logo happy play indonesia

Manfaat Monkey Bars untuk Anak-Anak

Banyak dari kita memiliki kenangan masa kecil yang indah saat bermain monkey bar di playground, tetapi apakah bermain monkey bar hanya dapat kesenangan saja atau punya manfaat juga? Jawaban sederhananya adalah ya. Monkey bar secara positif punya banyak manfaat dan baik bagi perkembangan anak. Monkey bar memberikan latihan fisik yang sangat baik secara sosial dan emosional juga. 

Apa itu Monkey bars
Credit: superiorplay.com

Apa Itu Monkey Bars?

Monkey bar adalah salah satu bagian dari permainan di playground,  juga dikenal sebagai jungle gym, terlihat seperti tangga horizontal yang terbuat dari batangan logam atau kayu. Struktur bentuk jeruji membuat tempat yang bagus untuk anak-anak untuk menggantung dan bermain. 

Monkey bars seperti gym hutan, pertama ditemukan dan dipatenkan pada tahun 1920 oleh pengacara Chicago Sebastian Hinton. Hinton mendapat inspirasi dari struktur bambu yang bisa dipanjat yang dibangun ayahnya untuknya sebagai seorang anak yang tumbuh besar di Jepang. Niatnya dengan struktur itu adalah untuk menciptakan tempat di mana anak-anak bisa mengeksplorasi rasa ingin tahu mereka dan bergerak dalam ruang tiga dimensi.

Sejak awal, bar monyet semakin populer dan menjadi makanan pokok di taman bermain modern. Monkey bar biasanya dikaitkan dengan taman bermain umum yang ditemukan di taman. Tempat lain yang berguna adalah bar monyet termasuk sekolah, gereja, tempat penitipan anak, dan bisnis yang memiliki area bermain untuk anak-anak.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Manfaat Monkey Bars Panjat Monyet
Credit: cdn.shopify.com

Manfaat Monkey Bars Untuk Anak-Anak

Anak-anak selalu suka perjalanan, jadi penting untuk orang tua menemukan aktivitas yang membantu mereka melepaskan sebagian energi mereka sambil meningkatkan keterampilan mereka yang lain. Monkey bar bermanfaat bagi anak-anak secara fisik, sosial, dan emosional. Pertimbangkan manfaat berikut yang dapat diperoleh anak-anak dari menggunakan peralatan bermain ini:

1. Meningkatkan keterampilan sosial

Sifat peralatan bermain mendorong anak-anak untuk bermain bersama secara wajar. Misalnya, palang monyet atau monkey bar mendorong anak-anak untuk bergiliran karena tidak aman bagi banyak orang untuk berayun melintasi palang pada saat yang bersamaan. Jika ada antrian panjang untuk bar monyet, anak-anak belajar bahwa mereka harus mengakomodasi orang lain, bahkan jika mereka menginginkan hal yang sama. Seringkali, anak-anak akan mengingatkan satu sama lain tentang aturan, yang memungkinkan mereka belajar dari teman sebayanya.

Anak-anak belajar bersabar saat menunggu giliran di bar monyet. Kesabaran adalah keterampilan yang sulit untuk dikuasai oleh beberapa anak, jadi memiliki latihan ekstra saat mereka bermain bermanfaat. Anak-anak juga belajar ketidaksabaran adalah sifat yang tidak ditoleransi dengan baik. Misalnya, jika seorang anak menjadi memaksa karena mereka berada di belakang barisan untuk bar monyet, teman sebayanya mungkin tidak ingin berada di dekat mereka.

2. Membangun Rasa Percaya Diri

Monkey bar dapat membantu anak-anak membangun kepercayaan diri yang akan mereka bawa selama sisa hidup mereka. Bagaimana tepatnya bermain di monkey bar membangun kepercayaan diri anak? Bantuan bar monyet:

Bagaimana monkey bar membantu membangun kepercayaan diri? Bangun hubungan dengan teman sebaya: Beberapa anak merasa lebih sulit daripada yang lain untuk membentuk hubungan dengan teman sebayanya. Mungkin lebih mudah bagi anak-anak ini untuk mendekati orang lain ketika mereka dapat berbagi dalam aktivitas yang sama. Misalnya, jika seorang anak menyeberangi jeruji monyet, seorang anak yang pemalu mungkin merasa lebih nyaman berbicara dengan anak lain sambil menunggu giliran untuk menyalakan palang monyet. Anak-anak yang berada di bar monyet bersama-sama mungkin mendorong satu sama lain untuk menyeberang, atau mereka mungkin berbicara tentang pengalaman bersama secara umum.

3. Meregangkan Tubuh

Anak-anak tumbuh dengan cepat, dan dengan pertumbuhan yang cepat ini muncul rasa sakit yang tumbuh. Anak-anak mungkin dapat mengurangi rasa sakit yang tumbuh dengan melakukan peregangan, yang dapat mereka capai saat menggantung dari jeruji monyet. Peregangan juga memiliki manfaat lain:

-Melemaskan otot

-Mempertahankan rentang gerak

-Membantu mencegah masalah dengan keseimbangan

-Membantu mencegah cedera otot dan sendi

-Mendorong fleksibilitas

-Meningkatkan kinerja dalam olahraga

Jika tubuh anak rileks, mereka cenderung mengalami kondisi pikiran yang rileks. Juga, jika mereka merasa kuat dan fleksibel, ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam hal tubuh mereka.

4. Melawan Obesitas

Bermain di bar monyet atau monkey bays adalah kegiatan yang tersedia secara teratur untuk anak-anak, dan itu dianggap sebagai olahraga. Dengan kata lain, bar monyet mendorong anak-anak untuk berolahraga secara teratur, yang pada akhirnya membantu melawan obesitas pada masa kanak-kanak. Konsekuensi negatif dari obesitas termasuk risiko lebih tinggi untuk hipertensi, diabetes, stroke, penyakit jantung, masalah pernapasan, kanker, penyakit mental, nyeri kronis, penyakit kandung empedu, dan osteoartritis.

Berikut ini adalah manfaat lain dari aktivitas fisik secara teratur untuk anak-anak:

-Meningkatkan tidur

-Meningkatkan daya tahan

-Meningkatkan fleksibilitas

-Meningkatkan kekuatan

-Mengurangi resiko kelebihan berat badan

-Menurunkan risiko diabetes

-Meningkatkan kesehatan mental

5. Memperbaiki Postur

Bermain di monkey bar dapat meningkatkan postur tubuh anak karena meregangkan dan memperkuat tulang belakang. Postur tubuh yang baik penting untuk kesehatan fisik dan kepercayaan diri anak. Berikut ini adalah manfaat lain dari postur tubuh yang baik:

-Meredakan ketegangan otot

-Mengurangi kemungkinan sakit kepala, sakit leher dan sakit punggung

-Meningkatkan tingkat energi

-Meningkatkan kepercayaan diri

-Mengurangi resiko radang sendi

-Mengurangi risiko degenerasi sendi

-Meningkatkan kekuatan inti

6. Mendorong Kreativitas

Lanskap unik taman bermain mendorong anak-anak untuk membuat permainan imajinatif. Misalnya, anak-anak yang bermain di jeruji monyet mungkin berpura-pura berada di hutan dan jika mereka melewati jeruji monyet, mereka akan menemukan permata langka. Bermain imajinatif sangat bermanfaat bagi anak-anak dengan cara berikut:

-Meningkatkan keterampilan mendongeng

-Meningkatkan keterampilan sosial

-Meningkatkan empati terhadap orang lain

-Meningkatkan keterampilan bahasa

-Meningkatkan keterampilan memecahkan masalah

-Meningkatkan keterampilan pengaturan diri

7. Meredakan Stress

Stres adalah bagian dari kehidupan setiap orang. Bahkan anak-anak mengalami stres, baik stres yang berkaitan dengan hubungan, tugas sekolah, masalah kesehatan, atau masalah di rumah. Bermain di bar monyet mengurangi stres pada anak-anak karena menyenangkan dan menantang secara fisik.

Bersenang-senang sebagai seorang anak sering termasuk tertawa. Tertawa mengurangi stres mental, dan juga memiliki efek positif pada tubuh. Tertawa merangsang organ, dan organ yang berfungsi lebih baik berarti kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Tertawa juga menciptakan rasa rileks dengan memulai proses respons stres dan kemudian menghentikannya. Ini melemaskan otot-otot, yang mengarah ke perasaan santai secara keseluruhan. Tertawa juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit, dan memperbaiki suasana hati.

Aktivitas fisik mengurangi stres melalui beberapa cara yang berbeda. Misalnya, aktivitas fisik mengurangi stres dengan memperbaiki suasana hati, melepaskan endorfin, menciptakan efek meditasi, dan mengurangi efek negatif stres. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika bermain monkey bars. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

Banyak Manfaatnya, Segera Ajak Anak Main di Playground

Standar Keamanan Playground Untuk Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top