logo happy play indonesia

Permainan Anak SD yang Mendidik dan Menunjang Belajar

permainan anak SD

Tentu kita setuju kalau bermain sambil belajar akan sangat menyenangkan apalagi saat kita masih duduk di sekolah dasar. Untuk itu pada artikel ini kami akan membahas permainan anak sd yang mendidik dan menunjang belajar.

Banyak sekali permainan anak sd yang edukatif, seru dan menyenangkan seperti permainan tradisional. Jika ingat permainan edukatif terkadang kita mengingat permainan balita padahal permainan anak SD banyak sekali yang edukatif. 

Perlu disadari bahwa anak sekolah dasar masih dalam masa pertumbuhan baik secara fisik maupun mental. Dengan bermain permainan yang positif sangat bisa membantu anak memaksimalkan pertumbuhannya.

Berikut adalah beberapa permainan anak sd yang bisa menunjang pertumbuhan anak secara motorik dan sensorik.

Permainan Anak SD Tanpa Alat

1. Permainan Lalu Lintas

Permainan anak SD yang mendidik pertama adalah permainan lalu lintas yang mulai kembali populer setelah viralnya series Squid Game di dunia maya. Cara bermainnya pun mudah, pertama harus menentukan siapa yang akan menjadi pemandu permainan. Selanjutnya anak-anak lain berada di belakang pemandu dengan jarak yang cukup. Jika pemandu berteriak “merah” maka tidak ada anak yang bergerak, jika pemandu berteriak “hijau” maka anak-anak boleh bergerak ataupun berlari. Jika pemandu berteriak “macet” maka pemain harus merangkak selambat mungkin. Jika ada yang salah, harusnya tidak bergerak malah bergerak ia akan gugur dalam permainan.

2. Permainan Tradisional

Selanjutnya adalah permainan tradisional, permainan tradisional indonesia sangatlah banyak mulai dari petak umpet, bentengan, gobak sodor, dan lainnya. Banyak permainan tradisional yang bisa bermain tanpa menggunakan alat. Tak hanya itu saja, ternyata permainan tradisional juga memiliki banyak manfaat terhadap pertumbuhan anak karena bisa membantu sensorik dan motorik anak. Pilihan bermain tradisional adalah alternatif paling mudah dan seru untuk dimainkan karena pasti sudah familiar dengan permainannya.

Baca juga: 10 permainan tradisional Indonesia dan cara mainnya

Permainan Anak SD Menggunakan Alat

1. Bermain Catur

Permainan anak sd yang mendidik tetapi menggunakan alat yang pertama adalah Catur. Bermain catur identik dengan orang tua yang memainkannya, akan tetapi jangan salah banyak juga anak-anak tetapi sudah mahir bermain catur. Banyaknya orang tua yang bermain catur memicu anak-anak untuk memainkannya sehingga banyak pula yang sudah mahir.

Saat bermain catur, pemain harus berpikir pion mana yang akan digerakkan. Pemain harus bisa berpikir kritis dan menganalisa tindakan lawan, menyusun strategi di tiap langkah dan perlunya mengambil konsekuensi di setiap langkah saat bermain. Banyak sekali hal-hal positif yang akan didapatkan anak saat bermain catur.

2. Bermain Lego

Bermain lego akan sangat baik untuk perkembangan anak, tak ada salahnya Anda sebagai orang tua membelikan permainan satu ini. Permainan lego sangat baik untuk anak karena bisa mengasah kemampuan otaknya. 

Bermain lego dapat melatih sisi kreatifitas dan imajinasi anak sehingga akan mampu dalam memecahkan masalah. Lalu juga bisa meningkatkan kemampuan untuk saling bersosialisasi dan kerja sama dalam menyusun lego dan melatih koordinasi tangan dan keahlian motorik.

3. Bermain Puzzle

Hampir sama seperti lego, permainan puzzle termasuk permainan yang sangat digemari oleh banyak orang terutama anak-anak. Hingga sampai saat ini permainan yang bisa dibilang sangat sederhana ini cocok untuk dimainkan oleh anak-anak khususnya anak sekolah dasar. 

Permainan puzzle adalah permainan memecahkan susunan puzzle sehingga membentuk pola yang sesuai. Permainan puzzle memiliki banyak sekali varian dari mulai pola hingga ukurannya. 

Permainan satu ini membantu megembangkan pertumbuhan anak dari sisi meningkatkan daya ingat, melatih tingkat kesabaran, melatih koordinasi mata dan tangan dan melatih konsentrasi.

Itulah beberapa permainan anak sd yang mendidik dan bisa menunjang belajar anak. Jangan sepelekan ketika anak bermain, karena dengan bermain secara tidak langsung anak-anak melatih dan mengembangkan berbagai sisi dalam diri nya. Banyak sekali potensi yang akan keluar dalam diri anak-anak ketika mereka sedang bermain.

Baca juga: 

Tips dekorasi ruang bermain anak

Permainan anak tk

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top