logo happy play indonesia

8 Tips Dekorasi Ruang Bermain Anak, Buat Anak Nyaman

tips dekorasi ruang bermain anak

Tahukah Anda jika dengan bermain terdapat banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak-anak? Setiap orang tua pasti ingin menyediakan berbagai hal keperluan anak dan berbagai fasilitas terbaik untuk anak bermain. Melihat hal ini ada baiknya membuatkan sebuah ruangan bermain anak yang akan memberikan banyak manfaat.

Dengan adanya ruangan bermain sudah pasti akan membuat rumah Anda lebih tertata dan rapi serta terhindar dari mainan yang berserakan karena anak juga memiliki ruangannya sendiri untuk bermain. 

Dalam membangun sebuah ruangan haruslah dipikirkan matang-matang terlebih dahulu. Pikirkan bagaimana sebaiknya sebuah ruangan dibentuk dan ruangan tersebut harus bisa merangsang kreativitas maupun imajinasi anak. 

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi menarik untuk Anda terkait tips dekorasi ruang bermain anak di rumah, buatlah anak-anak merasa nyaman dirumah.

Tips Dekorasi Ruang Bermain Anak

credit: pinterest.com

1. Tentukan Dekorasi Kesukaan Anak

Hal pertama untuk membuat ruang bermain anak agar menyenangkan adalah menyesuaikan dekorasi dengan kesukaan anak. Apakah anak suka mobil-mobilan atau tokoh kartun lainnya? Wujudkan dekorasi ruang bermain anak dengan kesukaannya dengan contoh menggunakan wallpaper bertema kesukaan anak. Selain wallpaper komunikasikan juga apa inginnya anak seperti warna cat dan lainnya agar menjadi ruangan impiannya.

credit: ingeniovirtual.com

2. Sediakan Tempat Penyimpanan yang Cukup

Dalam ruangan bermain anak-anak yang sudah pasti banyak mainan dan peralatan bermain lainnya tentu saja membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup, hal ini untuk menghindari ruangan menjadi berantakan. Untuk itu, tempat penyimpanan sangat dibutuhkan dan perhatikan juga ukuran tempat penyimpanannya agar mudah dijangkau anak-anak. Terakhir adalah ajarkan anak-anak untuk selalu membereskan mainannya ke tempat seharusnya agar ruang bermain tetap bersih dan tidak berantakan.

credit: karndean.com

3. Jaga Kebersihan Lantai

Aktivitas anak sebagian besar akan dihabiskan di lantai. Melihat hal ini, Anda sebagai orang tua harus mementingkan kebersihan lantai. Mulai dari seringnya menyapu ruangan bermain anak ataupun mengepelnya agar tak ada bakteri-bakteri yang bisa saja mengganggu kesehatan. Namun ada cara lain menggunakan dekorasi dengan cara menggunakan karpet. Dengan karpet memang menambah kenyamanan saat anak bermain di lantai tetapi karpet juga membutuhkan perawatan ekstra karena mudah kotor. Pilihlah karpet yang mudah dibersihkan baik dari debu dan noda. 

credit: alexdaisy.in

4. Pilih Furnitur yang Child Friendly

Selanjutnya tips dekorasi ruang bermain anak dari kami adalah pilihlah furnitur yang terbuat dari material yang aman untuk anak, seperti bahan kayu dan plastik. Menggunakan furnitur bermaterial plastik sangat baik karena terkenal aman dan mudah dibersihkan apabila kotor maupun terkena coretan. Anda bisa menambahkan beberapa barang-barang penting seperti meja dan kursi dalam ruangan bermain anak tetapi jangan terlalu banyak furnitur karena anak membutuhkan ruang gerak yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya.

credit: orami.co.id

5. Beri Ruang Ekspresi Anak

Dalam ruang bermain anak berikanlah sudut ekspresi dengan menggunakan papan tulis agar anak bisa mencorat-coret sesuka hati. Tetapi kebiasaan anak-anak adalah mencorat-coret tembok, sudah sering sekali kita melihat tembok banyak coretan anak. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan cat dinding yang mudah dibersihkan agar bisa membiarkan anak berekspresi sesuka hati. Daripada melarangnya untuk berekspresi lebih baik sediakan tempat untuk mereka berekspresi sesuka hati. 

6. Lengkapi dengan Ventilasi Udara dan Pencahayaan yang Baik

Selanjutnya hal untuk menunjang dekorasi ruang bermain anak adalah memperhatikan ventilasi udara dan pencahayaan yang baik. Hal ini terkadang sedikit diabaikan oleh banyak orang tua. Kebanyakan orang tua mengutamakan desain interior sebagai tolak ukur kenyamanan. Padahal ruangan yang baik adalah yang memiliki sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan yang cukup. Apabila kedua hal tersebut kurang baik bisa membuat ruangan menjadi lembab dan gelap. Jika hal itu terjadi bisa saja berakibat pada masalah kesehatan anak karena lebih rentan untuk terpapar bakteri. 

Namun apabila ruang bermain anak tidak memiliki ventilasi udara dan pencahayaan yang baik Anda bisa menggunakan glass block pada dinding dan pendingin ruangan agar anak merasa nyaman saat bermain.

7. Jangan Letakkan Barang Elektronik

Dalam ruangan bermain anak sebaiknya minimalisir meletakkan barang elektronik seperti televisi atau laptop. Dengan adanya televisi dan laptop di ruang bermain akan membuat anak sibuk menonton TV dibandingkan bermain. Kegiatan ini tentu kurang baik untuk perkembangan anak. Lagi pula dengan adanya barang elektronik akan membuat ruangan menjadi lebih penuh dan ruang gerak anak menjadi terbatas.

8. Gunakan Matras Untuk Alas

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan anak ketika bermain penggunaan matras untuk alas bisa menjadi pertimbangan. Dengan penggunaan matras yang bertekstur empuk akan menambah kenyamanan anak saat bermain di lantai. Selanjutnya dari sisi keamanan juga lebih baik, apabila anak terjatuh ketika sedang bermain akan lebih aman karena matras sangat empuk dan bisa meminimalisir benturan keras.

Itulah beberapa tips dekorasi ruang bermain anak yang bisa kami berikan kepada Anda. Jika anak-anak Anda membutuhkan mainan atau sedang ingin bermain di luar ruangan Anda bisa mengajaknya untuk bermain playground baik playground indoor maupun playground outdoor.

Baca juga: 

Permainan playground mampu melatih motorik dan sensorik anak

5 tips perawatan playground di rumah

5 tips membuat playground anak di rumah dengan minimalis

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top