logo happy play indonesia

Pentingnya Taman Bermain di Perumahan Untuk Kenyamanan

Ada berbagai jenis tempat tinggal yang ditempati masyarakat di Indonesia, seperti rumah tapak, town house, cluster, rumah tinggal, apartemen, rumah susun, kontrakan dan perumahan lainnya. Namun sayangnya, belum banyak perumahan yang menyediakan taman bermain. Padahal taman bermain penting sekali untuk menambah kenyamanan warga sekitar, bisa menjadi sarana bagi anak bermain bersama teman-temannya dan masih banyak manfaat yang akan didapatkan. 

Taman bermain buat nyaman
Credit: www.eibe.net

1. Menjadi Area Bermain Anak-Anak

Taman bermain penting sekali keberadaannya untuk anak. Taman bermain bisa menjadi sarana bermain yang aman, ditambah dengan menghadirkan fasilitas playground di perumahan, akan menambah keseruan anak bermain. Karena, masa kanak-kanak adalah masa bermain, di masa ini anak membutuhkan banyak aktivitas fisik dan menyehatkan, hal ini juga dapat berpengaruh pada perkembangan kognitif dan sosial anak.

Taman bermain sarana bermain anak
Credit: stressfreekids.com

2. Menjadi Tempat Bersosialisasi

Taman bermain di perumahan bisa menjadi sarana dan tempat warga dan anak-anak di sekitar bertemu, bermain dan bersosialisasi. Bersosialisasi di lingkungan sekitar memiliki banyak manfaat, seperti meningkat rasa percaya diri. Saat kita bergaul dengan orang, disana kita dilatih untuk meningkatkan rasa percaya diri kita dalam berbicara atau mengungkapkan sesuatu. Anda dapat menunjukkan lebih banyak persepsi diri, bahkan pada tahap awal persahabatan yang dimulai dengan berkenalan. Anda bisa mengajak anak bermain di taman bermain untuk melatih kemampuan bersosialisasinya. 

Taman bermain menjadi sarana bersosialisasi
Credit: img.freepik.com

3. Memperindah Lanskap Perumahan

Taman bermain dapat meningkatkan kenyamanan dan memperindah lanskap perumahan lingkungan sekitar. Taman bermain menjadi elemen penghias alami yang memberikan kesegaran pada perumahan, maka dari itu taman bermain penting sebagai fasilitas di perumahan. 

Taman bermain memperindah lanskap perumahan
Credit: nt.global.ssl.fastly.net

4. Fungsi Ekologi

Ekologi merupakan ilmu pengetahuan tentang hubungan organisme atau makhluk hidup, dan bagaimana hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Sebagai makhluk hidup kita punya rantai ekosistem dan membutuhkan udara, air, termasuk pohon. Pohon dan tanaman membantu menyerap air dan karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan taman bermain di sekitar perumahan, tak lupa juga dengan adanya tanaman dan pohon dapat meredam kebisingan. Itulah mengapa taman bermain harus ada di taman bermain sekitar perumahan. 

Taman Serapan Air
Credit: cdn-cms.pgimgs.com

5. Sebagai Area Resapan Air

Taman bermain di sekitar lingkungan adalah bagian dari ruang terbuka hijau yang keberadaannya diharuskan oleh peraturan perundang-undanganan, serta berfungsi sebagai sarana pendukung utama terbentuknya keindahan dan kenyamanan tempat tinggal. Taman bermain di perumahan juga berfungsi berfungsi secara hidrologis sebagai sarana pengontrol air hujan dan ketersediaan air tanah. Dalam mengontrol air hujan, taman yang baik tidak hanya mampu mengurangi terjadinya air limpasan permukaan yang berasal dari dalam lingkungan. Dengan kondisi demikian, maka tanaman akan dapat tumbuh lebih baik dan tahan lebih lama dalam kondisi tanpa penyiraman air.

Itulah pentingnya fasilitas taman bermain di sekitar perumahan. Elemen taman bermain di sekitar perumahan bisa Anda pertimbangkan karena memiliki banyak manfaat dan menambah kenyamanan warga di sekitar lingkungan.

Baca juga:

Manfaat Taman Bermain Bagi Anak

Permainan Tradisional Indonesia dan Cara Mainnya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top