logo happy play indonesia

5 Negara Terkaya di Afrika

negara terkaya di afrika

Benua Afrika menjadi benua yang paling dipandang sebelah mata karena stigma keterbelakangan dan kemiskinan. Tetapi sebenarnya benua Afrika memiliki kekayaan sumber daya alam yang cukup melimpah. Tidak heran jika saat ini mulai muncul negara-negara yang ini terus berkembang dan bahkan bisa terus membaik di masa depan.

Negara-negara di Afrika tak hanya sekedar memperbaiki SDM saja tetapi juga terus memperbaiki dari sistem keuangan yang kini semakin transparan dan juga sistem pengolahan,hal ini meminimalisir ketimpangan sosial yang ada.

Faktor utama keterbelakangan negara di Afrika disebabkan oleh berbagai faktor seperti banyaknya korupsi dan adanya peperangan. Untuk itu modernisasi menjadi prioritas utama agar semakin makmur dan membuat warga Afrika bahagia.

Melihat hal itu, pada kesempatan kali ini kami akan merangkum beberapa negara terkaya di Afrika yang saat ini terus berkembang.

Negara Terkaya di Afrika

Inilah beberapa negara terkaya di afrika yang terus berkembang dan bisa saja menjadi negara terkaya di masa depan.

1. Nigeria

Di urutan pertama negara terkaya di Afrika ada Nigeria dengan PDB tertinggi tahun 2021. Nigeria tercatat mencapai USD 514 miliar dengan penguatan sumber ekonomi dari sektor migas. Dari sektor ini Nigeria bisa meningkatkan pendapatan 10 persen dari total PDB negara dan lainnya dari sektor ekspor sebesar 80 persen. Sektor lain sisanya yang mendorong pesatnya pertumbuhan PDB adalah transportasi, pariwisata, infrastruktur, perdagangan dan industri.

Dengan nilai PDB tersebut Nigeria dianggap sebagai negara paling kaya di benua Afrika dan bisa disebut sebagai negara termaju.

2. Mesir

Mesir, negara yang dikenal dengan Piramid dan Sphinx ini memiliki daya jual di bidang pariwisata, perdagangan dan sumber daya alam yang cukup memadai. Mesir mencatat PDB sebesar USD 394 miliar, peningkatan PDB dari negara satu ini berasal dari sektor teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang selain itu juga dari sektor pariwisata, migas, perdagangan, properti dan infrastruktur.

Selain piramida dan sphinx yang menjadi pusat daya tarik turis keindahan lainnya yang patut dikunjungi adalah gunung sinai atau bukit tursina.

3. Afrika Selatan

Afrika Selatan adalah negara yang paling familiar di mata dunia dan terlebih sudah pernah menyelenggarakan Piala Dunia pada tahun 2010 silam sebagai tuan rumah.

Sebelum dikenal dari Piala Dunia sebagai tuan rumah, Afrika Selatan adalah sebuah negara penghasil emas terbesar di dunia.

Komoditi lainnya seperti kromium, batu bara, bijih besi, nikel, timah, berlian juga mengubah devisa besar untuk negara ini.

4. Aljazair

Aljazair juga dikenal dengan nama Algeria, Negara satu ini berada di sisi barat laut Afrika Utara dengan pemandangan alam yang indah. Menurut IMF, PDB Aljazair mencapai USD 151 miliar. Angka tersebut ada penaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang membuat aljazair terus berkembang.

PDB Aljazair mengandalkan sumber daya alam migas. Pendapatan negara Aljazair dari sektor migas mencarap 60 persen. Meski begitu masih banyak sektor lain yang memiliki peranan penting dalam peningkatan PDB negara seperti sektor jasa, industri, konstruksi dan pertanian.

5. Maroko

IMF mencatat PDB Maroko tahun ini mencapai USD 124 miliar. Angka PDB ini naik drastis dibanding tahun lalu. Maroko menjadi salah satu negara Afrika yang tidak bergantung pada sektor migas untuk mendapatkan pendapatan negara. Perekonomian terbesar yang didapatkan negara satu ini berasal dari sektor pertambangan dan manufaktur. Maroko sudah dikenal sebagai produsen fosfor terbesar ketiga di dunia. Pendapatan negara lainnya juga didukung oleh sektor pertanian, industri dan pariwisata.

Itulah beberapa negara terkaya di Afrika yang terus berkembang setiap tahunnya.

Baca juga: 

Negara terkaya di asia tenggara

Negara yang tidak pernah dijajah

Negara terbersih di dunia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top