logo happy play indonesia

5 Negara Termiskin di Asia Tenggara, Berdasarkan GDP

Pertumbuhan ekonomi merupakan hal yang penting bagi semua orang tak terkecuali negara. Adanya indikator pertumbuhan ekonomi juga dapat membantu kita melihat dan mendeteksi masalah yang tengah terjadi di masyarakat, kemudian dilakukan pencegahan dan perbaikan bersama. 

Jika pertumbuhan ekonomi suatu negara baik, maka negara tersebut dapat meningkatkan dan menghasilkan hasil produksi barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan saat ini, dan dengan pertumbuhan ekonomi negara bisa bertahan dalam jangka panjang dan dapat mensejahterakan masyarakatnya. 

Salah satu tolok ukur pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari GDP (Gross Domestic Product) sebuah statistika yang dapat memperlihatkan kesejahteraan rakyat. GDP juga sering disebut PDB (Produk Domestik Bruto), dengan kata lain PDB merupakan ukuran pendapatan dan pengeluaran sebuah ekonomi, mengabaikan pendapatan yang diterima dari atau dibayar kepada non residen. Berikut 5 negara termiskin di Asia Tenggara berdasarkan GDP. 

Negara Vietnam termiskin di asia tenggara berdasarkan GDP
Credit: awsimages.detik.net.id

1. Vietnam

Berdasarkan laporan dari Statista, Gross domestic product (GDP) dari periode survey di tahun 2017-2020, GDP Negara Vietnam di tahun 2022 sebesar 408.95 miliar USD meningkat dibanding sebelumnya dengan GDP per Kapita USD2.715 dan GDP USD 261.921. Sekitar 26% dari populasi Myanmar hidup dalam kemiskinan, terutama di daerah pedesaan, di mana sekitar 70% dari populasi tinggal.

Laos negara miskin di asia tenggara berdasarkan GDP
Credit: i0.wp.com

2. Laos

GDP Negara Laos di tahun 2022 lebih rendah 17.35 miliar USD dibanding tahun sebelumnya dengan GDP per Kapita USD2.534 dan GDP USD18.173. Negara Laos tergolong negara termiskin di Asia Tenggara, karena pembangunan negara tersebut belum maksimal untuk mendorong percepatan ekonomi dan masih banyaknya konflik internal negaranya. 

Negara kamboja negara asia miskin berdasarkan GDP
Credit: cdn.i-scmp.com

3. Kamboja

Negara Kamboja di tahun 2022 memiliki GDP sebesar 28.02 miliar USD berbeda dengan sebelumnya dengan GDP per Kapita USD 1,643 dan GDP USD 27.089. Negara Kamboja memiliki sumber daya manusia yang sangat sedikit dan ketimpangan pendapatan yang meluas dan masuk ke dalam negara termiskin berdasarkan GDP. Terlepas dari pencapaian ekonomi baru-baru ini, negara ini terus berjuang melawan kemiskinan, dan pemerintah tidak berbuat banyak untuk membangun infrastruktur yang diperlukan untuk mengangkat jutaan rakyatnya keluar dari kemiskinan.

Timor leste negara termiskin di asia tenggara berdasarkan GDP
Credit: thumbs.dreamstime.com

4. Timor Leste

Timor Leste, negara yang lepas dari Indonesia ini masuk ke dalam daftar negara termiskin di Asia Tenggara dengan GDP per Kapita USD 1,560 dan GDP USD 2.017. Timor Leste memiliki sistem hukum yang belum sempurna, tingkat melek huruf orang dewasa yang rendah namun membaik, dan khususnya infrastruktur telekomunikasi yang buruk sering disebut-sebut sebagai hambatan tambahan bagi pertumbuhan ekonomi.

Myanmar negara miskin berdasarkan GDP
Credit: www.worldbank.org

5. Myanmar

GDP Negara Myanmar di tahun 2022 69.26 miliar USD berbeda dengan tahun sebelumnya sebesar GDP per kapita USD 1.407 dan GDP USD 76.085.  Sekitar 26% dari populasi Myanmar hidup dalam kemiskinan, terutama di daerah pedesaan, di mana sekitar 70% dari populasi tinggal. Faktor utama yang berkontribusi terhadap lambatnya pertumbuhan ekonomi adalah perencanaan pemerintah yang buruk, kerusuhan internal, kurangnya investasi asing, defisit perdagangan yang besar, dan infrastruktur dan pengetahuan yang tidak memadai untuk memanfaatkan sumber daya alam negara. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

Daftar Negara Terkaya di Dunia Tahun 2022

8 Daftar Negara Termiskin di Dunia 2022, Indonesia Termasuk? 

10 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top