logo happy play indonesia

10 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

negara terbersih di dunia

Negara dengan kota-kota yang bersih dan rapih sudah pasti membuat nyaman warganya. Dengan bersihnya kota kesehatan warga juga lebih terjaminketimbang kota yang kotor dan penuh polusi. Kebersihan bisa menjadi sebuah indikator kesehatan dan juga bisa menjadi pertimbangan para turis lokal maupun interlokal untuk berkunjung ke sebuah daerah.

Banyak faktor yang menjadi penilaian atau indikator kebersihan mulai dari air bersih, kemurnian udara, sanitasi, penanganan limbah yang semua faktor ini bisa meningkatkan kesehatan. 

Dengan contoh, sebuah negara dengan kualitas udara terbaik mengurangi kemungkinan warganya terpapar partikel berbahaya yang bisa saja menimbulkan penyakit.

Sebuah riset dilakukan di Yale University dan Columbia University, para peneliti bekerja sama dengan World Economic Forum untuk mengukur kebersihan dari 180 negara di dunia. Hasil dari penelitian tersebut tercipta Environmental Performance Index (EPI) atau indeks kinerja lingkungan.

EPI mengukur 32 indikator, mulai dari kualitas udara, sanitasi, hingga keanekaragaman hayati dan habitatnya.

Berikut daftar negara terbersih di dunia tahun 2022 berdasarkan Indeks Kinerja Lingkungan (EPI), mengutip lama World Population Review.

Negara Terbersih di Dunia

denmark
credit: scandification.com

1. Denmark

Dari hasil riset terbaru Denmark menjadi negara terbersih dan paling ramah lingkungan di dunia dengan total skor EPI 82,5. Denmark memiliki kebijakan yang sangat komprehensif serta efektif dalam urusan mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

Selain itu di Denmark juga memiliki fokus dalam meningkatkan jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya dan makanan organik.

2. Luksemburg

Luksemburg berada di peringkat kedua dalam riset negara terbersih di dunia menurut peneliti dengan skor EPI 82,3. 

Luksemburg telah melakukan kemajuan yang signifikan dalam hal meminimalisir dampak-dampak negatif terhadap lingkungan yang berujung menjadi negara terbersih di dunia urutan kedua.

Meskipun pertumbuhan populasi dan penduduknya berkembang secara pesat namun luksemburg secara keseluruhan dan sebagian besar merupakan pedesaan yang memiliki hutan lebat serta taman alam yang luas.

3. Swiss

Tak heran jika swiss masuk dalam 10 besar negara terbersih di dunia. Swiss dalam riset yang dilakukan mendapatkan nilai total skor 81,5 dan memiliki skor tertinggi pada sektor air minum dan sanitasi. Swiss memang sudah dikenal sebagai negara dengan air bersih dan satwa liarnya yang melimpah serta keindahan alam yang tak diragukan lagi.

4. Inggris Raya (UK)

Dalam peringkat keempat sebagai negara terbersih di Dunia di duduki oleh inggris dengan skor EPI 81,3. Inggriss memiliki keunggulan pada sektor air bersih, sanitasi dan emisi.

Skor yang diperoleh inggris ini adalah sebuah nilai yang sangat mengesankan, karena negara satu ini memiliki populasi sebanyak 66,2 juta jiwa.

5. Prancis

Prancis berada di posisi 5 sebagai negara terbersih di dunia dengan total skor EPI 80. Meski dikenal sebagai negara yang terindustrialisasi dengan hampir 80 persen energi nya berasal dari tenaga nuklir, tetapi dengan signifikan bisa mengurangi emisi karbon. Inisiatif lingkungan yang di lakukan oleh Prancis salah satunya adalah dengan turbin air sepanjang sungai dan melarang supermarket membuang makanan yang masih layak dikonsumsi.

6. Austria

Selanjutnya pada peringkat ke 6 ada Austria dengan skor EPI 79,6. Austria dikenal memiliki beberapa standar polusi udara yang membuat udara di negara nya menjadi murni serta pengelolaan bahan kimia dan limbah yang ketat, bahkan paling ketat di Eropa. Tak hanya itu, semua itu didukung juga dengan dua pertiga wilayah Austria dipenuhi oleh hutan lebat dan padang rumput.

7. Finlandia

Dalam posisi ketujuh negara terbersih di dunia ada Finlandia yang mencapai nilai yang tinggi dalam beberapa sektor seperti kualitas udara dan sanitasi. Keunggulan dalam sektor ini membuat finlandia mendapatkan skor EPI 78,9. 

Finlandia sekitar 35 persen energi negaranya berasal dari sumber energi terbarukan (alam). Selain itu Finlandia dikenal kerap memprioritaskan konservasi hutan dan satwa liar.

8. Swedia

Swedia berada pada peringkat kedelapan sebagai negara terbersih di dunia dengan skor EPI 78,7. Negara satu ini merupakan negara yang paling fokus pada energi keberlanjutan dan juga Swedia berfokus pada alam dan telah meningkatkan penghijauan di seluruh negeri nya.

9. Norwegia

Norwegia memiliki skor EPI 77,7 dengan skor tertinggi pada indikator sanitasi dan air serta kualitas udara. Selain bersih, negara ini adalah negara yang fokus pada hal kesehatan lingkungan, berada satu peringkat dibawah finlandia. 

10. Jerman

Peringkat ke sepuluh negara terbersih di dunia adalah Jerman dengan skor EPI mencapai 77,2. Jerman mendapatkan nilai tertinggi pada indikator sanitasi dan keanekaragaman hayati.

Berapakah urutan indonesia sebagai negara terbersih dunia? Indonesia berada di posisi 117 dengan skor EPI yang hanya 37,8 bersamaan dengan Honduras.

Baca juga: 

Permainan playground melatih motorik dan sensorik anak

Negara tertua di dunia

Negara paling ramah di dunia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top