logo happy play indonesia

5 Ide Kreatif Ajak Anak Main di Rumah Saat Libur

Hari libur menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang, baik itu libur sekolah maupun libur dari hiruk pikuk pekerjaan. Libur memiliki berbagai manfaat salah satunya untuk menghilangkan stress, bisa juga dengan libur menjadi momen tersendiri untuk membuat kenangan yang menyenangkan bersama anak dan membantu anak tumbuh dewasa dengan kenangan yang baik. 

Berlibur bersama keluarga dapat dilakukan dengan merencanakan pergi ke suatu tempat wisata, camping bersama, berkunjung ke museum, mengunjungi kebun binatang, dan melakukan perjalanan lainnya. Namun beberapa orang enggan untuk pergi melakukan perjalanan jauh dengan resiko macet dan lelah di perjalanan, ada alternatif lain untuk Anda yang ingin menikmati waktu liburan bersama anak dengan 5 ide kreatif yang bisa dilakukan di rumah.

Credit: https://ae01.alicdn.com

1. Membuat Kolam Mandi Bola 

Mandi bola biasa ditemukan di playground indoor pusat perbelanjaan atau bisa juga ditemukan di pasar malam dadakan setiap malam minggu. Jika Anda ingin bermain di rumah saja, Anda dapat membuat kolam mandi bola sendiri di rumah, dengan membeli bola mainan kecil di toko mainan, kemudian di taruh ke dalam kolam karet atau bak, bisa juga Anda tambahkan air agar semakin seru.

Credit: cdf.orami.co.id

2. Buat Ayunan di Rumah

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan saat menghabiskan waktu libur bersama anak dan keluarga yaitu membuat ayunan di rumah. Cukup Anda siapkan saja tali dan kain yang kokoh untuk membuat ayunan, Anda juga bisa memanfaatkan kayu yang ada di rumah, atau mobil ban bekas. Di jamin meski hanya di rumah, anak tetap merasa senang menghabiskan liburan di rumah.

Baca juga: Cara Bermain Ayunan yang Aman Bagi Anak

Credit: tentik.com

3. Bermain Permainan Tradisional

Masa kanak-kanak adalah fase dimana anak aktif bermain, berlari, dan senang melompat. Anda bisa salurkan aktivitas yang sering anak lakukan dengan bermain permainan tradisional, misalnya bermain engklek, bermain petak umpet, bermain lompat karet, bermain congklak dan permainan tradisional lainnya. Melalui permainan ini selain menghibur anak, Anda juga bisa melatih kemampuan anak dalam berpikir, dan melatih motorik anak.

Baca juga: 10 permainan tradisional indonesia yang seru dan cara mainnya

Credit:www.verywellfit.com

4. Olahraga Bersama

Liburan bersama keluarga bisa Anda manfaatkan dengan berolahraga bersama. Berolahraga bersama keluarga dapat meningkatkan kualitas hidup, membantu mencegah osteoporosis dini, mencegah nyeri punggung dan masih banyak manfaat lainnya. Olahraga yang bisa Anda lakukan bersama keluarga dengan bersepedah bersama, jogging bersama, jalan kaki atau bermain bulu tangkis dipekarangan rumah. 

Credit: diyprojects.com/wp-content

5. Membuat DIY Mainan Dari Barang Bekas

Selain aktivitas fisik, Anda bisa mengajak keluarga dan anak membuat sebuah kerajinan yang kreatif dari barang bekas di sekitar Anda. Misalnya dengan membuat pojok kreativitas di mana isinya adalah gambar dan prakarya yang dibuat bersama. Prakarya yang dimaksud bisa apa saja, contoh membuat gambar hewan dari daun kering yang kemudian di tempel di tembok, membuat tempat pensil dari tube bekas tisu yang telah dihias dan diwarnai secara menarik. 

Itulah 5 ide kreatif mengajak anak bermain di rumah saat libur yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Dapatkan informasi dan update artikel terbaru Happy Play Indonesia. 

Baca juga: Seru! Kreasikan Barang Bekas Jadi Mainan Edukatif Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top