logo happy play indonesia

7 Negara Terkecil di Dunia, Berapa Luas Wilayahnya?

Negara-negara di dunia punya ciri khas tersendiri, budaya yang berbeda, lambang negara yang berbeda, bahasa, mata uang, geografi yang berbeda dan luas wilayah yang berbeda. Ada negara yang luas dan ada pula yang kecil, bahkan tak seluas kota jakarta, berikut daftar 8 negara terkecil di dunia dan beberapa fakta unik lainnya.

Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia
Credit: img.jakpost.net

1. Vatikan

Negara terkecil di dunia yang pertama datang dari Vatikan. Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Negara kota ini berpenduduk 825 orang, dan dikelilingi oleh Roma, Italia. Rumah bagi kantor pusat Gereja Katolik Roma, pelajari lebih lanjut tentang negara terkecil di dunia. 

Kota Vatikan adalah rumah bagi Paus dan Basilika Santo Petrus dengan luas daratan hanya 0,49 kilometer persegi (0,19 mil persegi). Kota Vatikan adalah negara merdeka yang dikelilingi oleh Roma. Kota Vatikan bukan satu-satunya negara kecil yang terletak di dalam Italia, dengan luas daratan 60 kilometer persegi, menjadikannya negara terkecil kelima di dunia. Banyak dari negara-negara kecil ini memiliki populasi yang sama kecilnya, biasanya kurang dari setengah juta penduduk. 

Negara Monaco adalah negara terkecil kedua di dunia
Credit: www.lux-review.com

2. Monako

Monaco adalah sebuah negara merdeka dan berdaulat yang terletak di pantai utara Laut Mediterania yang berbatasan dengan negara Italia berjarak 10 mil (sekitar 16 km). Negara Monaco adalah negara terkecil kedua di dunia sekaligus terpadat di dunia dengan sekitar 18.750 jiwa/km², juga menjadi anggota terkecil dari PBB. Luas wilayah negara Monako adalah 0,76mi² (1,98 km²) dengan populasi hampir 38.100 jiwa (2019) – di antaranya 8.378 adalah warga negara Monegasque – dan termasuk penduduk dari 125 negara.

Baca juga: 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Seru dan Cara Mainnya

Tuvalu negara terkecil di dunia
Credit: images.squarespace-cdn.com

3. Tuvalu

Tuvalu, sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, sebuah negara kepulauan Polinesia yang terletak di Samudra Pasifik Tengah tepat di bawah khatulistiwa dan sekitar 1.000 km di utara Fiji dan sekitar 2.000 km di timur Kepulauan Solomon.

Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia, kepulauan dengan enam atol karang dan tiga pulau yang luasnya hanya 26 km². Keberadaan pulau-pulau dataran rendah terancam oleh naiknya permukaan air laut yang disebabkan oleh pemanasan global.

Negara kepulauan berpenduduk sekitar 11.000 orang, pulau Funafuti berfungsi sebagai ibu kota. Kota utama adalah Vaiaku di Funafuti. Pulau-pulau lainnya adalah Nanumanga, Nanumea, Niulakita, Niutao, Nui, Nukufetau, Nukulaelae dan Vaitupu.

Bahasa yang digunakan adalah Tuvalu dan Inggris.

San Marino Negara Terkecil di Dunia
Credit: www.pajakku.com

4. San Marino

Negara San Marino secara merupakan republik terkecil dan tertua di dunia dan negara terkecil kelima di dunia. Di Eropa, hanya ada dua negara lain yang lebih kecil dari San Marino – Kota Vatikan dan Monaco. Dengan pusat bersejarah yang menempel di Gunung Titano yang curam, San Marino terlihat seperti dipetik dari negeri dongeng. Dinding dan benteng pertahanannya yang berusia berabad-abad yang tampaknya muncul dari singkapan berbatu melengkapi gambarannya.

Sekitar 4.000 orang tinggal di Kota San Marino. Republik secara keseluruhan memiliki lebih dari 33.000 penduduk dengan luas wilayah Negara San Marino hanya 61 km persegi. (24 meter persegi). Negara ini memiliki sembilan distrik administratif yang, secara lokal, disebut castelli. Dogana dan Borgo Maggiore, masing-masing, adalah pemukiman terbesar pertama dan kedua di San Marino.

Ibu kota San Marino secara resmi disebut Citta’ di San Marino (atau Kota San Marino dalam bahasa Inggris). Ini memiliki castello (distrik administratif) sendiri yang disebut San Marino. Nama-nama delapan castelli lainnya adalah: Acquaviva, Borgo Maggiore, Chiesanuova, Domagnano, Faetano, Fiorentino, Montegiardino, dan Serravalle.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Liechtenstein negara terkecil di dunia
Credit: borgenproject.org

5. Liechtenstein

Salah satu negara terkecil di dunia, negara mikro Eropa ini menarik wisatawan adalah Liechtenstein. Negara Liechtenstein adalah negara terkecil keenam di dunia. Terjepit di antara Swiss dan Austria, Liechtenstein juga merupakan salah satu dari dua negara terkurung daratan ganda di dunia, yang lainnya adalah Uzbekistan.

Dengan luas total hanya 160 kilometer persegi (62 mil persegi). Liechtenstein memiliki panjang sekitar 25 kilometer (15,6 mil) dan lebar 6 kilometer (3,75 mil). Luas totalnya sekitar 0,9 kali ukuran Washington, D.C. Tepi barat wilayah itu terletak di lembah Sungai Rhine bagian atas dan berisi jalur datar sempit tanah subur. Sisanya terdiri dari kaki pegunungan Alpen, ditutupi dengan hutan dan naik ke beberapa puncak tinggi dan terjal di selatan. Sekitar sepertiga dari populasi adalah penduduk asing, termasuk Iran, Turki, dan lainnya, sementara sebagian besar warga negara Liechtenstein sebagian besar berasal dari etnis Jerman, seperti tetangga mereka di Swiss timur dan Austria barat.

Marshall Islands negara terkecil di dunia
Credit: www.dx-world.net

6. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall, merupakan negara yang terletak di Mikronesia, memiliki luas 180 Km2 sehingga merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Kepulauan Marshall, dengan populasi 59.194 orang, adalah salah satu negara berpenduduk paling sedikit di dunia dan memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, dengan 329 orang per km2.

Ibu Kota Kepulauan Marshall atau Marshall Islands adalah Majuro dan mata uangnya adalah dolar Amerika Serikat. Kepulauan Marshall memegang posisi 193 berdasarkan PDB nominal. Utang nasionalnya pada tahun 2020 adalah (46 juta dolar), (rasio utang terhadap PDB 19,01%) dan utang publik per kapita adalah $777 dolar per penduduk.

St Kristoforus-Nevus negara terkecil di dunia
Credit: img.inews.co.id

7. St Kristoforus-Nevus

St. Kitts dan Nevis, negara terkecil di dunia baik luas daratan maupun populasinya, adalah salah satu dari tujuh wilayah independen yang dicakup oleh Kantor Multi-Negara Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Barbados dan Karibia Timur. St Kitts dan Nevis adalah 101 mil persegi dengan populasi 53.104 orang. St Kitts, pulau yang lebih besar, terletak dua mil jauhnya dari Nevis melintasi saluran dangkal yang disebut The Narrows.

Seperti banyak pulau di kawasan ini, perubahan iklim mengancam pulau kembar itu dari naiknya permukaan laut hingga bencana alam dan erosi pantai. Karena itu, mencapai tujuan 13 dan 14, yang membahas aksi iklim dan kehidupan di bawah air, sangat penting bagi misi St. Kitts dan Nevis untuk membangun masyarakat yang lebih tangguh dan berkelanjutan. Melalui inisiatif konservasi seperti inisiatif Tantangan Karibia, tujuan pulau ini adalah untuk melestarikan dan mengelola lingkungan laut dan pesisir serta menerapkan mekanisme keuangan berkelanjutan.

Baca juga: 

10 Negara Terbesar di Dunia dari, Nomor 1 Rusia?

8 Negara Paling Ramah di Dunia, Indonesia Urutan Berapa ?

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top