logo happy play indonesia

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani di Sekolah

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani di Sekolah

Kegiatan akademik yang panjang membuat anak lebih cepat lelah dan tidak ada waktu senggang untuk berolahraga. Namun, sekolah ikuti cara meningkatkan kebugaran jasmani di sekolah dengan menyediakan area playground dan area outdoor fitnes untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak. 

Baca juga: Bangun Playground Aman Untuk Anak Di Sekolah

Kenapa kebugaran jasmani penting untuk anak
Sumber: freepik.com

Kenapa Kebugaran Jasmani Penting?

Pernahkan terlintas dalam pikiran Anda mengapa kebugaran jasmani penting? Itu adalah sebuah hal yang wajar bagi Anda yang belum mengerti dan tahu alasannya. Mari kita pahami lebih dulu apa yang dimaksud kebugaran jasmani. 

Kebugaran jasmani atau kesehatan fisik tidak melulu tentang otot, tubuh yang ideal, tinggi badan yang semampai dan lainnya. Kesehatan fisik itu mencakup aspek kecil yang bisa jadi telah Anda abaikan. 

Kebugaran jasmani ini maksudnya adalah Anda perlu menggerakan seluruh anggota tubuh Anda untuk terus aktif sesuai porsi, misalnya melakukan gerakan jalan pagi di akhir pekan jika Anda sibuk bekerja, bersepedah santai, olahraga di area fitnes luar ruangan dan sebagainya.

Kegiatan santai yang Anda lakukan secara rutin ini perlahan akan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan, seperti dibawah ini manfaat olahraga untuk kesehatan Anda. 

1. Mengurangi Resiko Sakit

Berolahraga di area fitnes luar ruangan secara rutin membantu Anda mengurangi risiko sakit, karena dengan olahraga Anda akan rajin mengatur nafas, menggerakan tubuh Anda lebih optimal sekaligus membuat otot ditubuh menjadi lebih rileks. 

Aktivitas fisik di outdoor fitness dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung  karena meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik, bahkan mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari. Tubuh yang kuat juga  lebih mampu mempertahankan diri  dari pilek, flu, dan banyak virus lainnya.

2. Peningkatan Mood dan Kesehatan Emosional

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda merasa lebih bahagia setelah berjalan-jalan atau aktif berolahraga? Itu karena olahraga adalah penambah suasana hati yang alami. Aktivitas fisik secara teratur telah terbukti dari waktu ke waktu dapat mengurangi kemarahan, kecemasan, dan depresi. 

Jika aktivitasnya di luar ruangan — berlari, bersepeda, hiking, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar area outdoor fitness — aktivitas tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk meningkatkan mood atau suasana hati. Karena sinar matahari dan udara segar juga terbukti meningkatkan kesehatan mental. 

3. Peningkatan Stamina

Kesehatan fisik yang baik dapat memberikan energi untuk menjalani kegiatan dengan baik. Cara meningkatkan kebugaran jasmani di sekolah untuk anak Anda adalah dengan mengajaknya berolahraga sambil bermain, ini juga akan membantu meningkatkan stamina diri di kecil saat di sekolah. 

4. Umur Panjang

Jasmani yang sehat sejak kecil akan membantu anak membangun daya tubuh yang kuat, dan sehat. Ini akan berdampak pada kesehatan di masa depan nanti. Rata-rata, orang yang menjaga kebugaran fisiknya bisa hidup lebih lama daripada orang yang tidak. 

Manfaat Aktivitas Fisik di Sekolah
Sumber: freepik.com

Manfaat Aktivitas Fisik di Sekolah

Meskipun sebagian besar orang tua memahami pentingnya aktivitas fisik untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, terkadang sulit untuk menjelaskan mengapa penting untuk memasukkan pendidikan jasmani di sekolah. 

Rasanya pendidikan jasmani di sekolah tidak begitu penting dibanding pelajaran matematika, sains, membaca, dan sejarah. Namun, sangat penting bahwa sekolah memberikan kesempatan untuk aktivitas fisik karena bermanfaat bagi siswa secara fisik, mental, dan akademis. Berikut manfaat meningkatkan kebugaran jasmani:  

1. Kehadiran

Kehadiran di sekolah sangat penting bagi siswa untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Jika siswa sering kali bolos atau tidak hadir disekolah karena kondisi fisik yang lemah, sering sakit dan masalah lainnya.

Dari situ anak bisa tertinggal pelajaran. Maka dari itu, berolahraga sangatlah penting untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan anak bisa hadir di sekolah belajar bersama teman-temannya. 

di jalur dan menerima pendidikan terbaik yang mereka bisa. Siswa yang secara teratur bolos sekolah karena sakit atau kesehatan mental yang buruk dapat tertinggal dan berjuang untuk mengejar ketertinggalan begitu mereka kembali. Karena aktivitas fisik dapat mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan mental, aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan siswa secara keseluruhan dan mengurangi kemungkinan mereka bolos sekolah.

2. Memori dan Pemahaman 

Siswa yang melakukan kegiatan secara fisik memiliki keterampilan kognitif yang lebih baik. Karena siswa aktif jauh lebih mudah memahami konsep yang disajikan dan lebih mampu mengingat informasi penting. Ini karena mereka kebugaran jasmani di sekolah tetap terjaga dengan berolahraga. 

3. Perilaku

Anak-anak yang memiliki kebugaran jasmani baik, kemungkinan besar berpengaruh terhadap perilaku anak di kelas. Anak-anak yang rutin berolahraga atau sekedar berkativitas di outdoor fitness memiliki suasana hati yang lebih santai dan segar dipandang.

Kebugaran jasmani juga mampu membantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya, termasuk kemampuan mereka untuk berpikir jernih dan menunjukkan pengendalian diri. Bahkan untuk siswa yang tidak memiliki ADHD, memasukkan aktivitas fisik ke dalam hari sekolah mereka dapat membantu mereka fokus pada pelajaran di kelas.

4. Prestasi Akademik

Ketika siswa menghadiri sekolah secara teratur, berperilaku baik dan selalu siap untuk belajar, ini secara alami mengarah pada nilai yang lebih baik. Siswa yang terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur sebagai bagian dari hari sekolah disiapkan untuk keberhasilan akademik. Jadi janganlah fokus hanya pada lingkungan akademik saja, imbangi juga dengan aktivitas fisik karena ini memberikan kontribusi pada pembelajaran di sekolah. 

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani di Sekolah
Sumber: freepik.com

Cara Meningkatkan Kebugaran Jasmani di Sekolah

Tidak dapat disangkal bahwa kegiatan kebugaran jasmani adalah bagian penting dari kehidupan. Sayangnya, sebagian besar siswa tidak menyukai kelas pendidikan jasmani. Bagaimana sekolah dapat mengembangkan kegiatan kebugaran jasmani bermanfaat bagi siswanya? Buat rencana promosi aktivitas fisik yang komprehensif di sekolah dengan tips berikut, cara meningkatkan kebugaran jasmani di sekolah:  

1. Buat Olahraga Rutin

Anak-anak suka sekali bermain, dan kegiatan seru! Jadi, untuk membuat mereka bergerak  Salah satu cara meningkatkan kebugaram jasmani di sekolah adalah dengan mengadakan olahraga rutin di sekolah dengan gaya yang santai sambil diselingi bermain. 

Misalnya, setiap hari jumat pagi dilakukan kegiatan JUMSIHAT (jumat bersih dan sehat), dimana anak-anak diajak untuk olahraga senam pagi, atau sekedar olahraga di area fitnes luar ruangan dilanjut kegiatan bersih-bersih kelas.

2. Mengadakan Kelas Pendidikan Jasmani

Sekolah adalah tempat menimba ilmu, dan tempat bersosialisasi anak. Sekolah mempunyai tugas untuk membantu anak mengembagkan kepribadian siswa secara keseluruhan, baik secara pengetahuan, sikap, emosional hingga kesehatan fisik.

Untuk mewujudkan misi ini, sekolah bisa adakan kelas pendidikan jasmani secara rutin untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak-anak, misalnya dengan senam, jalan pagi, atau berolahraga di area fitnes luar ruangan di sekolah. 

3. Bangun Playground dan Outdoor Fitness

Tempat anak-anak menghabiskan waktu untuk belajar, bermain dan berinteraksi secara sosial di usianya adalah sekolah. Di dalam sekolah, setiap pelajaran memiliki arti dan manfaat untuk anak di masa depan. 

Namun, tak cukup sampai dipengetahuan, manajemen juga harus melengkapi fasilitas fasilitas pendukung kegiatan anak, seperti membangun playground dan area outdoor fitness, ini merupakan cara meningkatkan kebugaran jasmani anak di sekolah. 

Happy Play Menyediakan Berbagai Macam Kebutuhan Playground dan Outdoor Fitness

Ada banyak cara untuk mengintegrasikan kegiatan kebugaran jasmani dalam keseharian anak di sekolah. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik anak, kesehatan mental anak dan prestasi anak secara akademik juga penting, tidak boleh diabaikan.

Di Happy Play Indonesia kami berkomitmen untuk membantu sekolah meningkatkan kesehatan dan kesuksesan siswa dengan menawarkan berbagai peralatan bermain dan area fitnes luar ruangan untuk segala usia, tingkat keterampilan, dan tingkat kebugaran. 

Kami percaya bahwa kebugaran fisik tidak boleh terbatas pada kelas olahraga atau pada jam istirahat. Kami siap mendukung Anda dalam mengembangkan gaya hidup sehat untuk siswa di sekolah. 

Ayo! Wujudkan playground impian dan outdoor fitness menyehatkan untuk sekolah Anda dan segara hubungi tim Happy Play Indonesia untuk mendapatkan penawaran terbaik. Baca artikel informatif lainnya hanya di Happy Play Indonesia. 

Baca juga:

Manfaat Outdoor Fitness untuk Kesehatan

Manfaat Playground untuk Anak

Bagikan Artikel Ini: