logo happy play indonesia

Daftar Negara Terkaya di Dunia Tahun 2022, Apa Indonesia Termasuk?

Pernah mendengar istilah Crazy Rich Asia? Ya, itu salah satu orang terkaya di Asia yang telah dijadikan film kisah kehidupan mereka. Di dunia ada negara-negara terkaya dengan sumber daya mineral yang dikelola oleh manusia sehingga mendapatkan nilai tambah, ada juga yang hanya mengolah seadanya. Padahal pertumbuhan ekonomi suatu negara dinilai dari total produksi dan jasa yang dihasilkan semua orang.

Ada sebuah survey dan daftar negara yang telah ditentukan oleh Global Finance. Global Finance adalah majalah bulanan yang didirikan pada tahun 1987 oleh pengusaha penerbitan Joseph Giarraputo dan Carl Burgen. Global Finance merilis daftar negara yang masuk dalam kriteria paling kaya di dunia adalah yang memiliki angka Produk Domestik Bruto (PDB) disandingkan dengan Purchasing Power Parity (PPP) dengan nilai cukup tinggi, negara yang masuk ke dalam daftar biasanya juga dianggap sebagai pusat keuangan global dan menarik banyak perusahaan. Berikut daftar negara terkaya di dunia tahun 2022 antara lain: 

Luksemburg negara terkaya di dunia
Credit: qph.fs.quoracdn.net

1. Luksemburg

Pandemi telah mengguncang peringkat ekonomi terkuat dan negara-negara terkaya. Luksemburg berhasil tampil lebih baik dari sebelumnya dan masuk ke dalam negara terkaya di dunia. Negara Luksemburg mendapat nilai bagus di banyak indikatornya, datang dari indikator dalam pendapatan dan kekayaan, dan peringkat di atas rata-rata dalam “hubungan sosial, keterlibatan sipil, pekerjaan dan pendapatan, keseimbangan kehidupan kerja, keamanan pribadi, kesejahteraan subjektif, status kesehatan, kualitas lingkungan, dan perumahan. 

Irlandia negara terkaya di dunia
Credit: cdn0-production-images-kly.akamaized.net

2. Irlandia

Terkenal memiliki banyak keunikan, mulai dari destinasi wisata hingga budaya, menjadi salah satu negara paling aman di dunia, karena kejahatan di negara ini sangat minim. Selain itu, Negara Irlandia dikenal sebagai negara terkaya di dunia, secara ekonomi Irlandia memiliki PNB per kapita: $52.755, PDB 2017: $320,2 miliar (peringkat 50 dari 196 negara), dengan jumlah populasi: 4,8 juta dan memiliki harapan hidup saat lahir 82,0 tahun

Negara Irlandia sangat bergantung pada ekspor. Ekspor utama Irlandia adalah bahan kimia, seperti obat-obatan kemasan. Ekspornya sebenarnya bernilai lebih dari PDB-nya, yang hanya terjadi di tujuh negara lain. Ekspor Irlandia bernilai hampir 20% lebih dari PDB-nya lebih dari $320 miliar.

Singapura negara terkaya di dunia
Credit: awsimages.detik.net.id

3. Singapura

Negara paling kaya di dunia selanjutnya adalah Singapura dengan pendapatan $82.763 PDB (PPP) per kapita. Negara-kota kecil dan pulau Singapura melanjutkan tema kita tentang negara-negara yang sangat kaya, tetapi sangat kecil. Singapura memiliki PDB per kapita lebih dari $82.000 USD, menjadikannya negara terkaya ketiga dalam daftar kami. Itu juga salah satu kota termahal di dunia untuk ditinggali. Negara Singapura menarik bagi para pebisnis, karena banyak alasan lainnya. Ini adalah lokasi yang bagus untuk penyimpanan emas lepas pantai dan menawarkan sistem pajak yang menarik. Ekonomi Singapura sangat berkembang dan dianggap sebagai pasar paling terbuka dan paling tidak korup di dunia. Ini sebagian besar difokuskan pada perdagangan dan perusahaan yang didanai pemerintah.

Credit: assets.pikiran-rakyat.com

4. Qatar

Negara Qatar adalah negara terkaya terbesar di dunia. Qatar memiliki PNB per kapita: $116,799, PDB 2017: $308,6 miliar (peringkat 51 dari 196 negara), memiliki total Populasi: 2,6 juta dengan harapan hidup saat lahir  78,3 tahun lebih tinggi dibanding dengan negara lain. 

Qatar menjadi negara terkaya di dunia, dengan GNI per kapita $116,799 — lebih dari $20,000 lebih tinggi dari negara lain mana pun. Negara ini memiliki lebih banyak cadangan minyak daripada semua kecuali dua negara lain di seluruh dunia – sama dengan 13% dari pasokan global. Sumber daya alam ini mendatangkan puluhan miliar dolar ke negara berpenduduk kurang dari 3 juta jiwa setiap tahun. Pendapatan minyak membantu mensubsidi layanan pemerintah di negara ini. Minyak menyumbang hampir semua ekspor Qatar – 87%. Berkat ekonominya yang kuat, tingkat pengangguran Qatar adalah salah satu yang terendah di dunia, sebesar 0,2%.

Credit: akcdn.detik.net.id

5. Swiss

Swiss atau Switzerland Swiss adalah republik federal di Eropa yang memiliki otoritas federal berbasis di kota Bern.  Negara Swiss jadi negara paling kaya di dunia dengan PNB per kapita $58.138, PDB 2017 $490,2 miliar (peringkat 37 dari 196 negara), total Populasi 8,5 juta dan harapan hidup saat lahir 83,6 tahun. 

Swiss sebagian mengandalkan inovasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menginvestasikan setara dengan 3,4% dari PDB dalam penelitian dan pengembangan — tingkat tertinggi ketiga di dunia dan emas merupakan bagian terbesar dari ekspornya. Meskipun merupakan negara yang relatif kecil berpenduduk kurang dari 8,5 juta orang, Swiss merupakan salah satu negara yang menguasai sebagian besar emas dunia.

Arab negara terkaya di dunia
Credit: https://imgsrv2.voi.id

6. Uni Emirat Arab

Arab Saudi atau istilah lainnya Uni Emirat Arab masuk ke dalam daftar negara paling kaya di dunia dengan PNB per kapita $49,626, PDB 2017: $1,6 triliun (peringkat 16 dari 196 negara), memiliki jumlah populasi: 32,9 juta dan harapan hidup saat lahir 74,7 tahun.

Arab Saudi menempati peringkat di antara negara-negara terkaya di dunia karena satu alasan – minyak. Di kerajaan yang kaya sumber daya, minyak bumi menyumbang lebih dari tiga perempat ekspor pada tahun 2017. Tidak ada negara yang mengekspor lebih banyak minyak mentah daripada Arab Saudi.

Sementara minyak bumi menguntungkan, tanpa ekonomi yang terdiversifikasi, Arab Saudi rentan terhadap fluktuasi harga minyak. Ini adalah salah satu dari hanya dua negara yang termasuk dalam peringkat terkaya di dunia yang juga mengalami penurunan PDB selama setahun terakhir. Yang lainnya, Kuwait, juga sangat bergantung pada minyak bumi. Ekonomi Arab Saudi mengalami kontraksi hampir 0,9% pada tahun 2017.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Norwegia Negara Terkaya di dunia
Credit: images.prismic.io

7. Norwegia

Norwegia sekarang menjadi yang terkaya di dunia mendasarkan peringkatnya pada kekayaan per kapita. Kekayaan ini sebagian besar dari ketergantungan ekonomi Norwegia pada minyak, mengingat bagaimana harga minyak naik dan turun dan bagaimana sumber daya minyak dapat habis. Norwegia atau Norwegians masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita 67.294,48 dollar AS atau sekitar Rp 967 juta pada tahun 2020.

Credit: asset.kompas.com

8. Amerika Serikat

Antara Maret 2020 dan April 2021, menurut Institute for Policy Studies, kekayaan kolektif 719 miliarder Amerika melonjak $1,62 triliun, atau 55%, dari $2,95 triliun menjadi $4,56 triliun. Mereka sekarang memiliki kekayaan empat kali lebih banyak daripada sekitar 165 juta orang Amerika di bagian bawah masyarakat. Pada tahun 1990, lembaga think tank mengatakan, situasinya terbalik—miliarder bernilai $240 miliar dan 50% terbawah memiliki kekayaan gabungan $380 miliar.

Credit: asset.kompas.com

9. Makau

Selama bertahun-tahun Makau menjadi bekas jajahan Portugis, kini telah berkembang menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Dengan PDB per kapita yang telah meningkat hingga $116,808, dapat dikatakan sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Dana Moneter Internasional pernah memproyeksikan bahwa pada tahun 2020 Makau akan menyalip Qatar untuk menjadi negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita. Ekonomi Macau juga sebagian besar didorong oleh pariwisata, dengan kedatangan pengunjung ke negara itu meningkat setiap tahun. Negara ini juga telah membuat rencana untuk melakukan diversifikasi ke sektor manufaktur dan administrasi.

Brunei darussalam negara terkaya dunia
Credit: assets.pikiran-rakyat.com

10. Brunei Darussalam

Negara kecil di Asia Tenggara ini — kira-kira seukuran Delaware — saat ini merupakan negara terkaya kelima di dunia. Di negara di mana pendapatan minyak telah digunakan untuk menyediakan pendidikan gratis, perumahan bersubsidi dan tidak ada pajak pendapatan atau penjualan, PDB (PPP) per kapita lebih dari $71.000 USD.

Namun, dengan harga minyak pada rekor terendah, negara ini diperkirakan tidak akan tetap di atas. Industri minyak dan gas berkontribusi pada lebih dari 95% ekspor Brunei, yang menjelaskan mengapa PDB negara itu mengalami kontraksi selama tiga tahun terakhir. Diproyeksikan bahwa negara akan melaporkan defisit fiskal senilai 16% dari PDB untuk tahun fiskal 2015-2016. (Sebagai perbandingan, pada puncak krisis keuangan global, defisit Yunani adalah 15,7% dari PDB).

Baca juga:

8 Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luas Wilayahnya?

10 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top