logo happy play indonesia

Permainan Anak TK Edukatif & Bisa dilakukan dirumah

permainan anak tk edukatif

Permainan anak TK edukatif adalah permainan yang bisa melatih pertumbuhan anak serta menstimulasi kreatifitas berfikir anak. Anak-anak memang sangat suka bermain tetapi berikan permainan-permainan yang bisa membantu menstimulasi otak anak. 

Tak hanya permainan anak tk edukatif saja tetapi pilihlah permainan yang bisa dimainkan dimana saja seperti contohnya dirumah. Di masa-masa pandemi sudah pasti membuat kita terbatas untuk keluar rumah, kita orang dewasa saja pasti merasa bosan dengan keadaan ini, apalagi anak-anak. Karena itu pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai permainan anak TK edukatif yang bisa dimainkan dirumah bersama anak.

Permainan Anak TK Edukatif

Berikut permainan anak tk yang bisa dimainkan bersama dirumah.

1. Permainan Membeku

Permainan satu ini sangat menyenangkan bila dimainkan bersama-sama. Ajak seluruh anggota keluarga untuk memainkannya. Cara bermainnya juga mudah, hanya perlu memilih musik atau lagu dan besarkan volumenya agar kedengaran.

Selanjutnya ajak anggota keluarga lainnya untuk menari selama musik berjalan dan berhenti menari ketika musik berhenti. Saat musik berhenti harus membeku dalam posisi terakhir. Meskipun sedang mengangkat satu kaki harus tetap kaku tidak boleh bergerak.

credit: womansday.com

2. Bermain Puzzle

Bermain puzzle menjadi permainan anak lainnya yang bisa dilakukan dirumah dan edukatif. Bermain puzzle dipercaya bisa melatih problem solving atau pemecahan masalah karena dalam bermain puzzle anak akan dilatih untuk merangkai puzzle dengan konsentrasi.

Puzzle juga melatih motorik halus serta melatih logika anak, agar anak suka bermain puzzle pilihkanlah puzzle dengan tema-tema yang disukai anak seperti tema hewan, tumbuhan, huruf, superhero atau lainnya.

3. Berburu Harta Karun

Permainan satu ini mengharuskan anak untuk mencari benda tersembunyi, agar lebih seru dalam bermain permainan ini berikan hadiah kepada penemu benda nya. Berikan beberapa petunjuk dalam lembar kertas dan biarkan mereka mencari.

Langkah pertama sembunyikan barang di suatu lokasi yang sulit dicari lalu siapkan petunjuk kepada anak untuk mencari, selanjutnya biarkan anak memikirkan petunjuk yang diberikan.

Berikan beberapa langkah petunjuk sampai akhirnya menemukan barang utama, dan beri hadiah agar permainan lebih menyenangkan.

4. Bermain Warna

Bermain permainan satu ini bisa dimainkan dengan banyak cara. Bermain permainan warna bisa melatih anak dan mengenalkan anak dengan warna-warna yang belum ia ketahui. Ajak bermain permainan warna dengan berbagai macam bentuk dan pisahkan warna sejenis dan tidak.

5. Bermain Peran

Bermain peran menjadi salah satu permainan umum yang sering dimainkan khususnya anak perempuan. Biasanya memang lebih banyak anak perempuan yang memainkan permainan ini. Bermain peran bisa melatih imajinasi dan daya verbal anak. Ajaklah anak Anda untuk menjadi suatu peran seperti dokter, pasien atau pembeli, penjual dan jadi apapun yang anak sukai.

credit: bangkokkidsbirthday.com

6. Bowling Dalam Ruangan

Bermain bowling bisa menjadi pilihan yang seru untuk bermain di ruangan. Bermain bowling dalam ruangan tidak sulit, bisa memanfaatkan botol air minum bekas. Cara mainnya dengan cara meletakkan beberapa botol air di satu sisi ruangan.

Selanjutnya beri garis untuk batas melempar bola dan siapkan sebuah bola berukuran sedang yang bisa menjatuhkan botol-botol yang dijadikan sebagai target.

7. Bermain Gelembung

Untuk bemain gelembung tidak perlu keluar rumah, bisa juga di dalam ruangan. Cukup menyediakan piring, sabun cuci piring, sedotan dan air saja sudah bisa bermain. Cara bikinnya juga mudah loh.

Pertama tuangkan sedikit sabun cuci piring dan berikan air pada piring, selanjutnya aduk sampai busa mulai terbentuk. Lalu letakkan sedotan di busa dan tiuplah. Mudah bukan.

Itulah beberapa permainan anak TK yang bisa dimainkan dirumah bersama anak. Ajaklah anak bermain baik dirumah ataupun luar rumah. Apabila mengajak bermain anak keluar rumah bisa ajak anak ke taman bermain atau playground terdekat.

Baca juga: 

8 Tips Dekorasi Ruang Bermain Anak, Buat Anak Nyaman

10 Permainan Tradisional Indonesia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top