logo happy play indonesia

10 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia Peringkat No 1

Sebuah survey yang dilakukan oleh The CAF World Giving Index tahun 2021, melibatkan 114 negara yang mewakili lebih dari 90% populasi orang dewasa global. Survei tersebut mengajukan pertanyaan tentang berbagai aspek kehidupan saat ini termasuk perilaku memberi atau sifat dermawan yang dimiliki orang di setiap negara.

Tak disangka-sangka, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan nomor satu dibandingkan negara lainnya yang penduduknya dermawan. Hal tersebut tentu saja sesuatu yang patut dibanggakan dan harus terus dipertahankan. Berikut daftar negara lainnya yang masuk ke dalam negara paling dermawan di dunia. 

Indonesia Negara Dermawan
Credit: referensipublik.com

1. Indonesia

Indonesia menempati peringkat teratas dalam partisipasi memberikan sumbangan uang dengan persentase orang yang menyumbangkan uang sampai 83% dan menempati posisi tertinggi dalam partisipasi pada kegiatan kesukarelawanan (60%) sebagai negara paling dermawan di dunia. Zakat yang dipraktikkan secara luas di Indonesia menjadi salah satu pendorongnya. Pada 2020, dilaporkan bahwa dana yang masuk melalui zakat terbilang tinggi karena respons terhadap pandemi.

Kenya negara dermawan di dunia
Credit: i.ibb.co

2. Kenya

Negara Kenya berada di urutan ke-2 di belakang Indonesia yang menduduki peringkat sebagai negara paling dermawan. Kenya memiliki sejarah panjang kemurahan hati dengan istilah seperti “harambee” yang diciptakan dan digunakan untuk mengekspresikan niat memberi oleh orang Kenya. Kenya dalam beberapa tahun terakhir mengambil peran aktif dalam melakukan tindakan kedermawanan dan memberi. 

Contoh amal di Kenya adalah amal yang dijuluki ‘Kenya untuk Kenya’ yang diluncurkan oleh Palang Merah Kenya untuk melobi individu Kenya dan organisasi perusahaan lokal untuk menyumbangkan dana guna membantu memerangi kekeringan di Kenya. Kenya juga merupakan rumah bagi organisasi amal yang tak terhitung jumlahnya yang terus-menerus terlibat dalam tindakan amal.

Nigeria negara paling dermawan di dunia
Credit: www.annertech.com

3. Nigeria

Nigeria memiliki populasi terbesar di Afrika. Proyek PBB bahwa populasi keseluruhan Nigeria akan mencapai sekitar 401,31 juta pada akhir tahun 2050. Pada tahun 2100, jika angka saat ini berlanjut, populasi Nigeria akan lebih dari 728 juta.

Nigeria masuk ke dalam list negara paling dermawan di dunia menurut The CAF World Giving Index sebagai urutan ketiga dengan skor 52%. Hal ini merupakan kemajuan yang signifikan. Sebab, pada 2018 Nigeria jauh berada di belakang, yakni posisi 18 tanpa masuk 10 besar sama sekali.

Credit: atad.vn

4. Myanmar

Myanmar jadi salah satu negara dermawan di dunia. Myanmar dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia selama tiga tahun berturut-turut, menurut Charities Aid terbaru Indeks Pemberian Dunia Foundation (CAF). Indeks tahunan, yang mengumpulkan rata-rata 1.000 tanggapan masing-masing dari 140 negara, melihat tiga tolok ukur utama: membantu orang asing, menyumbangkan uang, dan waktu sukarela. Singapura, sementara itu, naik enam tingkat dari tahun sebelumnya ke posisi 28 – penampilan terbaiknya sejak indeks itu diluncurkan pada 2010. 

Australia negara dermawan bantuan kangguru
Credit: files.globalgiving.org

5. Australia

Pada posisi kelima terdapat negara Australia sebagai negara paling dermawan di dunia. Australia memiliki tingkat tertinggi kedelapan dalam menyumbang untuk amal sebesar 68% dan tingkat kesembilan tertinggi dalam membantu orang asing sebesar 64% (sama dengan Selandia Baru dan Malawi). Seperti Selandia Baru, tingkat pemberian Australia relatif stabil selama dekade terakhir, berkisar antara 55% hingga 60%. 

Baca juga: 7 Negara dengan Anak-Anak Paling Bahagia Di Dunia

Ghana negara dermawan di dunia
Credit: files.globalgiving.org

6. Ghana

Uganda adalah salah satu negara yang memiliki keragaman etnis yang kaya, yang mencakup sebagian besar penduduknya yang berbicara dalam tiga bahasa utama – Bantu, Nilotic, dan Sudan Tengah. Selain itu, jumlah kelompok etnis yang ada di Uganda sangat besar, menjadikannya salah satu negara paling beragam secara etnis di kawasan ini. Kelompok etnis utama disebut Ganda, yang merupakan 16,9% dari populasi, diikuti oleh suku Nkole, Soga dan Kiga, yang masing-masing membentuk 9,5%, 8,4% dan 6,9%. Ada banyak suku lain; namun, mereka merupakan persentase yang sangat kecil dari total populasi. Negara Ghana masuk ke dalam daftar negara paling dermawan di dunia dengan jumlah keseluruhan 38.00%, donasi yang dilakukan sebanyak 25.00% dan 58.00% membantu orang asing. 

Selandia baru negara paling dermawan di dunia
Credit: media.redcross.org.nz

7. Selandia Baru

Selandia baru atau New Zealand masuk ke dalam daftar negara paling dermawan di dunia. Penduduk Selandia Baru memiliki rasa empati dan dermawan untuk membantu orang lain, dilaporkan bahwa ternyata Selandia Baru berkontribusi sekitar 270 juta jam kepada masyarakat, menyediakan sekitar 67 persen tenaga kerja nirlaba dan berkontribusi sekitar 2,3 persen terhadap PDB Selandia Baru.

Negara paling dermawan di dunia
Credit: savethechildren.org

8. Uganda

Uganda adalah negara paling dermawan ke-62 tahun ini di dunia, menurut survei global yang dilakukan oleh perusahaan jajak pendapat terkenal dunia Gallup. Hasilnya terungkap dalam World Giving Index (WGI) edisi kedua tahun 2011, yang melihat pandangan global tentang amal, dan telah diterbitkan oleh Charities Aid Foundation (CAF).

Kosovo negara dermawan di dunia
Credit: royalfamily.org

9. Kosovo

Di urutan ke sembilan ada negara Kosovo, negara paling dermawan di dunia dengan perolehan suara 46%. Kosovo secara resmi Republik Kosovo adalah negara bagian yang diakui sebagian di Eropa Tenggara. Itu terletak di pusat Balkan, menempati area seluas 10.887 km2 (4.203 sq mi), dengan populasi sekitar 1,9 juta. Kosovo secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 17 Februari 2008, dan sejak itu memperoleh pengakuan diplomatik sebagai negara berdaulat oleh 97 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Berbatasan dengan Serbia di utara dan timur, Makedonia Utara di tenggara, Albania di barat daya, dan Montenegro di barat. Sebagian besar Kosovo tengah didominasi oleh dataran luas dan ladang Dukagjini dan Kosovo. Pegunungan Terkutuk dan Pegunungan ar masing-masing muncul di barat daya dan tenggara. Ibukota dan kota terbesarnya adalah Pristina.                                                                                                                                         

Thailand negara paling dermawan di Indonesia
Credit: hospitality-on.com

10. Thailand

Negara dermawan di dunia yang ke sepuluh adalah Thailand dengan volume (46%). Penduduk di Thailand memiliki rasa berbagai yang tinggi. Salah satu dari banyaknya contoh kedermawanan orang Thailand yaitu Nama Min Pechaya, salah satu aktris yang kerap wara-wiri menghiasi layar kaca yang gemar berbagi dengan sesama dengan membagikan makanan kepada para tunawisma dan masih banyak kegiatan sosial yang dilakukan masyarakat Thailand hingga mendapatkan julukan sebagai negara paling dermawan di dunia. 

Posisi negara paling dermawan yang ada saat ini bisa saja berubah ke arah yang lebih baik, semakin banyak orang yang dermawan akan semakin banyak juga orang yang terbantu. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

8 Negara Paling Ramah Di Dunia

10 Permainan Tradisional Indonesia dan Cara Mainnya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top