logo happy play indonesia

Daftar 11 Negara Asia Tenggara Beserta Ibu Kota-nya

Asia Tenggara Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara terdiri atas 11 negara. Berikut daftar 11 negara di Asia Tenggara beserta beberapa informasi penting terkait.

Jakarta Ibu Kota Indonesia
Credit: pict.sindonews.net

1. Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara di Asia Tenggara dan Oseania antara Samudra Hindia dan Pasifik. Ini terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, termasuk Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan sebagian Kalimantan dan New Guinea. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan negara terluas ke-14 berdasarkan luas wilayah, dengan luas 1.904.569 kilometer persegi (735.358 mil persegi). 

Dengan lebih dari 275 juta orang, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar. Jawa, pulau terpadat di dunia, adalah rumah bagi lebih dari setengah penduduk negara itu. Memiliki 37 provinsi, delapan diantaranya memiliki status khusus. Ibukota negara, Jakarta, adalah daerah perkotaan terpadat kedua di dunia. 

Ibu Kota Malaysia Putrajaya
Credit: www.its.ac.id

2. Malaysia

Malaysia merupakan sebuah negara di Asia Tenggara. Monarki konstitusional federal terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah federal, dipisahkan oleh Laut Cina Selatan menjadi dua wilayah, Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur Kalimantan. Semenanjung Malaysia berbagi perbatasan darat dan laut dengan Thailand dan perbatasan laut dengan Singapura, Vietnam, dan Indonesia. 

Malaysia Timur berbagi perbatasan darat dan laut dengan Brunei dan Indonesia dan perbatasan laut dengan Filipina dan Vietnam. Kuala Lumpur adalah ibu kota nasional, kota terbesar dan kursi cabang legislatif pemerintah federal. Ibukota Putrajaya yang direncanakan di dekatnya adalah ibu kota administratif, yang mewakili kursi cabang eksekutif (Kabinet, kementerian dan lembaga federal) dan cabang yudisial dari pemerintah federal. Dengan populasi lebih dari 32 juta, Malaysia adalah negara terpadat ke-44 di dunia. 

Ibu Kota Singapura
Credit:2.bp.blogspot.com

3. Singapura

Singapura adalah sebuah negara pulau dan negara kota berdaulat di maritim Asia Tenggara. Singapore ibukotanya juga Singapore yang letaknya sekitar satu derajat lintang (137 kilometer atau 85 mil) di utara khatulistiwa, di ujung selatan Semenanjung Malaysia, berbatasan dengan Selat Malaka di barat, Selat Singapura di selatan, Laut Cina Selatan di sebelah barat. timur dan Selat Johor di utara. Wilayah negara terdiri dari satu pulau utama, 63 pulau satelit dan pulau kecil, dan satu pulau terpencil, yang luas gabungannya telah meningkat sebesar 25% sejak kemerdekaan negara sebagai akibat dari proyek reklamasi lahan yang luas. 

Singapura memiliki kepadatan penduduk tertinggi ketiga di dunia. Dengan populasi multikultural dan mengakui kebutuhan untuk menghormati identitas budaya kelompok etnis utama di dalam negara, Singapura memiliki empat bahasa resmi; Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil. Bahasa Inggris adalah lingua franca dan banyak layanan publik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Multirasialisme diabadikan dalam konstitusi dan terus membentuk kebijakan nasional di bidang pendidikan, perumahan, dan politik.

Ibu Kota Brunei Darussalam Bandar Seri Begawan
Credit: 2.bp.blogspot.com

4. Brunei Darussalam

Bandar Seri Begawan merupakan Ibu kota Brunei Darussalam. Brunei Darussalam adalah sebuah negara yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan di Asia Tenggara. Terlepas dari pantai Laut Cina Selatan, itu benar-benar dikelilingi oleh negara bagian Sarawak, Malaysia. Ini dipisahkan menjadi dua bagian oleh distrik Sarawak di Limbang. 

Brunei adalah satu-satunya negara berdaulat sepenuhnya di Kalimantan; sisa pulau dibagi antara Malaysia dan Indonesia. Pada tahun 2020, populasi nya adalah 460.345,di antaranya sekitar 100.000 tinggal di ibu kota dan kota terbesar, Bandar Seri Begawan. Pemerintah adalah monarki absolut yang diperintah oleh Sultannya, berjudul Yang di-Pertuan, dan menerapkan kombinasi hukum umum Inggris dan hukum syariah, serta praktik Islam umum.

Credit: cdn-2.tstatic.net

5. Thailand

Dahulu secara resmi Thailand sebuah negara kerajaan. Bangkok adalah ibu kota Thailand. Terletak di pusat Asia Tenggara Daratan dengan luas 513.120 kilometer persegi (198.120 sq mi), dengan populasi hampir 70 juta. Negara ini berbatasan di utara dengan Myanmar dan Laos, di timur dengan Laos dan Kamboja, di selatan dengan Teluk Thailand dan Malaysia, dan di barat dengan Laut Andaman dan ujung Myanmar. 

Thailand juga berbagi perbatasan laut dengan Vietnam di tenggara, dan Indonesia dan India di barat daya. Thailand telah mengalami banyak kudeta dan kediktatoran militer. Sejak 2019, secara nominal telah menjadi monarki konstitusional parlementer; dalam praktiknya, bagaimanapun, keunggulan struktural dalam konstitusi telah memastikan kekuatan militer untuk memegang kekuasaan. 

Credit: assets.pikiran-rakyat.com

6. Kamboja

Kamboja negara kerajaan yang terletak di bagian selatan Semenanjung Indochina di Asia Tenggara, membentang seluas 181.035 kilometer persegi (69.898 mil persegi), berbatasan dengan Thailand di barat laut, Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di barat daya. Ibukota dan kota terbesar adalah Phnom Penh.

Memiliki populasi lebih dari 17 juta. Kamboja memiliki iklim muson tropis dua musim, dan negara ini terdiri dari dataran banjir pusat di sekitar danau Tonlé Sap dan Delta Mekong, dikelilingi oleh daerah pegunungan. Ibukota dan kota terbesar adalah Phnom Penh, pusat politik, ekonomi dan budaya Kamboja. Kerajaan adalah monarki konstitusional elektif dengan seorang raja, saat ini Norodom Sihamoni, dipilih oleh Dewan Kerajaan Tahta sebagai kepala negara. Kepala pemerintahan adalah Perdana Menteri, saat ini Hun Sen, pemimpin non-kerajaan terlama di Asia Tenggara, yang telah memerintah sejak 1985.

Credit: 3.bp.blogspot.com

7. Filipina

Republik Filipina adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara. Itu terletak di Samudra Pasifik barat dan terdiri dari sekitar 7.641 pulau yang secara luas dikategorikan di bawah tiga divisi geografis utama dari utara ke selatan: Luzon, Visayas, dan Mindanao. Filipina dibatasi oleh Laut Cina Selatan di sebelah barat, Laut Filipina di sebelah timur, dan Laut Sulawesi di sebelah barat daya. 

Negara ini berbatasan laut dengan Taiwan di utara, Jepang di timur laut, Palau di timur dan tenggara, Indonesia di selatan, Malaysia di barat daya, Vietnam di barat, dan Cina di barat laut. Filipina meliputi area seluas 300.000 km2 (120.000 sq mi) dan, pada tahun 2021, memiliki populasi sekitar 109 juta orang,[7] menjadikannya negara terpadat ketiga belas di dunia. Filipina memiliki beragam etnis dan budaya di seluruh pulaunya. Manila adalah ibu kota negara, sedangkan kota terbesarnya adalah Kota Quezon; keduanya terletak di dalam kawasan perkotaan Metro Manila.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Credit: asset-a.grid.id

8. Laos

Secara resmi Republik Demokratik Rakyat Laos, adalah sebuah negara sosialis dan satu-satunya negara yang terkurung daratan di Asia Tenggara. Di jantung Semenanjung Indochina, Laos berbatasan dengan Myanmar dan Cina di barat laut, Vietnam di timur, Kamboja di tenggara, dan Thailand di barat dan barat daya. Ibukota dan kota terbesarnya adalah Vientiane. Secara singkat memperoleh kemerdekaan pada tahun 1945 setelah pendudukan Jepang tetapi dijajah kembali oleh Prancis sampai memenangkan otonomi pada tahun 1949

Credit: akcdn.detik.net.id

9. Myanmar

Myanmar atau dikenal juga sebagai Burma, adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Ini adalah negara terbesar di Daratan Asia Tenggara, dan memiliki populasi sekitar 54 juta pada 2017. Myanmar berbatasan dengan Bangladesh dan India di barat lautnya, Cina di timur lautnya, Laos dan Thailand di timur dan tenggaranya, serta Laut Andaman dan Teluk Benggala di selatan dan barat daya. Ibu kota negara adalah Naypyidaw, dan kota terbesarnya adalah Yangon (Rangoon).

Peradaban awal di daerah tersebut termasuk negara-kota Pyu yang berbahasa Tibet-Burman di Myanmar Atas dan kerajaan Mon di Myanmar Bawah. Pada abad ke-9, orang Bamar memasuki lembah Irrawaddy atas, dan setelah berdirinya Kerajaan Pagan pada 1050-an, bahasa Burma, budaya, dan Buddhisme Theravada perlahan-lahan menjadi dominan di negara itu.

Credit: cdn-cas.orami.co.id

10. Vietnam

Vietnam adalah sebuah negara di Asia Tenggara. Terletak di tepi timur daratan Asia Tenggara, mencakup 311.699 kilometer persegi (120.348 sq mi). Dengan populasi lebih dari 96 juta, ini adalah negara terpadat kelima belas di dunia. Vietnam berbatasan dengan Cina di utara, Laos dan Kamboja di barat, dan berbagi perbatasan laut dengan Thailand melalui Teluk Thailand, dan Filipina, Indonesia, dan Malaysia melalui Laut Cina Selatan. Ibukotanya adalah Hanoi dan kota terbesarnya adalah Kota Ho Chi Minh.

Vietnam telah dihuni sejak zaman Paleolitikum. Negara bagian pertama yang diketahui selama milenium pertama SM berpusat di Delta Sungai Merah, yang terletak di Vietnam utara modern. Dinasti Han mencaplok dan menempatkan Vietnam Utara dan Tengah di bawah kekuasaan Cina dari tahun 111 SM, sampai dinasti pertama muncul pada tahun 939. Dinasti monarki berturut-turut menyerap pengaruh Cina melalui Konfusianisme dan Buddhisme, dan meluas ke selatan ke Delta Mekong, menaklukkan Champa. Nguyễn—dinasti kekaisaran terakhir—jatuh ke kolonisasi Perancis pada tahun 1887. Setelah Revolusi Agustus, nasionalis Viet Minh di bawah kepemimpinan revolusioner komunis Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1945.

Baca juga: 8 Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luas Wilayahnya?

Credit: awsimages.detik.net.id

11. Timor Leste

Timor-Leste adalah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara. Ini terdiri dari bagian timur pulau Timor, pulau-pulau terdekat Atauro dan Jaco, dan Oecusse, sebuah eksklave di sisi barat laut pulau yang dikelilingi oleh Timor Barat Indonesia. Australia adalah tetangga selatan negara itu, dipisahkan oleh Laut Timor. Luas negara ini adalah 15.007 kilometer persegi (5.794 sq mi). Dili adalah ibu kota nya.

Timor Leste punya tradisi puisi yang kuat di negara ini.[150] Perdana Menteri Xanana Gusmão, misalnya, adalah seorang penyair terkemuka, mendapatkan julukan “pejuang penyair”. Secara arsitektur, bangunan sering bergaya Portugis bersama dengan rumah totem tradisional di wilayah timur. Ini dikenal sebagai uma lulik (“rumah suci”) dalam bahasa Tetum dan lee teinu (“rumah berkaki”) di Fataluku. Pengerjaan dan tenun selendang tradisional (tais) juga tersebar luas.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia Tahun 2022

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top