logo happy play indonesia

Waspada, Inilah Dampak Penyakit Saat Anak Bermain Kotor

dampak penyakit saat anak bermain kotor

Rumah yang bersih sudah tentu membuat penghuninya merasa nyaman. Kesehatan juga bisa terjaga ketika kondisi rumah sehat. Menjaga kebersihan rumah sangat penting untuk kesehatan anak yang masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa timbul akibat kuman dan virus.

Bermain kotor memang baik bagi anak namun ada kala nya kita harus memperhatikan untuk menjaga kesehatan anak. Karena bisa saja terjadi dampak penyakit yang timbul akibat anak sembarangan bermain kotor. Berikut dampak penyakit saat anak bermain kotor.

1. Iritasi Kulit

Dampak buruk bermain kotor yang pertama adalah terjadinya iritasi kulit. Bermain kotor bisa mengakibatkan munculnya penyakit eksim dan gatal-gatal. Apabila bermain di dalam rumah hal ini bisa saja disebabkan oleh debu yang menempel pada berbagai benda seperti perabotan, kasur, dan sofa.

Bahkan kebersihan kasur saat tidur perlu juga untuk diperhatikan untuk meminimalisir dampak iritasi kulit yang bisa saja disebabkan oleh tungau atau kutu kasur. Untuk menghindari hal tersebut bisa dengan membersihkan lingkungan dan mengganti sprei dengan rutin.

2. Diare

Dampak penyakit saat anak bermain kotor selanjutnya adalah diare. Banyak bakteri yang bisa menyebabkan diare pada anak-anak seperti eschericia coli (e-coli). E-coli adalah bakteri yang hidup di usus besar manusia yang akan ikut keluar bersamaan dengan tinja. 

Saat terpapar bakteri satu ini dalam jumlah yang banyak dan jika kondisi tubuh sedang tidak baik maka bisa saja terjadi infeksi saluran cerna yang bisa menyebabkan diare dan nyeri perut.

3. Demam Tifoid

Penyakit yang bisa muncul ketika bermain kotor selanjutnya dalah demam tifoid. Penyakit bisa timbul dari lingkungan kotor serta sanitasi yang buruk. Demam typhoid adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada lingkungan yang kotor.

Gejala demam tifoid yang biasa muncul adalah hilangnya nafsu makan, sakit kepala, sakit perut dan lainnya. Penyakit ini cukup berbahaya, apabila anak mengalami gejala tersebut baiknya segeralah kunjungi dokter.

4. Tetanus

Dampak penyakit saat anak bermain kotor selanjutnya adalah tetanus. Tetanus disebabkan oleh racun yang berasal dari kuman Clostridium tetani. Kuman ini biasanya ditemukan pada kotoran manusia dan hewan.

Penyakit bisa muncul disebabkan oleh lingkungan kotor dan kuman masuk kedalam tubuh melalui luka khususnya. Apalagi untuk anak-anak akan sangat rentan sekali terkena penyakit tetanus. 

5. Demam Berdarah

Demam berdarah juga penyakit yang perlu diperhatikan sebagai penyakit yang bisa berdampak penyakit saat anak bermain kotor. Penyakit satu ini sangat berbahaya, terbukti dengan sudah merenggut ribuan nyawa di seluruh dunia. Bahkan hingga saat ini belum ditemukan obat ampuh yang bisa mengobati dengan cepat penyakit demam berdarah.

Itulah beberapa dampak penyakit saat anak bermain kotor. Bagi kita orang tua patut membiarkan anak untuk bermain kotor tetapi perlu juga menjaganya dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Jaga kebersihan lingkungan adalah jalan keluar terbaik serta ajak anak untuk mandi atau cuci tangan setiap beraktifitas untuk menghindari segala hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: 

Mengajarkan Anak Cuci Tangan

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top