logo happy play indonesia

Cara Merancang Taman Bermain Balita dan PAUD yang Sempurna

cara merancang taman bermain balita

Memahami Keterampilan Motorik Anak

Memahami desain playground anak dimulai dari memahami tujuan taman bermain untuk anak pada kelompok usia dini dan memahami cara merancang taman bermain balita. Anak-anak segala usia bisa memperoleh manfaat dari aktivitas fisik dan mendorong peralatan bermain baik pembelajaran sosial dan emosional. 

Untuk balita dan anak pra sekolah, salah satu manfaat utama dari taman bermain adalah membantu perkembangan tubuh, keterampilan motorik kasar dan sensoriknya.

Selama masa kanak-kanak, banyak kegiatan yang dilakukan anak-anak yang mungkin kita sebut “bermain” sebenarnya membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik yang penting. Keterampilan motorik halus melibatkan penggunaan kelompok otot yang lebih kecil secara terkontrol di pergelangan tangan, tangan, dan jari. Kegiatan seperti mewarnai atau bermain dengan balok, misalnya, dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus mereka.

Keterampilan motorik kasar melibatkan kelompok otot yang lebih besar untuk menggerakan tubuh. Perkembangan motorik kasar membuat bayi untuk mulai berguling ataupun merangkak. Keterampilan motorik kasar anak-anak berkembang melalui usia pra sekolah meliputi keterampilan fisik seperti:

  • Berjalan
  • Mendaki
  • Menyeimbangkan
  • Flaksibilitas
  • Melompat

Beberapa keterampilan motorik kasar, seperti berjalan, banyak anak secara alami dapat berlatih melalui kehidupan sehari-hari. Bermain aktif keluar ruangan atau ke playground dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan ini lebih lanjut dan dapat membantu mereka melatih keterampilan yang mungkin tidak sering mereka gunakan di rumah.

Berbagai jenis permainan playground bisa mengembangkan keterampilan motorik kasar tertentu, membantu anak-anak menjadi lebih mahir dalam menggerakkan dan mengendalikan tubuh mereka. Misalnya, peralatan bermain anak usia dini yang dilengkapi tangga atau tangga dapat membantu anak mengembangkan kemampuan memanjatnya. Sebuah jembatan denting dapat membantu anak-anak melatih kemampuan keseimbangan mereka. Seiring bertambahnya usia anak-anak, peralatan bermain yang sesuai dengan usia mereka harus memberikan tantangan baru untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan motorik mereka.

Ketika anak-anak bermain di taman bermain, mereka tidak akan berhenti memikirkan apakah mereka sedang mempelajari keterampilan kritis. Sebaliknya, mereka hanya akan bersenang-senang. Tetapi sementara itu, mereka akan bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka dan membangun keterampilan motorik yang akan mempersiapkan mereka untuk menjadi lebih mandiri.

Buat Tata Cara Bermain 

Cara merancang taman bermain balita dan PAUD yang benar dan aman salah satunya adalah dengan membuat tata cara bermain playground. Biasanya perusahaan pembuat playground yang baik sudah menyiapkan tata cara bermainnya sendiri. Untuk itu Anda perlu pastikan hal ini agar semuanya bisa berjalan sesuai, tidak membahayakan anak-anak.

Peraturan permainan yang jelas bisa membuat anak-anak bermain dengan nyaman begitu juga Anda sebagai orang tua akan tenang jika semuanya sudah sesuai dengan aturan yang ada.

Bangun Playground dengan Variasi Permainan

Untuk membuat taman bermain idea, pertimbangkan berbagai jenis permainan dan area bermain yang ingin Anda gabungkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa taman bermain lebih mungkin untuk menarik anak-anak dan mendorong bermain aktif jika mereka menampilkan berbagai fasilitas bermain. Permainan seperti ayunan, perosotan, mandi bola, jembatan gantung, jungkat-jungkit, monkey bars dan lainnya bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilihlah permainan-permainan yang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan Anak.

Baca juga: 8 permainan playground yang mampu melatih motorik dan sensorik

Tips Sukses Membuat Desain Playground

Selain aspek utama desain taman bermain yang telah kita bahas sejauh ini, ada beberapa prinsip menyeluruh yang dapat membantu Anda selama proses tersebut. Pertimbangkan tips berikut untuk membantu Anda merancang taman bermain anak usia dini yang sempurna:

1. Dapatkan saran profesional tentang desain taman bermain 

Jika Anda merasa tidak yakin tentang cara mendesain playground, konsultasikan dengan para ahli untuk membantu. Desainer taman bermain memahami manfaat taman bermain untuk anak kecil dan bagaimana memanfaatkan manfaat ini melalui peralatan dan pengaturan yang tepat. Diskusikan tujuan proyek Anda dengan profesional dan bekerja sama untuk membuat desain ideal Anda.

2. Prioritaskan kesehatan dan keselamatan

Kesehatan dan keselamatan selalu menjadi prioritas utama untuk setiap fasilitas bermain untuk anak-anak. Balita dan anak-anak prasekolah masih belajar bagaimana menilai perilaku yang aman dan tidak aman, jadi — meskipun penting bagi kita untuk membuat anak-anak mengetahui aturan keselamatan taman bermain — juga penting bahwa taman bermain itu sendiri memfasilitasi permainan yang aman.

3. Pertimbangkan estetika dan tema

Playground bisa menjadi lebih menarik jika secara visual menarik bagi anak-anak dan orang dewasa. Selain menggabungkan bentuk yang menyenangkan dan warna-warna cerah, Anda juga dapat menemukan taman bermain bertema. Peralatan bermain bertema dapat mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan dapat membedakan taman bermain Anda dari area bermain lain yang lebih umum.

4. Evaluasi anggaran Anda

Salah satu perhatian yang harus anda pikirkan adalah anggaran dana. Selain biaya playground, Anda mungkin juga perlu memperhitungkan biaya untuk persiapan lokasi, izin, fitur lansekap, permukaan, dan pemasangan. Jika perlu, Anda dapat mengakomodasi anggaran yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitas dan keamanan. Anda dapat memilih untuk membuat taman bermain yang lebih kecil atau memilih bahan permukaan yang lebih terjangkau, misalnya. Anda juga dapat mempertimbangkan metode untuk mendanai taman bermain Anda untuk memperluas anggaran Anda.

5. Berinvestasi dalam playground berkualitas

Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam playground berkualitas dari produsen terkemuka seperti Happy Play Indonesia. Tidak ada yang ingin menginvestasikan banyak waktu dan uang ke dalam sebuah proyek hanya untuk menciptakan taman bermain yang tidak menarik yang mengecewakan anak-anak dan mulai berkarat atau mengelupas dengan cepat. 

Bersama Happy Play Indonesia anda akan mendapatkan playground berkualitas dengan standar internasional.

Itulah beberapa tips cara merancang taman bermain balita untuk Anda. Jika ingin merancang taman bermain dengan mudah bisa percayakan kami Happy Play Indonesia untuk merancang playground untuk Anda.

Baca juga: Manfaat bermain playground untuk anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top