logo happy play indonesia

8 Daftar Negara Termiskin di Dunia 2022, Indonesia termasuk?

Melihat keragaman negara lain dan destinasi wisata yang bagus membuat kita terkadang lupa dengan kondisi lain yang ada di lingkungan sekitar. Dibalik gemerlap keindahan dan kemewahan negara dunia di media, ada sisi gelap yang belum kita ketahui. Masih ada dan banyak negara miskin dunia di tahun 2022.

Negara-negara termiskin di dunia ini diklasifikasikan sebagai negara dengan ekonomi berpenghasilan rendah dan dapat dinilai Produk Domestik Bruto (PDB). Negara-negara yang masuk dalam kategori ini seringkali adalah bangsa yang juga terjebak dalam krisis politik, konflik, kelaparan, dan perubahan iklim.

Bukan itu saja, luas lantai rumah; jenis lantai rumah; jenis dinding rumah; fasilitas tempat buang air besar; sumber air minum; penerangan yang digunakan; bahan bakar yang digunakan; frekuensi makan dalam sehari; kebiasaan membeli daging/ayam/susu; kemampuan membeli pakaian; kemampuan berobat ke puskesmas/poliklinik; lapangan pekerjaan kepala rumah tangga; pendidikan kepala rumah tangga dan sebagai menjadi penilaian apakah itu negara miskin atau bukan. Apakah Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut? Simak artikel selengkapnya. 

1. Burundi

Sebuah negara yang terkurung daratan dan padat penduduk di Afrika Timur, Burundi adalah salah satu negara termiskin di dunia dengan lebih dari 70 persen penduduknya hidup dalam kemiskinan. Tingkat kerawanan pangan mengkhawatirkan dengan 52 persen anak di bawah 5 tahun terhambat dan tingkat kekurangan gizi yang lebih tinggi di antara masyarakat pedesaan. Beberapa pendorong kerawanan pangan di Burundi termasuk kemiskinan, pertumbuhan penduduk yang cepat, kerentanan terhadap guncangan terkait iklim, akses yang buruk ke air bersih, dan memburuknya akses ke layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan. Tingginya prevalensi penyakit menular, kurangnya keragaman dalam pola makan dan kebersihan yang buruk membuat situasi menjadi lebih buruk.

2. Somalia

Tingkat kesuburan negara Somalia sangat tinggi yaitu 6,12 kelahiran per wanita. Pertumbuhan penduduk yang cepat di Somalia memberikan tekanan pada perawatan kesehatan yang buruk dan ketidakstabilan di negara itu. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa di negara-negara di mana 60% penduduknya berusia di bawah 30 tahun, seperti Somalia (70%), risiko konflik sipil jauh lebih tinggi. 

Somalia telah mengalami banyak masalah dalam beberapa dekade terakhir, termasuk pemerintahan yang buruk, konflik internal yang berkepanjangan, keterbelakangan, penurunan ekonomi, kemiskinan, ketidaksetaraan sosial dan gender, dan banyak lagi. Somalia negara termiskin di dunia, ditambah munculnya masalah kekeringan, kekerasan, banjir, kurangnya akses ke pelayanan kesehatan, cepatnya penyebaran penularan penyakit, dan tingkat pengangguran yang sangat tinggi. Hanya 31% penduduk yang memiliki akses terhadap air minum bersih dan hanya 23% yang memiliki akses terhadap fasilitas sanitasi yang layak.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

3. Mozambik

Negara Mozambik masuk ke dalam daftar negara termiskin di dunia. Ada 80 % penduduk negara Mozambik terus hidup dengan kurang dari dua dolar per hari, kondisi pemerintahan Mozambik juga kacau akibat perang saudara di Mozambik dari tahun 1976 hingga 1992, infrastruktur hancur, enam juta orang mengungsi dan sebanyak satu juta kematian dilaporkan. Dalam sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan oleh USAID, “94 persen anak perempuan di Mozambik mendaftar di sekolah dasar, lebih dari setengahnya putus sekolah pada kelas lima, hanya 11 persen yang melanjutkan ke sekolah menengah dan hanya satu persen yang melanjutkan ke perguruan tinggi. ” Akibatnya, tingkat melek huruf Mozambik hanya 47 persen. Tingkat melek huruf untuk perempuan adalah 48 persen, sedangkan untuk laki-laki adalah 60 persen. Akibatnya, perempuan lebih rentan terhadap kemiskinan daripada laki-laki.

4. Madagascar

Madagaskar adalah salah satu negara termiskin di dunia terlepas dari kekayaan biologis dan budayanya karena: adanya korupsi yang melahirkan ekonomi yang berkinerja buruk menghambat pembangunan sektor swasta, menakut-nakuti investor asing, merusak kredibilitas pemerintah, dan menghambat pengentasan kemiskinan. Terjadi kolonialisme ekonomi karena sebagian besar masih dijalankan seperti koloni dengan ekonomi. 

Faktor yang membuat Madagascar menjadi negara termiskin di dunia karena kekurangan infrastruktur. Menurut angka CIA, Madagaskar memiliki 49.827 km jalan, dimana hanya 5.780 km yang di aspal. Angka-angka ini mungkin optimis; banyak “jalan beraspal” Madagaskar dalam kondisi buruk, penuh lubang dan atau cukup lebar hanya untuk satu kendaraan. Topan dan kondisi cuaca lainnya sering menyapu jalan dan jembatan yang membuat perjalanan semakin sulit.

5. Sierra Leone

Kebanyakan dari negara miskin di dunia berasal dari Benua Afrika. Negara lain yang masuk ke dalam daftar negara termiskin adalah Sierra Leone yang memiliki PNB per kapita  $1,348, PDB 2017 $10,5 miliar, jumlah populasi 7,6 juta orang dengan harapan hidup saat lahir 52,2 tahun. Kondisi negara Sierra Leone terus mengalami perang saudara yang menghancurkan yang dipicu oleh berlian dan perdagangan mineral berharga. Meskipun perang berakhir pada 2002, perang itu menghancurkan banyak institusi negara, dan efeknya masih terasa. Saat ini, sektor publik Sierra Leone dianggap lebih korup daripada kebanyakan negara lain.

Masalah yang terkait dengan kurangnya pembangunan ekonomi terlihat jelas. Sekitar seperempat dari populasi negara itu kekurangan gizi, dan tingkat kematian ibu di Sierra Leone sebesar 1.360 kematian per 100.000 kelahiran hidup adalah yang terburuk di dunia. Negara ini juga termasuk yang paling terpukul oleh wabah Ebola 2014, dan pada 52,2 tahun, harapan hidup rata-rata saat lahir di Sierra Leone adalah yang terburuk di dunia.

6. Afghanistan

Negara Afghanistan sudah sering muncul di pemberitaan mengenai kondisi perang dan ekonomi negaranya. Negara Afghanistan menjadi negara termiskin di dunia dengan perolehan PNB per kapita $1.647,  PDB 2017 $63,8 miliar, total populasi 35,5 juta dengan harapan hidup saat lahir: 64,1 tahun. 

Adanya perang kronis, pembangunan ekonomi yang berarti di Afghanistan secara efektif tidak mungkin dilakukan dalam beberapa dekade terakhir. Diserbu oleh Soviet pada tahun 1979, perang berikutnya berlangsung selama satu dekade dan merenggut lebih dari satu juta nyawa. Setelah 11 September 2001, militer AS telah mempertahankan kehadirannya di negara itu, dan, meskipun NATO mengakhiri misi tempurnya di Afghanistan pada tahun 2014, pasukan pemberontak terus mengancam stabilitas negara itu.

Saat ini, pemerintahan yang berdiri di negara Asia Selatan-Tengah yang terkurung daratan itu termasuk di antara yang paling korup di dunia, negara ini juga sangat bergantung pada bantuan asing, dan warganya secara teratur menderita kekurangan air bersih dan listrik.

Baca juga: 8 Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luas Wilayahnya?

7. Republik Afrika tengah

Negara lainnya di posisi ketujuh sebagai negara termiskin di dunia yaitu Republik Afrika Tengah dengan PNB per kapita $663, PDB 2017 $3,1 miliar, Populasi 4,7 juta dan harapan hidup saat lahir 52,9 tahun. GNI per kapita $663 di Republik Afrika Tengah adalah yang terendah dari negara mana pun di dunia. Terlepas dari kekayaan sumber daya seperti emas, berlian, dan minyak, kekerasan telah menghambat pembangunan ekonomi sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1960. Setelah serangkaian kudeta di akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, kekerasan agama antara minoritas Muslim dan Kristen mayoritas telah melanda negara itu sejak 2012.

Sedikit lebih dari setengah populasi CAR tinggal di daerah pedesaan, tetapi dari mereka yang tinggal di kota, lebih dari 90% tinggal di daerah kumuh. CAR adalah satu-satunya negara dengan data yang tersedia di mana lebih dari setengah dari semua warga negara – 61,8% – kekurangan gizi. Negara ini juga memiliki angka kematian bayi tertinggi ketiga di dunia dan salah satu harapan hidup rata-rata terendah, hanya 52,9 tahun.

8. Liberia

Terakhir ada negara Liberia yang menjadi negara termiskin di dunia dengan PNB per kapita $1.078, PDB 2017 $5,5 miliar, Populasi 4,7 juta dan harapan hidup saat lahir 63,0 tahun. Didirikan sebagian oleh budak AS yang dibebaskan, ekonomi Liberia hancur total pada 1990-an dan awal 2000-an oleh perang saudara yang menewaskan seperempat juta orang dan ribuan lainnya mengungsi. 

Keterbatasan pembangunan ekonomi di negara ini telah menyebabkan standar hidup yang rendah. Kurang dari 20% populasi memiliki akses ke listrik, dan sekitar 39% kekurangan gizi. Pemerintah, yang menempati peringkat di antara yang paling korup di dunia, menghabiskan relatif sedikit untuk pendidikan sebagai bagian dari PDB, dan buta huruf tersebar luas. Namun, negara Afrika Barat kaya akan sumber daya, dan ekspor emas mendorong pertumbuhan. Pada tahun 2017, emas menyumbang 19% dari ekspor negara senilai $1,0 miliar.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia Tahun 2022

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top