasik menyenangkan, dan Anda dapat membuatnya lebih menarik dengan menambahkan elemen lain ke area bermain Anda. Berpikirlah di luar kebiasaan saat menambahkan struktur dan aktivitas permainan lain untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif anak-anak. Beberapa peralatan bermain unik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan imajinasi anak-anak di taman bermain apapun meliputi:

1. Panel Aktivitas

Anak-anak dapat bersenang-senang dan belajar bersama dengan berbagai panel aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan sosial. Berbagai tema dan tantangan mengundang anak-anak untuk bekerja sama memecahkan masalah dan belajar tentang dunia di sekitar mereka, terlibat dalam mata pelajaran seperti matematika, sains, dan musik. Ketika anak-anak ingin beristirahat dari aktivitas fisik, panel adalah cara yang bagus untuk mendorong permainan yang santai namun merangsang.

2. Elemen Permainan Pahat (Sculpted play elements)

Elemen permainan pahatan tangan meningkatkan imajinasi anak-anak dengan membiarkan mereka memanjat binatang berwarna cerah, serangga, formasi batuan, dan patung-patung lainnya. Pendaki yang berdiri sendiri menawarkan eksplorasi tanpa batas untuk anak-anak, yang dapat membayangkan petualangan dan permainan make up sambil berinteraksi dengan hewan yang menyenangkan.

Seluruh struktur permainan juga dapat mendorong permainan kreatif, karena setiap anak akan mendekati mereka dengan ide yang berbeda. Membangun taman bermain dengan kombinasi perosotan, ayunan, tangga, dan elemen lain yang penuh warna dan menantang memberi anak-anak kanvas yang menarik untuk diisi dengan pendekatan imajinatif mereka sendiri untuk bermain.

Playground Disabilitas
Credit: media.istockphoto.com

Prioritaskan Aksesibilitas

Bermain harus dapat diakses dan menyenangkan untuk semua anak tanpa terkecuali. Peralatan taman bermain harus disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak penyandang disabilitas dan inklusif sehingga setiap orang dapat merasakan manfaat dari permainan yang aktif, sosial, dan imajinatif. Karena taman bermain mendorong sosialisasi serta perkembangan fisik dan kognitif, sangat penting bagi komunitas untuk membuat semua taman bermain inklusif.

Indonesia telah mengatur dan menjamin kelangsungan hidup setiap warga negara, termasuk para penyandang disabilitas yang mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak asasi manusia yang sama sebagai Warga Negara Indonesia dan telah diatur dalam UU. No. 8 Th. 2016. 

Undang-undang tadi dibuat sebagai pedoman untuk memastikan semua taman bermain dapat diakses oleh anak-anak yang menggunakan kursi roda atau perangkat mobilitas lainnya. Anda tidak hanya harus mengikuti undang-undang aksesibilitas tetapi juga melampauinya agar taman bermain Anda menjadi fitur yang inklusif bagi komunitas Anda. Anda pasti ingin memastikan taman bermain Anda memiliki fitur yang ramah dan menarik untuk anak-anak dengan gangguan spektrum seperti autisme atau gangguan pendengaran atau penglihatan.

Bisa dimainkan Semua Umur

Bermain penting untuk perkembangan anak di semua tahap. Anak-anak mendapat manfaat dari keseimbangan optimal antara kenyamanan dan tantangan. Mereka harus memiliki akses ke peralatan dan permainan yang mereka kenal dan dapat dengan mudah digunakan, sementara juga memiliki akses sesekali ke stimulasi baru dalam bentuk tantangan mental dan fisik yang sesuai seiring bertambahnya usia. Bermain menjadi lebih kompleks seiring pertumbuhan anak, dan taman bermain harus menyediakan berbagai level permainan untuk memastikan semua anak dapat bersenang-senang sambil menemukan pengalaman belajar yang menarik.

Untuk mendorong permainan sesuai usia, pastikan taman bermain Anda memiliki elemen yang cukup untuk menghibur dan menantang berbagai kelompok usia. Beberapa struktur permainan mungkin terlalu tinggi atau maju untuk anak-anak yang lebih muda dan lebih kecil. Anak-anak biasanya mengembangkan keterampilan motorik penting di masa balita dan prasekolah mereka dan mungkin tidak memiliki kekuatan, fleksibilitas, dan keterampilan keseimbangan untuk menaklukkan peralatan yang lebih menantang sampai mereka lebih tua. Memberikan perlengkapan anak-anak yang lebih kecil yang mudah didaki dan tidak terlalu jauh dari tanah akan membantu mereka tetap aman sambil memberi mereka rintangan yang menghibur.

Anak-anak yang lebih besar, bagaimanapun, mungkin menginginkan lebih banyak tantangan fisik dan mental dari waktu bermain mereka. Untuk menyambut kelompok usia yang berbeda, Anda dapat memisahkan taman bermain Anda menjadi beberapa bagian. Perbedaan usia yang umum adalah peralatan bermain untuk anak-anak berusia 2-5 tahun dan komponen untuk anak-anak berusia 5-12 tahun.

Memberi label pada bagian ini dengan tanda dapat membantu anak-anak dan pengasuh mengklarifikasi apa yang paling menyenangkan bagi mereka. Menjaga bagian-bagian ini di area yang terpisah tetapi berdekatan juga dapat membantu pengasuh mengawasi beberapa anak dari tingkat usia yang berbeda.

Karena taman bermain juga merupakan sarana yang bagus untuk memfasilitasi permainan antara anak-anak dari berbagai usia, peralatan yang dirancang dengan mempertimbangkan kelompok usia tertentu harus tetap tersedia untuk digunakan semua anak. Sebagian besar anak-anak secara alami akan tertarik pada peralatan yang paling cocok untuk usia dan tingkat keterampilan mereka, tetapi, di bawah pengawasan orang dewasa, mereka juga akan merasa bebas untuk bermigrasi ke peralatan yang berbeda jika mereka siap menghadapi lebih banyak tantangan.

Tambahkan Area istirahat

Sementara istilah “taman bermain” menunjukkan tempat untuk bermain aktif, area ini harus menyambut banyak jenis rekreasi dan rekreasi untuk orang-orang dari segala usia. Orang tua, guru, dan pengasuh dewasa lainnya sering menghabiskan banyak waktu di taman bermain seperti halnya anak-anak, mengawasi aktivitas mereka. Terkadang, orang dewasa akan membantu membimbing anak-anak mereka melalui peralatan bermain, tetapi mereka biasanya berada di sela-sela, mengatur napas dari hari yang berpotensi sibuk.

Untuk membantu membuat orang dewasa yang mengawasi lebih nyaman di taman bermain Anda, tambahkan berbagai fasilitas situs. Bangku yang nyaman memungkinkan orang dewasa duduk dan beristirahat sambil bersosialisasi dengan pengasuh lainnya. Meja piknik sangat cocok untuk dimakan oleh orang dewasa dan anak-anak setelah seharian bermain.

Anak-anak juga akan mendapat manfaat dari tempat untuk menjauh dari keributan taman bermain. Jika mereka ingin membaca buku atau mewarnai proyek, mereka dapat melakukannya. Anak-anak yang lelah dapat bersantai selama beberapa menit, dan area tempat duduk juga mendorong pengasuh untuk mengingatkan anak-anak untuk minum air, mengoleskan tabir surya, dan beristirahat di sela-sela aktivitas berenergi tinggi.

Jika ruang memungkinkan, Anda dapat mengelompokkan beberapa bangku dan meja menjadi satu untuk membuat area istirahat yang ditentukan. Pastikan area ini berada di tempat teduh untuk menambah kenyamanan.

Buat Playground Menarik Bersama Happy Play Indonesia

Berpengalaman lebih dari 15 tahun dibidang permainan anak, Happy Play Indonesia telah membuat ribuan project playground hampir di seluruh Indonesia, dari sabang sampai merauke. Playground Happy Play Indonesia telah tersebar di berbagai daerah dari Banda aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi, Bali, Balikpapan, Sampit, Ketapang, Makassar sampai dengan Merauke Papua. 

Playground bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan menyenangkan bagi Anda. Ada berbagai macam ukuran, bentuk, warna, dan tentunya produk playground telah memenuhi standar SNI dan ISO 9001:2015 dan aman bagi anak, Anda juga bisa melakukan konsultasi bisnis dengan Happy Play Indonesia. 

Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, maintenance dan penjualan berbagai playground anak-anak khususnya untuk indoor playground, outdoor playground, inflatable castle (rumah balon), rumah pohon, soft playground, baby gym, rubber mats, EPDM mats, waterpark waterboom, trampoline park, wahana bermain anak, dan playground playgroup. Informasi lebih lengkap kunjungi website, terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

Program Maintenance Playground

Modal Bisnis Playground dan Keuntungannya Lengkap

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top