logo happy play indonesia

Negara Terkecil di Asia Tenggara

Asia Tenggara merupakan bagian dari Benua Asia yang terkenal karena membentang alam pegunungan dan aliran sungainya. Secara geografis, wilayah Asia Tenggara diapit oleh dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Samudra Hindia berada di sebelah selatan dan barat. Sedangkan, Samudra Pasifik berada di sebelah timur dan terletak pada 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Ada 11 negara yang ada di Asia Tenggara, diantara sebelas negara tadi ada yang memiliki luas wilayah yang besar dan kecil. Berikut negara terkecil di Asia Tenggara.  

Singapura Negara Terkecil di Asia Tenggara
Credit: media.suara.com

1. Singapura

Singapura adalah salah satu negara kota di dunia, dan terletak di Asia Tenggara. Luasnya kira-kira 276 mil persegi. Wilayah Singapura memiliki daratan dan pulau-pulau lainnya. Pengukuran daratan kira-kira 17 mil dari utara ke selatan dan 31 mil dari timur ke barat, dengan 120 mil dari garis pantai. Selat Johor memisahkan negara dari Malaysia sedangkan Selat Singapura memisahkannya dari Indonesia. Pulau-pulau terluar terbesar di Singapura adalah Sentosa, Pulau Jurong, Pulau Ubin, dan Pulau Tekong. Singapura telah berhasil memperluas wilayahnya dengan melakukan reklamasi tanah menggunakan tanah yang diperoleh dari dasar laut, perbukitan, dan negara tetangga.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Bahrain negara terkecil di asia tenggara
Credit: www.nationsonline.org

2. Bahrain

Bahrain adalah salah satu negara pulau di Asia, dan terletak di Teluk Persia. Wilayahnya meliputi 295 mil persegi dengan populasi 1.425.171. Negara telah meluncurkan kegiatan reklamasi lahan ekstensif yang telah meningkatkan 33 pulaunya menjadi lebih dari 80 pulau dan kelompok pulau. Yang terbesar dari pulau-pulau ini adalah Umm an Nasan, Pulau Bahrain, Sitra, Pulau Muharraq, dan Kepulauan Hawar. Hampir 92% wilayah Bahrain adalah gurun dengan kekeringan musiman, dan penduduknya harus menghadapi badai debu yang terus-menerus.

Brunei Darussalam negara asia tenggara terkecil
Credit: asset.kompas.com

3. Brunei Darussalam

Brunei terletak di Asia Tenggara di mana berbatasan dengan Malaysia Timur dan Laut Cina Selatan. Luasnya 2.226 mil persegi menjadikannya negara terkecil ke-4 di Asia. Brunei diakui sebagai satu-satunya negara berdaulat yang terletak seluruhnya di pulau Kalimantan. Sisa wilayah Kalimantan dibagi antara Indonesia dan Malaysia. Populasinya kira-kira 423.196 orang, 66,3% di antaranya adalah Melayu Brunei sementara 11,2% adalah Cina. Brunei telah mengumpulkan kekayaan dari ladang gas dan minyak bumi yang luas, dan dianggap sebagai negara maju.

Baca juga: 10 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Timor Leste negara terkecil di asia tenggara
Credit: www.brasilmergulho.com

4. Timor Leste

Timor-Leste menempati urutan ke-9 sebagai negara Asia terkecil dengan luas 5743 mil persegi. Wilayahnya meliputi bagian timur pulau Timor, pulau-pulau terpencil Jaco dan Atauro, dan kantong Oecusse. Sejarah Timor Lorosa’e termasuk pendudukan Portugis dan Indonesia, dan memperoleh kedaulatan pada tahun 2002. Timor Lorosa’e bersama dengan Filipina adalah unik karena mayoritas Kristen di Asia Tenggara.

Kamboja negara asia tenggara terkecil
Credit: images.bisnis-cdn.com

5. Kamboja

Negara terkecil di Asia Tenggara selanjutnya adalah Kamboja. Kamboja memiliki luas wilayah 181.035 kilometer persegi. Sebagian besar wilayahnya berupa hutan, namun dataran rendahnya ditutupi area sawah dan ladang yang luas. Negara berbentuk monarki konstitusional ini berbatasan dengan Thailand, Laos, dan Vietnam. Jumlah penduduk Kamboja mencapai 17.175.538 jiwa, mayoritas hidup di sektor pertanian

Laos negara terkecil di asia tenggara
Credit: www.tripsavvy.com

6. Laos

Laos adalah negara yang terkurung daratan di semenanjung Indo-Cina antara Thailand dan Vietnam. Tanah ini memiliki luas total 236.800 km² (91.429 mi²). Luas daratan ini kira-kira 59% dari luas California. Laos dengan demikian adalah negara terbesar ke-22 di Asia dan dalam hal wilayah peringkat ke-84 di seluruh dunia. Sebagian besar penduduk (64%) tinggal di daerah pedesaan.

Laos terletak pada ketinggian rata-rata 710 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung tertinggi (Phu Bia) berada di 2.817 meter. Tidak ada akses ke laut lepas. Ada perbatasan nasional langsung dengan 5 negara tetangga Burma, Kamboja, Cina, Thailand dan Vietnam. Jarak antara Kota New York dan Ibu Kota Vientiane adalah sekitar 13.500 km (8.389 mi).

Baca juga: Daftar 11 Negara Asia Tenggara Beserta Ibu Kota-nya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top