logo happy play indonesia

Cara Bikin Ruang Belajar Yang Nyaman Di Rumah

Bukan hanya rumah, ruang belajar juga harus dibuat senyaman mungkin. Ruang belajar adalah ruangan khusus yang digunakan untuk belajar, mengerjakan pekerjaan, membaca, dan tempat untuk menyimpan dokumen-dokumen. 

Ruang belajar memiliki banyak manfaat bagi anak yaitu bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi anak ketika belajar, dan memberikan kenyamanan kepada anak agar belajar dengan tenang dan dapat memberikan hasil yang maksimal. Berikut cara buat ruang belajar yang nyaman di rumah untuk anak. 

1. Tentukan Lokasi Ruangan

Langkah pertama untuk membuat ruang belajar yang nyaman di rumah adalah dengan menentukan lokasi ruangan yang akan dijadikan ruang belajar. Dari banyaknya ruangan yang ada di rumah, sisakanlah satu ruang yang digunakan atau dibuat khusus untuk belajar. Kalo tidak ada ruangan lagi, Anda bisa memanfaatkan sedikit ruang untuk meja belajar anak. 

2. Perhatikan Pencahayaan Dan Sirkulasi Udara

Pencahayaan ruangan dan sirkulasi udara yang baik dapat memberikan kenyamanan bagi anak. Ruangan yang gelap atau redup tidak baik untuk mata anak, dapat menimbulkan kerusakan mata dan saat membaca anak tidak bisa melihat secara maksimal. Begitu pula dengan sirkulasi udara, ruangan yang minim dan tidak punya sirkulasi udara yang bagus akan membuat anak cepat lelah dan bisa sesak nafas, karena udara tidak bisa keluar masuk dengan baik. 

3. Tambahkan Dekorasi

Tahap selanjutnya untuk membuat ruang belajar yang nyaman adalah dengan menambahkan dekorasi yang anak suka. Misalnya dengan cat tembok yang cerah dan dipadukan dengan warna yang lucu. Anda juga bisa menambahkan hiasan dan lukisan lain agar tidak bosan. 

4. Lengkapi Kebutuhan Belajar

Cara bikin ruang belajar yang nyaman lainnya dengan melengkapi kebutuhan belajar seperti buku, pensil, pulpen dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Lengkapi kebutuhan belajar agar anak tidak repot mencari kebutuhan belajar di luar rumah. 

5. Fitur Yang Nyaman

Bikin ruang belajar yang nyaman di rumah bisa meningkatkan kualitas belajar anak apalagi ditambah fitur yang nyaman. Misalnya dengan menambahkan bean bag, atau hiasan lainnya yang menarik mata. 

6. Musik Dan Aroma Terapi

Belajar makin rileks dengan menambahkan musik dan aroma terapi. Aroma terapi dapat membantu meringankan insomnia, meringankan rasa sakit, seperti nyeri haid, nyeri akibat batu ginjal, atau nyeri pada osteoartritis. Membantu mengurangi stres anak belajar.

Baca juga: 

Cara Belajar Cerdas Untuk Anak

Tips Membuat Rumah Ramah Anak Untuk Kenyamanan

8 Tips Dekorasi Ruang Bermain Anak, Buat Anak Nyaman

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top