logo happy play indonesia

10 Negara Terbesar di Dunia dari, Nomor 1 Rusia

negara terbesar di dunia

Negara terbesar di dunia diukur berdasarkan luas keseluruhan area mulai dari area daratan dan area perairan. Teritorial sebuah negara mencakup semua area perairan seperti waduk, sungai dan laut begitu juga daratan.

Setiap negara memiliki luas wilayah yang berbeda-beda. Perbedaan ini mengelompokkan negara-negara menjadi kelompok negara terbesar dan negara terkecil.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas 10 negara terbesar di dunia mengutip dari worldometers, berikut negara-negara terbesar di dunia.

Negara Terbesar di Dunia

1. Rusia

Negara terbesar di dunia dengan total luas wilayah mencapai 17,09 kilometer (km) persegi adalah Rusia. Dari total luas wilayah tersebut, rusia lebih banyak luas daratan sebesar 16,37 juta km persegi. Luas negara Rusia termasuk perairan dan danau baikal, danau air tawar dengan volume terbesar di dunia.

Luas daratan rusia sama dengan 11% luas daratan dunia, dengan ini rusia menjadi negara terbesar di dunia.

2. Kanada

Kanada menjadi negara terbesar di dunia kedua setelah Rusia. Dengan total luas area 9,98 juta km persegi membuat kanada menjadi salah satu negara terbesar dengan persentase 6,1% dari total daratan dunia.  Luas daratan di Kanada sendiri sebesar 9,09 juta km persegi.

Kanada juga termasuk dalam negara yang memiliki jumlah pulai terbanyak di dunia dengan 52.455 pulau. 

3. China

China adalah negara terbesar ketiga di dunia berdasarkan luas wilayahnya, namun bukan hanya besar wilayahnya saja tetapi China juga menjadi negara terpadat di dunia dengan 1,402 miliar penduduk pada 2020.

China membentang luas di atas wilayah 9,7 juta km persegi, dengan luas daratan negara satu ini mencapai 9,38 juta km persegi. Dengan luasnya negara cina sama saja dengan 6,3 % luas daratan dunia.

4. Amerika Serikat

Selanjutnya ada Amerika Serikat di urutan ke 4 negara terbesar di dunia. Berdasarkan luas wilayahnya negara Paman Sam ini mencapai 9,37 juta km persegi dan memiliki luas daratannya sebesar 9,14 juta km persegi dengan sisanya merupakan perairan. Dengan luas daratan yang dimiliki Amerika Serikat sama saja dengan 6,1 % daratan dunia.

5. Brasil

Negara terbesar kelima di dunia adalah Brasil dengan luas wilayah sebesar 8,51 juta km persegi dan memiliki luas daratan 8,35 juta km persegi. Negara satu ini sangat terkenal dengan hutan Amazon sebagai hutan terbesar di dunia. Bentang alam brasil sangatlah bervariasi dan merupakan salah satu negara dengan danau terbanyak dengan 20 ribu danau baik dari danau kecil sampai danau besar. Luas wilayah daratan brasil sama dengan 5,6 % daratan dunia.

6. Australia

Urutan keenam negara terbesar di dunia ada Australia dengan luas wilayah sebesar 7,69 juta km persegi dengan hampir total seluruh wilayahnya adalah daratan dengan 7,68 juta km persegi. 

Daratan Australia mencakup daratan utama Australia, Pulai Tasmania, dan berbagai pulau kecil lainnya.

Fakta lain dari Australia adalah, sepertiga daratan merupakan padang pasir dan sepertiga nya lagi adalah stepa atau semi padang pasir. Daratan Australia sama dengan 5,2 % daratan dunia.

7. India

India dengan luas total wilayah sebesar 3,28 juta persegi dan dengan luas daratan 2,97 juta km persegi mendudukan urutan negara terbesar di dunia ke 7 dan memiliki wilayah daratan 2,0 % daratan dunia. India memiliki alam yang bervariasi mulai dari gurun sampai hutan. 

Meskipun tidak seluas wilayah Rusia tetapi India merupakan negara dengan populasi terbanyak di dunia kedua setelah China, yaitu sekitar 1,38 miliar jiwa atau sama dengan 10 kali lebih banyak penduduk Rusia.

8. Argentina

Argentina masuk dalam daftar negara terbesar di dunia dengan urutan ke delapan. Argentina memiliki luas wilayah dengan total 2,78 juta km persegi dan luas daratannya adalah 2,73 juta km persegi. Dengan luas daratan tersebut sama dengan menyumbang luas daratan dunia sebesar 1,8 %.

Geografi Argentina sangat bervariasi dan bisa dikelompokkan menjadi empat wilayah, mulai dari wilayah andes, utara, patagonia dan pampas. Meskipun wilayahnya cukup luas Argentina hanya memiliki populasi 45,38 jiwa saja.

9. Kazakhstan

Urutan ke sembilan negara terbesar di dunia ada Kazakhstan yang memiliki luas wilayah mencapai 2,75 juta km persegi. Kazakhstan adalah negara antar benua yang sebagian wilayahnya masuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian lainnya masuk dalam kawasan Eropa Timur.

Kazakhstan memiliki alam bervariasi dari dataran rendah sampai pegunungan. Luas wilayah daratan Kazakhstan sama dengan 1,8 daratan dunia.

10. Aljazair

Posisi ke 10 negara terbesar di tempati oleh Aljazair dengan luas wilayah total 2,38 juta km persegi dan sama dengan 1,6 % daratan dunia. 

Aljazair sebagian besar wilayahnya adalah Gurun Sahara dan daratan tinggi. Aljazair merupakan negara terbesar di Afrika. Meskipun memiliki luas lebih dari Indonesia tetapi populasi negara ini lebih sedikit dengan 43,85 juta jiwa.

Itulah 10 negara terbesar di dunia yang kami ulas untuk Anda. Dapatkan informasi menarik lainnya dalam website kami.

Semoga semua informasi yang kami berikan bermanfaat.

Baca juga: 

Permainan playground melatih motorik dan sensorik anak

Negara terbersih di dunia

Negara tertua  di dunia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top