logo happy play indonesia

9 Negara Termiskin di Asia, Pendapatan Per Kapita Terkecil

negara termiskin di asia

Asia merupakan benua terbesar di dunia dengan 48 negara yang ada di ASia berdasarkan data PBB. Semua negara asia memiliki tingkat ekonomi yang berbeda satu sama lain. Meski dalam beberapa tahun terakhir terdapat sejumlah negara Asia yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik tetapi masih ada negara miskin di asia yang masih harus berjuang mensejahterakan warganya.

Memang banyak negara maju yang berasal dari Asia seperti China, Jepang, Singapura, Uni Emirate Arab yang menjadi perbincangan dunia dalam sektor pertumbuhan ekonomi yang cukup baik bahkan drastis. Namun masih banyak juga negara-negara di asia yang pertumbuhan ekonominya jauh dari negara tersebut.

Banyak sekali faktor penyebab terjadinya kemiskinan negara mulai dari politik, sosial, ekonomi dan lainnya, tetapi yang pasti adalah dengan cara menggunakan jumlah pendapatan per kapita. Variabel yang digunakan untuk menghitung pendapatan per kapita adalah Produk Domestik Bruto (PDB) dan jumlah penduduk.

Lalu negara mana saja yang termasuk dalam negara termiskin di asia? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Negara Termiskin di Asia

1. Afghanistan

Afghanistan adalah negara pegunungan yang sering terjadi konflik bersenjata belakangan ini, tak hanya itu saja tetapi korupsi pemerintah dan ketidaksetaraan pendapatan juga terjadi di afghanistan. Terlibat banyak konflik dan peperangan yang terjadi membuat Afghanistan tercatat menjadi negara termiskin di Asia.

Afganistan memiliki komoditas perdagangan yang diandalkan antara lain adalah tembakau, katun dan gula.

Pendapatan per kapita Afghanistan adalah sekitar 520 dolar AS.

2. Korea Utara

Korea Utara sebenarnya adalah negara termiskin di Asia, namun pemerintah negara satu ini yang sudah dikenal sangat tertutup itu jarang membagikan datanya. Dengan seperti itu para ekonom sulit menentukan sehingga hanya bergantung pada perkiraan para ahli.

3. Yaman

Yaman adalah salah satu negara yang paling tidak berkembang di dunia, hal ini bisa dilihat dari indeks pembangunan manusia PBB bahwa Yaman berada di peringkat 168 dari 177 negara. 

Faktor terbesar penyebab Yaman menjadi salah satu negara termiskin adalah adanya perang saudara, korupsi dan salah mengurus ekonomi. Perang saudara yang terjadi membuat warga Yaman jatuh di bawah garis kemiskinan.

Menurut bank dunia, pendapatan per kapita negara ini adalah sekitar 1.931 dolar AS atau sekitar Rp 27 juta per tahun.

4. Tajikistan

Tajikistan merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet. Dengan sumber daya alam yang baik sebenarnya potensi negara satu ini memiliki potensi yang baik dengan aluminium dan semen. Namun perekonomian negara ini masih mengandalkan sektor pertanian.

Penghambat negara ini berkembang salah satunya adalah kurangnya infrastruktur, sehingga banyak sekali orang terampil yang meninggalkan negara untuk mencari peluang kerja yang lebih baik.

Selain itu di Tajikistan juga ada perang saudara yang di tahun 1990an menghancurkan sekitar seperlima negara ini.

Pendapatan per kapita negara ini relatif sangat rendah yaitu sekitar 806 dolar AS atau sekira dengan 11,3 juta per tahun.

5. Suriah

Suriah menjadi salah satu lagi negara yang jarang membagikan data ekonomi resmi, sama seperti Korea Utara, ekonom mengandalkan perkiraan terbaik mereka. Bahkan sekitar 80 persen warga suriah hidup dibawah tingkat kemiskinan di tahun 2017.

Lagi-lagi perang saudara menjadi penyebab utama tajamnya peningkatan kemiskinan di Suriah. Perang-perang yang terjadi menghancurkan segala fasilitas publik seperti sekolah, rumah sakit dan lainnya.

Berdasarkan data terakhir, Suriah memiliki pendapatan per kapita sekitar 2.834 dolar AS atu sekitar Rp 39 juta.

6. Nepal

Nepal juga termasuk dalam negara termiskin di Asia, kemiskinan yang terjadi di Nepal disebabkan oleh ketidakstabilan politik dan korupsi, ketergantungan pada pertanian dan kurangnya industri. Nepal memiliki sumber daya alam yang bagus namun nepal belum memanfaatkanya secara mandiri melainkan mengekspornya ke negara lain.

Pendapatan per kapita negara satu ini adalah sekitar 1.084 dolar AS atau sekitar Rp 15,2 juta.

7. Kirgistan

Kirgistan salah satu negara pecahan Uni Soviet yang juga masuk dalam daftar negara termiskin di Asia yang sudah pasti disebabkan oleh pendapatan per kapitanya yang relatif rendah.

Penyebab terbesar kemiskinan yang terjadi di kyrgyzstan adalah ketergantungan nya pada sektor pertanian semisal tembakau, wool dan kapas.

Pendapatan per kapita kirgistan hanya sekitar 1296 dolar AS atau sekitar Rp 18,2 juta per tahun.

8. Timor Leste

Timor leste, negara yang dulu pernah menjadi salah satu provinsi di Indonesia ini termasuk dalam negara termiskin di Asia. Tingkat kemiskinan di Timor Leste cukup tinggi tetapi kemajuan telah dicapai oleh negara satu ini berhasil meningkatkan standar kehidupan warga nya. 

Pendapatan per kapita Timor Leste berada pada anga 2.356 dolar AS atau sekitar Rp 34 juta.

9. Myanmar

Myanmar terletak di Asia Tenggara yang sekitar 26 persen penduduknya hidup dalam kemiskinan dan terutaman yang tinggal di daerah pedesaan.

Semua ini bisa terjadi disebabkan oleh perencanaan pemerintah yang buruk ditambah lagi adanya kerusuhan internal sehingga terjadinya kurangnya investasi asing dan tak adanya infrastruktur yang tidak memadai untuk memanfaatkan sumber daya alam negara.

Pendapatan per kapita Myanmar, sedikit di bawah Kirgistan, yaitu 1.249 dolar AS atau sekira Rp17,5 juta.

Baca juga: 

Negara terkaya di asia tenggara

Negara yang tidak pernah dijajah

Negara terbersih di dunia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top