logo happy play indonesia

10 Negara Tertua di Dunia, Ribuan Tahun Sebelum Masehi Loh

negara tertua di dunia

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang negara-negara tertua di dunia. Sejumlah peradaban pertama di dunia dilansir oleh Oldest berkembang sekitar 6500 Sebelum Masehi (SM). Dimulai dari sekelompok manusia lalu mulai tinggal di sebuah daerah dan terus mengembangkan wilayahnya.

Negara tertua di dunia sangat berkaitan dengan sejarah peradaban di masing-masing wilayah. Karena sudah pasti negara tertua berdiri tidak lama setelah sebuah peradaban terbentuk. Berikut adalah negara-negara tertua di dunia yang tercatat dalam sejarah

Urutan Negara Tertua di Dunia

1. Mesir 6000 SM

Menurut peneliti sejarah dan peninggalan sejarah yang ada, Mesir tercatat sebagai negara tertua di dunia yang telah ada sejak tahun 6000 SM. Berawal dari kelompok pemburu makan saat itu tinggal pada lembah-lembah sungai Nil.

Banyak peneliti meyakini bahwa Mesir di dirikan oleh pemimpin bernama Narmer. Sepanjang sungai Nil pada masa itu dipimpim oleh king Narmer dan ia juga mendirikan ibu kota di Memphis. Memphis merupakan sebuah kota yang dekat dengan wilayah Kairo saat ini.

2. India 3300 SM

Negara tertua di dunia selanjutnya adalah India, Daratan India diketahui sudah berpenduduk sejak 3300 SM. Pada periode ini dikenal sebagai periode Weda. Peradaban pertama yang tercatat ada di lembah indus, peradaban inilah yang mengawali pembentukan bangsa India pada periode Vedic sekitar tahun 1500-600 SM.

Sementara itu, India Modern baru terbentuk pada tahun 1947 setelah Negara India memperoleh kemerdekaan dari kerajaan Inggris.

3. Afghanistan 3000 SM

Afghanistan tercatat sebagai Negara tertua di Dunia selanjutnya dan diyakini dimulai dari peradaban di lembah Indus di Afghanistan pada tahun 3000 SM. Kelompok dari Afghanistan ini mendirikan kota pertama di dunia dengan nama Mundigak yang berada pada wilayah Kandahar pada Afghanistan Modern ini. 

4. China 2070 SM

China juga memiliki Sejarah panjang, sudah dikenal sebagai salah satu negara terbesar di era modern saat ini, namun ternyata negara satu ini merupakan salah satu negara dengan peradaban tertua di dunia.

Dinasti pertama di China berdiri pada tahun 2070-1600 SM yaitu Dinasti Xia. Periode dinasti di China terus berlanjut sampai Dinasti Qing pada tahun 1912 dan akhirnya berubah menjadi Republik Rakyat China yang berdiri pada 1949. 

5. Georgia 1500 SM

Selanjutnya ada Georgia sebagai negara tertua di dunia. Georgia merupakan negara yang berada di Eropa Timur. Peradaban di Georgia berkembang pada masa kerajaan Colchis dan kerajaan Karlti atau liberia di sekitar tahun 1500 SM. 

Ada masa dimana Roma dan Persia merebutkan wilayah Georgia selama 700 tahun. Di abad ke 4 Masehi orang Georgia menjadi yang tertua sebagai pemeluk kristen dan terdapat salah satu gereja ortodoks tertua yang terdapat di Georgia.

6. Ethiopia 980 SM

Negara tertua selanjutnya dalah Ethiopia yang mulai ada peradaban dan berkembang serta membentuk kerajaan sekitar tahn 980 SM. Kerajaan pertama yang ada di ethiopia bernama D’mt (980-400SM). Pada masa ini warga kerajaan mengembangkan berbagai sistem seperti bajak, irigasi, milet serta peralatan dan senjata besi. Kerajaan kuno D’mt dahulu kala berdiri di wilayah yang saat ini ada di utara teritorial Ethiopia.

7.Yunani 800 SM

Peradaban Yunani menjadi salah satu peradaban yang hampir sering kita temui ketika kita belajar sejarah. Negara satu ini memulai peradaban sekitar tahun 800 SM pada periode Archaic Setelah Dark Ages (Zaman Kegelapan). Orang-orang Yunani dikenal menjadi bangsa yang maju dengan keterampilan di bidan kesenian, syair, teknologi, dan pembangunan kota hingga penemuan konsep kota negara dan demokrasi.

 8. Jepang 660 SM

Negara selanjutnya yang dikenal dengan peradaban tertua dalah Jepang. Jepang dikenal sudah berdiri sejak 660 SM yang merujuk pada Kaisar Jimmu. Kepemimpinan Emperor Jimmu tercatat dalam sejarah Jepang sebagai periode peradaban pertama dan juga menjadi tokoh populer serta legendaris karena dipercaya sebagai kerutunan Dewi Matahari Amaterasu.

9. Iran 550 SM

Iran Kuno dikenal dengan peradaban Persia. Peradaban yang berdiri sekitar tahun 550 SM. Menurut sejarah Cyrus The Great (Cyrus II) mendirikan kekaisaran persia setelah berhasil menaklukan Babilonia. Namun dalam sejarah juga menyebutkan jauh sebelum peradaban iran dan persia telah ada peradaban yang dimulai oleh beberapa kelompok. Salah satunya adalah kelompok Elam yang menetap di daerah barat serta barat daya.

10. San Marino 301 M

San Marino dikenal sebagai kota tertua di dunia dan negara tertua di dunia yang berdaulat sejak tahun 3 September 301 M. Saat itu, Saint Marinus mendirikan gereja kecil Monte Titano. Wilayah gereja tersebut kelak berkembang jadi kota San Marino, ibu kota negara kecil tersebut.

San Marino merupakan salah satu negara terkecil di dunia yang merupakan bagian peninsula Italia. Negara makmur dengan perekonomian dari wisata, keuangan, jasa, dan industri ini menjadi negara Eropa dengan rata-rata pengangguran terendah, tidak memiliki utang nasional, dan punya surplus anggaran.

Itulah 10 negara tertua di dunia yang berdiri sebelum masehi sampai awal masehi. Hal ini menyimpulkan bahwa peradaban dunia sudah berumur lama sekali dan tidak dibangun dengan waktu yang singkat

Baca juga: 

Permainan playground melatih motorik dan sensorik anak

Negara paling ramah di dunia

Negara paling dermawan di dunia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top