logo happy play indonesia

Tips Merancang Area Fitnes Luar Ruangan – Happy Play

Tips Merancang Area Fitnes Luar Ruangan - Happy Play

Ikuti panduan tips merancang area fitnes luar ruangan ini untuk mendukung kesehatan Anda. Karena berolahraga di luar ruangan akan membantu Anda menyerap vitamin D dari sinar matahari pagi, ini akan membantu dalam membentuk dan menguatkan struktur tulang Anda, serta mengurangi risiko penyakit  sklerosis, penyakit jantung, osteoporosis dan penyakit lainnya. Ingin tubuh Anda sehat? Ikuti tips merancang area fitness luar ruangan di bawah ini. 

Bagaimana Merancang Kursus Kebugaran Luar Ruang

Bagaimana cara merancang Outdoor fitness? Mulailah dari hal kecil yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu. Langkah pertama harus selalu melibatkan perencanaan, penganggaran, perencanaan, dan pengambilan keputusan sebelum membelanjakan apa pun itu. 

Bagaimana Merancang Kursus Kebugaran Luar Ruang

Tips Merancang Area Fitness Luar Ruangan

Perencanaan yang baik mencegah masalah besar selama pemasangan perangkat. Ketika kami mendapatkan umpan balik dari komunitas tentang peralatan kebugaran apa yang mereka gunakan dalam rutinitas latihan mereka, Anda memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk melihat stasiun latihan beraksi lama setelah dipasang. Pelajari cara merencanakan outdoor fitness dengan langkah-langkah berikut:  

1. Identifikasi Lokasi yang Akan Dibangun Outdoor Fitness

Tips yang pertama sebelum merancang area fitness luar ruangan adalah dengan melakukan identifikasi lokasi yang akan dibangun outdoor fitness. Ukur luas wilayah yang tersedia untuk menentukan apakah Anda dapat membangun satu gym luar ruangan atau tidak.

Ada tiga aspek dalam mengukur lokasi, yaitu siapkan luas ruang untuk setiap perangkat, ruang untuk orang yang menggunakannya, dan ruang untuk bergerak dengan aman di sekitar stasiun yang sedang digunakan.

Jika Anda ingin menempatkan outdoor fitnes di lokasi sentral untuk semua peralatan olahraga luar ruangan, pertimbangkanlah lokasi di dekat taman bermain. Di lokasi, orang tua dapat menggunakan peralatan olahraga setelah mengawasi anak-anak mereka di taman bermain. Pilihan ini menempatkan peluang hiburan untuk seluruh keluarga di lokasi sentral yang mudah diakses oleh semua orang. 

Semua situs yang digunakan harus memiliki beberapa atribut yang berkontribusi pada kegunaannya:

Drainase yang baik: 

Kemiringan situs yang tepat memungkinkan air mengalir menjauh dari area latihan dan mencegah titik banjir.

Permukaan yang nyaman:

Permukaan akan membantu meredam dampak olahraga dan membuat pengguna lebih nyaman.

Permukaan datar: 

Permukaan datar membuat pemasangan peralatan menjadi sederhana dan akses lebih mudah.

Akses ke jalur terdekat: 

Orang harus dengan mudah mencapai peralatan kebugaran luar ruangan melalui jalan setapak atau trotoar.

Visibilitas: 

Jadikan ruang olahraga luar ruangan mudah dilihat dari jalan, trotoar, atau area publik lainnya untuk menarik pengguna dan meningkatkan keselamatan.

Saat menggunakan beberapa lokasi di sepanjang jalur, semua lokasi harus memenuhi persyaratan di atas untuk memastikan calon pengguna dapat menemukan stasiun, menggunakan peralatan, dan kembali ke jalur latihan. Saat menempatkan semua peralatan di lokasi terpusat, situs membutuhkan lebih banyak ruang untuk peralatan tambahan. Itu juga harus memenuhi atribut situs yang lebih kecil untuk memastikannya mudah dijangkau.

2. Tentukan Peralatan Outdoor Fitness

Tips merancang area fitnes luar ruangan selanjutnya yaitu menentukan peralatan outdoor fitness. Pilih produk yang kokoh, terbuat dari besi galvanis agar kuat terhadap cuaca dan tidak mudah berkarat. 

Merancang area fitness luar ruangan perlu disesuaikan dengan usia anak, karena jika Anda ingin membuat area olahraga untuk semua usia buat alat olahraga itu bisa digunakan, dan dipahami oleh siapa saja, caranya dengan menyediakan aturan atau petunjuk pemakaian. 

3. Hitung Anggaran Kebutuhan

Membuat anggaran kebutuhan untuk membangun area fitnes luar ruangan dapat menjadi bagian pusat rekreasi atau pusat olahraga yang lebih besar. Jika Anda membuat outdoor fitness ajak kerjasama mereka yang berkompeten, dan profesional, karena ini akan mempengaruhi perhitungan anggaran kebutuhan Anda membuat area olahraga. 

4. Persiapkan Lokasi

Merancang area fitnes luar ruangan diperlukan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh orang lain, khususnya target utama Anda. Pilihlah lokasi yang cukup luas dengan mempertimbangkan lebar dan tinggi peralatan outdoor fitness, perhatikan penempatan pipa, kabel luar maupun kabel bawah tanah jika diperlukan. 

5. Pasang Peralatan Outdoor Fitness

Instalasi profesional peralatan kebugaran luar ruangan memastikan peralatan telah dipasang tegak dan kokoh di tempatnya. Saat dilakukan pemasangan peralatan outdoor fitnes, diskusikan penempatan peralatan dengan petugas pemasangan, terutama jika Anda punya beberapa titik pemasangan agar tidak keliru. 

Misalnya Anda mengelompokkan peralatan berdasarkan fungsi untuk membentuk otot tangan, lalu dilanjut peralatan outdoor fitness berdasarkan jenis berat beban pada tubuh. Juga, mintalah kepada ahli untuk memasang fasilitas seperti bangku, tempat sampah tetap, dan air mancur, sesuai kebutuhan di setiap area kebugaran luar ruangan. Tips merancang area fitnes luar ruangan tadi bisa menambah kenyamanan pengunjung atau pengguna outdoor fitness. 

6. Pasang Permukaan pada Area

Setelah melewati tahap di atas, langkah selanjutnya Anda perlu memasang permukaan atau lantai outdoor fitness dengan lantai karet seperti rubber flooring. Bahan rubber flooring sangat berguna untuk outdoor fitness Anda karena menyerap keringat dan ini akan melindungi Anda dari keringat yang licin di lantai, terlebih kita tahu bahwa area olahraga memiliki tingkat pergerakan yang aktif.  Jadi, gunakanlah rubber flooring untuk area outdoor fitness Anda. 

7. Promosikan Area Outdoor Fitness

Promosi merupakan salah satu kegiatan yang digunakan untuk membantu para pelaku usaha, atau perorangan dalam menyebarkan informasi mengenai produk atau jasa yang dimiliki agar orang lain sadar dan tahu, bahkan bertindak untuk membeli atau mengunjungi suatu tempat. 

Sama halnya dengan area outdoor fitness yang perlu dipromosikan agar semakin banyak pengguna area fitnes luar ruangan, khususnya warga sekitar area outdoor fitness. Tips ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial atau media iklan lainnya. 

8. Lakukan Perawatan pada Area Outdoor Fitness

Penting bagi Anda untuk mengetahui mengenai pelaksanaan perawatan pada area outdoor fitness. Perawatan ini akan mendukung proses olahraga pengunjung, mereka akan lebih bersemangat karena alat yang digunakan dalam kondisi bersih dan terawat. 

Area outdoor fitness yang tidak terawat sangat bahaya bagi pengguna maupun pemilik outdoor fitness, karena alat yang kotor sangat disukai oleh bakteri dan jamur, ini juga akan berpengaruh terhadap tingkat ketangguhan peralatan olahraga. 

Maka dari itu perhatikan setiap kebersihan dan perawatan outdoor fitness Anda agar selalu prima, Anda bisa memesan jasa maintenance outdoor fitness atau peralatan taman bermain Anda di Happy Play Indonesia

Happy Play Indonesia, sebagai perusahaan taman bermain telah menyediakan beragam produk dan jasa terbaik untuk setiap kebutuhan Anda. Mulai jasa konsultasi bisnis playground, desain taman bermain, pemasangan, hingga perawatan kami siap membantu Anda. Hubungi Happy Play Indonesia dan baca terus artikel informatif lainnya. 

Baca juga:

Manfaat Outdoor Fitness

Mengenal Outdoor Gym dan Jenis Alatnya – Happy Play

5 Kelebihan Berolahraga di Outdoor Gym

Bagikan Artikel Ini: