logo happy play indonesia

6 Mainan Untuk Membuat Playground Dirumah

mainan untuk membuat playground dirumah

Anak-anak sangat senang bermain apalagi kalau bermain keluar ruangan bersama teman-teman. Terkadang bermain membuatnya lupa waktu dan sulit untuk diajak pulang karena keasyikan bermain. Hal itu tentu membuat Anda sebagai orang tua cukup lelah untuk terus menjaganya bukan?

Untuk itu bila Anda memiliki ruangan kosong di rumah Anda bisa membuat ruangan tersebut menjadi ruang bermain ala playground. Itu bisa membuat anak Anda lebih betah untuk bermain dirumah.

Untuk membuat ruangan seperti playground sudah pasti membutuhkan beberapa mainan. Berikut mainan yang wajib kamu punya untuk membangun playground dirumah.

1. Matras Untuk Melindungi Anak Jatuh

Sebelum membeli dan memiliki semua mainan yang dibutuhkan untuk membuat playground dirumah, ada baiknya beli atau sediakan matras terlebih dahulu sebagai alas bermain.

Menggunakan matras bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan si kecil, karena matras berbahan empuk membuatnya nyaman dan aman ketika anak terjatuh. Matras menjadi salah satu pelengkap yang harus ada di lantai.

Namun jangan asal pilih matras, pilihlah matras dengan ketebalan yang aman dan memiliki fleksibilitas sesuai kebutuhan dan mudah dibersihkan. Jadi ketika anak bermain air misalnya akan mudah dibersihkan.

2. Mandi Bola

Mandi bola menjadi mainan wajib yang ada dalam playground, wahana satu ini menjadi area favorit anak-anak untuk bermain. Untuk itu, buatlah mandi bola dirumah, buat saja kolam renang plastik atau karet lalu isilah banyak bola plastik di dalamnya. 

Jika tidak memiliki kolam karet atau plastik Anda bisa menggunakan kardus besar sebagai alternatif kolam untuk bermain.

3. Ayunan

Mainan untuk membuat playground dirumah selanjutnya adalah ayunan. Ayunan menjadi salah satu wahana yang banyak dimainkan anak-anak.

Namun ayunan yang perlu digunakan tidak seperti ayunan yang ada di taman. Saat ini ayunan dalam ruangan sudah banyak dan mudah ditemui. 

Pilihlah ayunan yang aman, yang lengkap dengan safety belt dan tidak terlalu tinggi. Ayunan berbahan plastik yang aman tentu sangat cocok untuk balita. 

4. Perosotan

Mainan satu ini sudah seperti mainan wajib dalam taman bermain. Setiap taman bermain pasti memiliki perosotan di dalamnya, karena hampir semua anak pasti menuju dan ingin bermain perosotan. 

Saat ini perosotan sudah memiliki banyak sekali jenis dan macamnya, semua bisa disesuaikan tergantung kebutuhan. Ada juga perosotan yang khusus untuk dalam ruangan.

Jika ingin menggunakan perosotan dalam baiknya gunakan;ah perosotan yang terbuat dari bahan plastik. Selain itu jangan pilih ukuran yang terlalu besar dan tinggi untuk memanfaatkan ruangan. Anda bisa memilih warna yang cerah agar balita senang untuk bermain. 

5. Ring Basket

Pilihan mainan berikutnya yang baik untuk membuat playground dirumah adalah basket. Bermain ring basket menjadi pilihan dengan tujuan agar anak aktif bergerak. Belilah ring basket yang bisa disesuaikan tingginya untuk ukuran anak-anak. Ukuran bola pun belilah yang tidak terlalu besar agar anak-anak bisa memegang bola dengan baik.

6. Pasir Kinetik

Pasir kinetik juga menjadi mainan yang cukup digemari anak-anak. Bermain pasir kinetik bisa mengembangkan kreasi dan imajinasi anak karena bisa dibentuk apapun yang diinginkan.

Melihat kelebihannya ini jangan lupa untuk menyediakan tempat khusus untuk anak bermain pasir kinetik.

Saat ini untuk membeli nya juga sudah mudah, banyak sekali dijual dipasaran.

Itulah mainan untuk membuat playground dirumah yang menjadi favorit banyak anak-anak. Buatlah ruangan yang menyenangkan untuk anak bermain dan kalau mainan sudah lengkap anak Anda akan lebih betah dirumah.

Baca Juga:

Permainan Playground Mampu Melatih Motorik dan Sensorik Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top