logo happy play indonesia

Analisis Bisnis Peluang Usaha Waterpark – Happy Play

Membutuhkan Peralatan Taman Bermain Air

Sebagai pengunjung saat Anda melihat waterpark mungkin hanya sebatas permainan anak, tapi jika Anda melihat lebih luas lagi waterpark sangat berpeluang dijadikan sebuah bisnis. Bagi Anda yang berminat pelajari dan lakukan analisis bisnis peluang usaha waterpark, berikut tahapan analisisnya. 

Analisis Bisnis Peluang Bisnis Waterpark happy play indonesia
Sumber: freepik.com

Analisis Bisnis Peluang Bisnis Waterpark

Membuka bisnis kolam renang ternyata belum banyak dilirik oleh para pengusaha, terutama di Indonesia. Faktanya, di beberapa daerah, wahana hiburan ini masih jarang ditemukan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa jenis usaha ini masih memiliki sedikit pesaing dan peluang usaha kolam renang yang cukup besar. 

1. Biaya Operasional yang Murah

Cara menganalisis bisnis peluang usaha waterpark bisa dilihat dari biaya operasional yang murah. Biaya operasional diartikan sebagai pengeluaran yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari dalam sebuah perusahaan, seperti pembayaran gaji karyawan, komisi penjualan, tunjangan karyawan, kontribusi pensiun, biaya transportasi dan perjalanan, penghapusan nilai aset, biaya sewa, perbaikan, hingga pembayaran pajak.

Alasan mengapa biaya operasional lebih terjangkau dan lebih murah dibanding yang lainnya adalah karena usaha waterpark tidak memerlukan pengiriman barang seperti pada jasa antar atau makanan pokok lainnya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau anggaran besar untuk menjalankan pemeliharaan rutin. Penting untuk melakukan analisis ini sebelum memulai usaha agar tidak terlalu terbebani atau khawatir mengenai masalah biaya.

2. Tidak Memerlukan Tenaga Ahli

Beberapa bisnis memerlukan tenaga ahli untuk menjalankan usahanya, jika dianalisis bisnis peluang usaha waterpark tidak memerlukan tenaga ahli. Maksudnya, setidaknya seluruh orang pasti bisa bekerja sebagai karyawan di usaha Anda tanpa harus mempunyai keterampilan atau keahlian khusus.

Beberapa posisi pegawai yang cukup digunakan dalam usaha ini untuk mengelola kolam renang, antara lain keamanan (safeguard), petugas kebersihan, penjaga tiket/ loket, penjaga penitipan barang dan tempat penjual makanan minuman.

3. Aset Kolam Renang dan Waterplay Tahan Lama

Pada dasarnya, bisnis ini adalah usaha penyewaan properti berupa kolam renang dan berbagai fasilitas di dalamnya. Dalam bisnis ini, semua peralatan disewakan dan dipelihara agar pengunjung dapat menikmatinya, sehingga properti tersebut tetap utuh dan menjadi milik pengusaha, peluang usaha waterpark ini akan menguntungkan Anda. 

Berbeda dengan bisnis penjualan minyak, di mana pengusaha harus membeli lagi saat persediaan habis. Hal ini dapat menjadi keuntungan bagi Anda, karena bisnis ini merupakan investasi yang menjanjikan dan dapat berkembang seiring dengan peningkatan harga properti dan tanah dari waktu ke waktu.

4. Menjadi Sumber Lapangan Kerja

Bisnis kolam renang tidak hanya memberikan peluang cuan, tapi juga menjadi sumber lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang butuh dan ingin menyalurkan kemampuan bekerjanya. Adanya fasilitas kolam renang sebagai tempat hiburan, secara tidak langsung akan menciptakan peluang kerja bagi masyarakat sekitar. 

Contohnya, posisi petugas parkir dapat diberikan kepada warga setempat. Selain itu, ada juga pegawai lain yang bertugas di dalam kolam renang seperti penjaga tiket, penjual makanan, dan sebagainya. Keberadaan kolam renang akan memberikan dampak positif bagi perekonomian di sekitar lokasi. Hal ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain di sekitar Anda.

5. Pengunjung Yang Tidak Henti

Dalam mengembangkan bisnis, salah satu tantangan utama sekaligus peluang usaha kolam renangyang dihadapi oleh para pengusaha adalah pemasaran. Menarik minat dan mendapatkan pelanggan menjadi fokus utama bagi seorang entrepreneur. Namun, jika Anda memiliki wahana hiburan, pengunjung akan datang dengan sendirinya tanpa perlu upaya pemasaran yang berlebihan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini karena kegiatan berenang tidak terbatas pada musim tertentu dan tidak ada batasan usia. Anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua dapat menikmati berbagai wahana yang disediakan. Jika fasilitas yang Anda tawarkan lengkap dan lokasi mudah dijangkau, maka pengunjung akan datang dengan sendirinya.

Membutuhkan Peralatan Taman Bermain Air?

Apakah Anda sedang merencanakan pembangunan kolam renang atau waterpark yang dilengkapi dengan permainan air yang seru? Jika ya, Happy Play Indonesia adalah solusi tepat untuk memenuhi semua kebutuhan permainan air atau waterplay Anda. Sebagai perusahaan yang berpengalaman dan terpercaya, kami hadir untuk menyediakan segala perlengkapan yang Anda butuhkan untuk menciptakan pengalaman bermain air yang tak terlupakan.

Dengan pengalaman dan jam terbang yang telah kami miliki, Happy Play Indonesia telah sukses menyelesaikan berbagai proyek waterpark waterplay di berbagai daerah. Hal ini menjadikan kami salah satu supplier terbaik dalam industri ini. Ayo website resmi untuk melihat produk-produk kami dan jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui klik banner di halaman di bawah untuk konsultasi dan pemesanan. 

Baca juga:

Produsen Waterplay Wahana Permainan Air

Bisnis Wisata Waterpark untuk Memajukan Wisata Daerah

Bagikan Artikel Ini: