logo happy play indonesia

Tips Membuat Rumah Ramah Anak Untuk Kenyamanan

Anak-anak adalah jantung dari setiap rumah. Karena kehadiran mereka membuat rumah terasa seperti surga, maka dari itu Anda harus membuat ruang nyaman untuk anak-anak, agar dapat tidur dengan nyenyak di rumah, sehingga mereka senang menghabiskan waktu di dalamnya.

Seperti orang tua lainnya, Anda pasti ingin anak Anda merasa aman. Tetapi bagaimana membuat suasana di dalam rumah di mana pikiran, tubuh, dan jiwa anak-anak Anda dikalibrasi ulang? Nah, artikel kali ini adalah tentang tips membuat rumah ramah anak dan nyaman untuk anak. Simak artikel selengkapnya. 

1. Beri Perlindungan Perabot Bersudut Tajam

Ketika anak-anak Anda bermain di sekitar rumah, mereka dapat menjadi sedikit rentan terhadap kecelakaan kecil jika rumah Anda melibatkan potongan-potongan furnitur dengan ujung yang tajam. Untuk meminimalkan risiko kecelakaan, kami sarankan untuk membeli furniture agak bulan dan tidak tajam. Jika Anda sudah memiliki furniture bermata tajam di rumah, Anda dapat mempertimbangkan untuk menerapkan pelindung tepi untuk membatasi potensi kecelakaan dan membuat rumah yang nyaman untuk anak.

2. Pastikan Stop Kontak dan Kabel Tersembunyi

Stop kontak dan kabel sangat berbahaya jika lokasinya dapat dijangkau anak, karena akan berisiko tersetrum. Jangan sampai karena letak dan terbukanya stop kontak dapat menarik perhatian anak dan disentuh anak. Sembunyikanlah kabel yang berantakan dan tidak sedap dipandang ini dengan bantuan kotak kabel dan ciptakan rumah ramah bagi anak.

3. Gunakan Cat Dinding Khusus di Area Bermain

Anda mungkin pernah mendengar sebelumnya bahwa warna dinding di rumah Anda mengatur suasana hati orang-orang di dalam rumah. Dan itu benar-benar berlaku untuk anak-anak Anda juga. Saat mengecat rumah Anda, Anda harus sedikit fokus pada anak-anak Anda. Pilih warna yang akan mencerahkan rumah Anda dan membuat anak Anda lebih rileks dan tenang. Juga, jangan lupa bahwa anak-anak Anda dapat membuat kekacauan dengan menggambar di dinding. Untungnya, cat interior yang bisa dicuci adalah solusi yang bagus untuk massa seperti itu.

4. Simpan Barang Pecah Belah

Pisahkan dan simpan barang pecah belah yang ada di sekitar rumah. Ketika anak-anak Anda bermain di sekitar rumah, mereka dapat menjadi sedikit rentan terhadap kecelakaan kecil jika rumah Anda melibatkan potongan-potongan furnitur dengan ujung yang tajam. Benda atau pecahan mainan yang berserakan saat bermain bisa saja terinjak tak sengaja, maka dari itu untuk membatasi potensi kecelakaan simpang barang pecah belah di tempat yang aman dan ramah bagi anak. 

5. Tambahkan Railing dan Pagar Pada Tangga

Railing dan pagar pada tangga ini akan menghalangi seorang anak sampai mereka mencapai usia yang aman bagi mereka di taman. Penggunaan railing dan pagar memiliki banyak keunggulan, seperti ini akan menghalangi seorang anak sampai mereka mencapai usia yang aman bagi mereka.

6. Pilih Tempat Penyimpanan Tertutup

Pilihlah tempat penyimpanan tertutup untuk membuat rumah Anda rapi dan nyaman untuk anak-anak, ajari juga kepada anak untuk menyimpan kembali mainan yang sudah dimainkan. Cara ini ampuh bagi anda dan anak dalam menciptakan rumah ramah anak. 

7. Jauhkan Obat-Obatan, Bahan Kimia dan Benda Tajam

Jauhkanlah obat-obatan, bahan kimia dan benda tajam dari anak. Simpan bahan kimia, obat-obatan, dan juga benda tajam di tempat tertutup yang tidak bisa dengan mudah dijangkau oleh anak. Selain itu, obat nyamuk, pembersih lantai, atau deterjen juga harus disimpan di tempat tertutup yang tidak diketahui oleh mereka. Jangan sampai anak bisa menjangkau barang-barang ini dan memasukkannya ke dalam mulut karena akan sangat berbahaya. 

Baca juga: 

8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

5 Tips Perawatan Playground Mudah di Rumah

5 Ide Kreatif Ajak Anak Main di Rumah Saat Libur

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top