logo happy play indonesia

Rincian Biaya Pembuatan Waterpark Mini Terbaru

Rincian Biaya Pembuatan Waterpark Mini Terbaru

Jenis luas waterpark beragam dari yang paling kecil, medium, sampai besar. Jika Anda ingin membuat wisata air, disarankan cari tahu dulu rincian biaya pembuatan waterpark mini terbaru, jika sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda bisa langsung lakukan pemesanan. Namun, jika Anda berencana untuk membuat sesuatu yang lebih besar dan kompleks, disarankan lakukan konsultasi dengan tim Happy Play Indonesia.

Apa itu kolam renang waterpark dan cara menentukan anggaran pembuatan waterpark waterplay.jpg
Sumber: freepik.com

Apa itu Kolam Renang Waterpark?

Sebelum lanjut kepembahasan, tahukah Anda apa itu kolam renang waterpark? Mari kita bahas bersama. Menurut Peraturan Kementrian Kesehatan, kolam renang adalah suatu tempat yang menyediakan fasilitas berupa konstruksi kolam dengan air bersih yang telah diolah. Kolam ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas kenyamanan dan keamanan, baik di dalam maupun di luar bangunan, yang digunakan untuk kegiatan berenang, rekreasi, atau olahraga air lainnya. 

Fasilitas kolah renang waterpark memiliki keunggulan masing-masing di setiap tempat. Mungkin setelah melihat pembahasan ini Anda berminat untuk membuat kolam renang di rumah atau waterpark untuk bisnis Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ingat sebelum menyusun, yaitu cara menentukan rincian anggaran pembuatan waterpark waterplay seperti di bawah ini.

Cara Menentukan Rincian Anggaran Pembuatan Waterpark Waterplay

Perencanaan anggaran biaya yang detail merupakan hal yang Anda perlu pikirkan dan putuskan, apakah akan menggunakan dana pribadi atau melibatkan investor dalam pendanaan proyek tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menentukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembuatan Waterboom mini:

1. Perjelas Konsep Waterpark yang Diinginkan

Sebelum menghitung rincian biaya pembuatan waterpark mini terbaru, sangat penting untuk menetapkan tujuan pendirian wahana air tersebut serta memilih konsep yang akan digunakan. Misalnya, apakah Anda ingin membangun wahana dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor), dengan desain dan tema tertentu yang sesuai.

Selain itu, Anda juga perlu menentukan jenis wahana permainan air yang akan disediakan dan jumlah wahana yang akan dinikmati oleh pengunjung. Jangan lupa untuk mempertimbangkan fasilitas pendukung seperti food and drink court, area parkir, layanan penitipan barang, kamar ganti, dan lain sebagainya. Semua hal ini akan mempengaruhi biaya yang harus Anda keluarkan dalam pembangunan Waterpark.

Dengan menetapkan tujuan, memilih konsep yang sesuai, menentukan jenis wahana, dan menyediakan fasilitas pendukung yang dibutuhkan, Anda akan dapat menghitung rincian biaya pembangunan Waterpark mini secara lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Pertimbangkan Biaya

Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah mempertimbangkan rincian biaya pembuatan waterpark mini utama yang harus dikeluarkan dalam pembangunan. Meskipun ukurannya lebih kecil, setiap detail tetap penting karena akan berdampak pada kelangsungan bisnis di masa depan. Penting untuk mencatat beberapa item kebutuhan primer yang diperlukan.

Beberapa biaya utama yang perlu dipertimbangkan antara lain pembelian lahan, pengadaan bahan material konstruksi, pengadaan fasilitas, wahana permainan air, asuransi, biaya operasional, penggajian karyawan, serta proses pembuatan surat izin usaha. Dalam hal ini, ada beberapa biaya yang hanya perlu dibayarkan sekali, sementara ada juga biaya yang berlangsung secara berkelanjutan.

Dengan memperhatikan dan mengatur biaya utama ini dengan baik, Anda dapat memastikan kelancaran pembangunan Waterpark mini dan kelangsungan bisnis yang berkelanjutan. Penting untuk merencanakan dan mengalokasikan dana dengan cermat agar semua aspek penting tercakup, baik yang bersifat sekali bayar maupun yang berkelanjutan dalam operasional bisnis Anda.

3. Lakukan Studi Kelayakan 

Melakukan studi kelayakan adalah salah satu langkah penting untuk memperoleh dana, mengestimasi biaya pembuatan waterpark tambahan proyek, serta memahami tren industri terkini. Anda dapat bekerjasama dengan jasa kontraktor bangunan sipil atau arsitek yang memiliki keahlian dalam pembangunan wahana dan water slide.

Dengan melakukan kolaborasi tersebut, Anda akan mendapatkan Waterpark mini yang terbaik dan sesuai dengan konsep yang telah direncanakan sebelumnya. Dalam melaksanakan studi kelayakan, tentunya akan ada biaya operasional awal yang perlu diperhitungkan, seperti transportasi dan akomodasi yang harus disediakan.

Dalam melakukan studi kelayakan, penting untuk mengumpulkan data yang akurat dan melakukan analisis yang mendalam untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan melibatkan para ahli dan memperhitungkan biaya operasional awal, Anda dapat memastikan kesuksesan Waterpark mini yang Anda bangun dan mengoptimalkan potensi pengembangan bisnis Anda.

4. Pilih Kontraktor dan Supplier Berpengalaman

Rincian biaya pembuatan waterpark mini terbaru sangat bergantung pada pilihan kontraktor dan supplier, mahal atau murah, berkualitas atau tidak ini akan sangat berpengaruh. Maka dari itu, cari dan pilihlah kontraktor dan supplier yang berpengalaman dan tentunya telah lulus uji sertifikasi dari SNI dan ISO

Kami Happy Play Indonesia, perusahaan supplier dan produsen waterpark waterplay telah menyelesaikan ribuan proyek wahana permainan anak di berbagai daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, keamanan dan kenyamanan pelanggan adalah hal penting, untuk itu segala produk dan jasa kami telah lulus uji sertifikasi SNI dan ISO untuk mendukung kenyamanan dan keamanan customer. 

Baca juga: 

Apa itu Waterplay?

Produsen Waterplay Happy Play

Perkiraan Budget Modal Membuat Waterpark

Setiap bisnis membutuhkan modal awal sebagai syarat utama untuk memulai usaha. Jika Anda berencana membuka Waterpark mini sebagai taman hiburan atau bahkan membuatnya sendiri di rumah untuk anak-anak, berikut adalah perkiraan budget modal yang dibutuhkan:

1. Biaya Pembangunan

Jika Anda ingin membangun Waterpark mini, Anda dapat melakukannya dengan modal puluhan juta rupiah. Biaya pembangunan ini tergantung pada desain, konsep, dan bahan material yang Anda pilih.

2. Biaya Waterplay atau Permainan

Dalam pemasangan waterplay membutuhkan ada nya instalasi jalur air atau saluran air agar permainan menyenangkan. Dengan adanya waterplay atau permainan air akan membuat sebuah kolam renang atau waterboom menjadi lebih menarik dan esensi dari waterboom adalah adanya permainan dalam kolam renang, jadi waterplay adalah hal yang sangat penting untuk ada dalam waterboom/waterpark.

Biasanya instalasi waterplay dikerjakan oleh supplier waterplay itu sendiri begitu pula instalasi airnya. Seperti halnya Happy Play Indonesia yang memberikan pelayanan waterplay juga menyediakan layanan jasa pasang dan instalasi jalur air.

Jasa pemasangan waterplay dan instalasi saluran air bersama happy play berkisar mulai dari 50 juta dengan ukuran luasan 8 x 4 m2. Untuk mengetahui perhitungan lengkapnya Anda bisa langsung menghubungi tim kami dengan hubungi kami sekarang juga.

3. Biaya Pemeliharaan dan Perawatan

Untuk menjaga kebersihan kolam renang dan wahana lainnya di dalamnya, Anda perlu menyisihkan biaya perawatan. Namun, perawatan Waterpark mini ini tidak membutuhkan anggaran sebesar bangunan besar.

Anda dapat menambahkan kaporit sebanyak 1 hingga 2 genggam setiap minggu. Sirkulasi air sebaiknya tetap berjalan selama 7 hingga 8 jam setiap hari, meskipun kolam renang tidak digunakan. Pembersihan ini tidak membutuhkan daya listrik yang besar.

Bisnis Waterpark mini menjanjikan karena masih sedikit orang yang membuka usaha jenis ini. Setiap kota mungkin hanya memiliki satu atau bahkan belum tentu ada Waterpark mini. Prospeknya semakin cerah karena persaingan masih minim. Jadi, pertimbangkanlah untuk memulai usaha ini.

Prospek Bisnis Waterpark

Waterpark sebagai tujuan wisata sangat memungkinkan, jika diperhatikan banyak dari sekolah yang melakukan kunjungan wisata baik untuk sekedar wisata atau kegiatan pengambilan nilai olahraga siswa/i. Waterpark atau taman air menjadi sebuah peluang bisnis yang menarik bagi para pengusaha properti, dan minat masyarakat terhadapnya pun semakin meningkat.

Bisnis waterboom menawarkan potensi keuntungan besar dengan cara yang sederhana. Pasar yang dituju sangat luas, meliputi berbagai kelompok usia mulai dari bayi hingga lansia, karena hampir semua orang menyukai berenang sebagai kegiatan untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan rekreasi.

Pada hari-hari biasa maupun saat liburan sekolah dan akhir pekan, waterboom selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat umum dan anak-anak sekolah. Ini menyebabkan bisnis waterboom memiliki pertumbuhan yang pesat.

Keuntungan dalam bisnis waterboom tidak hanya berasal dari penjualan tiket masuk, tetapi juga dari berbagai sumber lain seperti kantin, penyewaan ban dan peralatan renang untuk pemula, penyewaan loker, serta kursus berenang. Hal ini membuat pendapatan harian menjadi fantastis, terutama jika bisnis waterboom sudah dikenal dan menjadi tujuan pengunjung dari berbagai daerah, termasuk luar kota dan luar provinsi di seluruh Indonesia. 

Membutuhkan supplier waterplay waterpark berpengalaman hubungi happy play indonesia.png

Membutuhkan Supplier Waterplay Berpengalaman?

Sudah lihat tahapan dan rincian biaya pembuatan waterpark mini terbaru? Ya itulah hal-hal yang perlu Anda lihat dan pertimbangkan dalam pembuatan waterplay. Jika Anda sedang mencari supplier waterplay yang berpengalaman untuk kebutuhan taman air Anda, tidak perlu khawatir lagi. Tim Happy Play Indonesia siap membantu Anda dalam konsultasi dan pemesanan. Dengan pengalaman yang telah terbukti dan jam terbang dalam mengerjakan berbagai proyek di banyak daerah, kami menjadi salah satu supplier terbaik saat ini.

Kami memahami betapa pentingnya peralatan waterplay yang berkualitas dan aman bagi pengunjung. Oleh karena itu, kami menyediakan segala kebutuhan permainan air atau waterplay untuk kolam renang atau waterpark Anda. Dengan desain yang menarik dan inovatif, kami akan membantu menciptakan pengalaman bermain air yang menyenangkan dan menghibur bagi pengunjung Anda.

Jadi, jika Anda membutuhkan supplier waterplay berpengalaman yang dapat memberikan solusi tepat untuk pengadaan waterplay di taman air Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim Happy Play Indonesia. Klik banner di bawah ini untuk konsultasi dan pemesanan. Kami siap membantu mewujudkan impian Anda dalam menciptakan taman air yang menarik dan menghibur!

Baca juga:

Apa itu Waterpark? Simak Juga Perbedaanya Dengan Waterplay 

6 Jenis Water Splash di Waterpark, Bentuknya Unik dan Menggemaskan

Bagikan Artikel Ini: