logo happy play indonesia

5 Negara Terkaya di Asia Tenggara

negara terkaya di asia tenggara

Asia tenggara adalah sebuah wilayah di asia yang termasuk bagian penting dalam sistem perdagangan dunia.

Terdapat sebelas negara berdaulat di Asia Tenggara yang tergabung dalam anggota ASEAN, terkecuali Timor Leste.

Negara terkaya di ASEAN mungkin tidak akan memiliki kekayaan di Eropa atau Amerika. Namun kekayaan negara di asia tenggara patut diperhitungkan karena hampir rata-rata negara ASEAN memiliki sumber daya alam yang melimpah dan menjadi pusat ekonomi.

Negara terkaya di asia tenggara

Berikut 5 negara terkaya yang ada di asia tenggara mulai dari singapura sampai ke negara kita Indonesia.

1. Singapura

Singapura menjadi salah satu negara terkaya di Asia Tenggara. Singapura, meski luas wilayahnya tak sebesar kota Jakarta tetapi bisa masuk dalam negara kaya di ASEAN. Hal itu bukan tanpa sebab, Singapura mampu dan berhasil mengelola ekonominya sampai seperti saat ini. Bahkan tak hanya itu, Singapura juga menjadi pusat ekonomi di benua Asia dan bersaing dengan Hongkong.

Singapura menempati tempat pertama di Asia Tenggara dengan pendapatan kotor per kapita rata-rata 65.233 dollar AS atau sekitar Rp 935,37 Juta.

2. Brunei Darussalam

Pada urutan kedua negara terkaya di Asia Tenggara ada Brunei Darussalam dengan pendapatan kotor per kapita sebesar 31.086 dollar AS atau sekitar Rp 445,72 juta.

Negara satu ini sangat berkembang karena didukung oleh sumber daya alam seperti gas alam dan minyak bumi.

Brunei darussalam dan Singapura sama sama tidak menjadikan pertanian sebagai tumpuan ekonomi utama, berbanding terbalik dengan negara di ASEAN lainnya.

Baca juga: 10 Negara terbersih di dunia

3. Malaysia

Negara tetangga kita Malaysia berada di urutan ketiga menjadi negara terkaya di Asia Tenggara. Sempat mengalami krisi moneter di tahun 1998 tidak membuat Malaysia menjadi jatuh, pemulihan ekonomi terus dilakukan hingga kini menjadikannya salah satu negara kaya di ASEAN. 

Malaysia menjadi negara dengan pertumbuhan yang sangat pesat, pendapatan kotor per kapita saat ini pun mencapai 11,414 dollar AS.

4. Thailand

Pendapatan kotor per kapita Thailand mencapai 7.806 dollar AS. Terlihat cukup jauh jika dibandingkan dengan brunei darussalam ataupun singapura, namun dengan nilai yang ada Thailand menjadi negara terkaya di Asia Tenggara di urutan ke empat.

Setelah krisis moneter tahun 1998 Thailand terus berbenah sehingga ekonominya terus membaik dan berkembang.

5. Indonesia

Negara kita termasuk dalam urutan ke lima negara terkaya di Asia Tenggara. Indonesia memiliki pendapatan per kapita senilai 4.135 dollar AS, meskipun terlihat cukup bernilai jauh dengan urutan pertama dan kedua negara terkaya di ASEAN namun Indonesia jauh lebih baik dibandingkan dengan enam negara ASEAN lainnya.

Dengan kekayaan alam yang berlimpah bukan tak mungkin suatu hari nanti Indonesia menjadi negara paling kaya.

Baca juga: 

Daftar negara terkaya di dunia

Negara terkecil di asia tenggara

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top